Menu

Mode Gelap

Uncategorized · 17 Apr 2024 07:33 WIB ·

Ingat Mati, Inilah Gambaran Siksa Kubur


 Ilustrasi Perbesar

Ilustrasi

Prodesanews.com- Hidup kita saat ini merupakan tahapan kehidupan yang sedang dilalui, sebelum kita lahir kedunia manusia sebelumnya berada di alam rahim, saat ini di dunia dan kelak ketika mati manusia akan pindah dialam Barzakh.

Dialam barzakh manusia akan dihadapkan dengan dua keadaan, bahgia atau sengsara, bagi manusia yang masuk alam barzakh dengan tidak membawa amal baik berupa iman dan amal soleh maka akan mengalami kondisi sengsara. manusia itu akan disiksa oleh Allah SWT.

Apa saja siksaan di alam kubur ? Pertanyaan ini menjadi semangat untuk mengetahui bagaimana keadaan di alam kubur terutama bagi orang yang beriman, begitu juga sebaliknya. Pasalnya, selama di alam kubur inilah manusia akan paham bahwa apa yang selama ini diceritakan dalam Al Qur’an dan hadis nabi tentang gambaran alam kubur adalah suatu kenyataan.

Seperti bagaimana itu nikmat kubur, azab atau siksa kubur dan lain-lain. Tentunya setiap orang menginginkan kemudahan dalam melewati fase-fase tersebut dan terhindar dari siksa kubur . Untuk itu, mengenal lebih jauh tentang jenis siksa kubur atau azab kubur perlu kita ketahui. Agar pemahaman ini dapat menjadi gambaran bagaimana keadaan kita kelak saat berada di alam kubur.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 5 jenis siksaan atau azab kubur, yaitu :

1. Diperlihatkan pemandangan neraka.

Seseorang yang sudah melewati sakaratul maut, saat ia masuk ke liang kubur, neraka itu pun masih diperlihatkan kepadanya. Bahkan lebih dari itu, pintu neraka dibuka kepadanya hingga ia akan merasakan panas tak terkira. Uap neraka saja panasnya tak terkira, bagaimana jika mengenai apinya. Naudzubillah.

Dari Ibnu Umar bahwasanya Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda : “Sesungguhnya apabila salah seorang di antara kalian mati maka akan di tampakkan kepadanya calon tempat tinggalnya pada waktu pagi dan sore. Bila dia termasuk calon penghuni surga,maka di tampakkan kepadanya surga. Bila dia termasuk calon penghuni neraka maka ditampakkan kepadanya neraka,di katakan kepadanya ; “Ini calon tempat tinggalmu,hingga ALLAH membangkitkanmu pada hari kiamat.” (Muttafaqun ‘alaih)

Baca Juga:  Bawa Sabu, Sipir Rutan Sialang Bungkuk Tabrak Polisi Saat Diamankan

2. Dipukul dengan palu dari besi.

Dari Anas,dari Nabi Shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Adapun orang kafir atau munafik,maka kedua malaikat tersebut bertanya kepadanya ; “Apa jawabanmu tentang orang ini (Rasulullah) ?” Dia mengatakan;”Aku tidak tahu.Aku mengatakan apa yang dikatakan orang-orang” Maka kedua malaikat itu mengatakan : “Engkau tidak tahu ?! “Engkau tidak membaca ?! Kemudian ia dipukul dengan palu dari besi,tepat di wajahnya. Dia lalu menjerit dengan jeritan yang sangat keras yang didengar seluruh penduduk bumi,kecuali dua golongan: jin dan manusia.” (Muttafaqun ‘alaih)

3. Alas dari api neraka.

Tak hanya panas api neraka yang dirasakan dalam azab kubur. Bahkan alas tidur seorang yang dikenai azab terbuat dari api neraka. Masih bersambung dengan hadits sebelumnya, Allah berfirman kepada malaikat di alam kubur, “Gelarkanlah untuknya alas tidur dari api neraka.” (HR. Ahmad, An Nasa’i, Ibnu Majah dan Al Hakim).

4. Disempitkan kuburnya hingga remuk tulang belulangnya Kubur seorang yang durhaka pada Allah Ta’ala tidaklah sekadar menyempit hingga saling menempel tubuhnya. Bahkan saking sempitnya kubur itu, tulang belulangnya akan patah dan remuk. “Lalu disempitkan kuburnya sampai tulang-tulang rusuknya berimpitan.” (HR. Ahmad, An Nasa’i, Ibnu Majah dan Al Hakim).

5. Ditemani amalan buruk Rasulullah mengabarkan tentang kondisi seorang kafir di alam kubur, “Datanglah kepadanya seseorang yang jelek wajahnya, jelek pakaiannya, dan busuk baunya. Dia berkata, ‘Bergembiralah engkau dengan perkara yang akan menyiksamu. Inilah hari yang dahulu engkau dijanjikan dengannya (di dunia).’ Maka dia (orang yang mendapat azab kubur) bertanya: ‘Siapakah engkau? Wajahmu adalah wajah yang datang dengan kejelekan.’ Dia menjawab: ‘Aku adalah amalanmu yang jelek.’ Maka dia (orang yang mendapat azab kubur) berkata: ‘Wahai Rabbku, jangan engkau datangkan hari kiamat’ (Karena ia tahu kesudahannya adalah di neraka).” (HR. Ahmad, An Nasa’i, Ibnu Majah dan Al Hakim).

Baca Juga:  Tingkatkan Pelayanan Prima Bagi Pustakawan, Kadis Persip Pimpin Rapat Koordinasi

Itulah beberapa jenis azab atau siksa kubur secara umum. Masih banyak siksa lain yang diberikan secara khusus untuk pelaku dosa tertentu. Ini adalah siksaan khusus karena perbuatan maksiat yang dilakukan seseorang, di antaranya yakni dirobek mulutnya, dipecah kepalanya, disiksa di dalam tanur atau tungku api, dilempari batu, dicabik ular, dan lain sebagainya. Semoga Allah Ta’ala senantiasa membimbing kita, selalu dalam keadaan istiqomah untuk taat dan bertakwa kepada ALLAH dan memberikan ganjaran berupa surga dunia maupun surga akhirat kelak. Aamiin.

Sumber: sindo. Com

 

Artikel ini telah dibaca 18 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Menpan RB Akan Angkat Honorer jadi ASN Jika Data Terverifikasi dan Tervalidasi Di BKN,

24 April 2024 - 14:31 WIB

Di Usia 96 Tahun, Empu Jamu Indonesia juga Pendiri Mustika Ratu, Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia

24 April 2024 - 08:48 WIB

Pasca Lebaran, H Bustami HY Pimpin Apel Perdana Dilingkup Setda

16 April 2024 - 21:17 WIB

Ade Salvianto Laporkan Pengusaha Tambak Udang Diduga Serobot Tanah Orangtuanya

14 Maret 2024 - 18:27 WIB

Anggota PWI Digesa Wajib UKW Atau Gugur Dari Keanggotaan

1 Maret 2024 - 11:10 WIB

Titik Api Muncul Dihutan Belukar Desa Sepahat, BPBD Berhasil Padamkan Api

30 Januari 2024 - 14:52 WIB

Trending di Peristiwa