Menu

Mode Gelap

Terkini · 21 Sep 2022 16:06 WIB ·

Bupati Kasmarni Resmi Buka Event Tradisi Mandi Safar


 📷 Bupati Bengkalis Kasmarni didampingi Wakil Bupati Bengkalis H Bagus Santoso saat menggelar ritual mandi safar, Rabu (21/09/2022). Perbesar

📷 Bupati Bengkalis Kasmarni didampingi Wakil Bupati Bengkalis H Bagus Santoso saat menggelar ritual mandi safar, Rabu (21/09/2022).

PRODESANWEWS.COM | BENGKALIS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis setiap tahunnya rutin menggelar event ritual mandi Safar. Kegiatan ini merupakan tradisi warga di Pesisir Pantai Tanjung Punak dan Teluk Rhu, Kecamatan Rupat Utara. Inti dari tradisi ini adalah doa agar terhindar dari musibah atau tolak bala dan malapetaka.

Event yang diselenggarakan Pemkab Bengkalis melalui Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) ini dibuka secara resmi Bupati Bengkalis Kasmarni didampingi Wakil Bupati Bengkalis H Bagus Santoso bertempat di Pantai Tanjung Lapin, Desa Tanjung Punak, Kecamatan Rupat Utara pada Rabu, (21/09/2022) berlangsung semarak.

Kegiatan yang dinantikan ratusan masyarakat lokal bahkan wisatawan luar daerah ini dimeriahkan dengan penampilan ragam budaya mulai dari tarian Zapin Melayu dan tarian persembahan khas Rupat Utara serta sajian aneka ragam produk UMKM dan kerajinan tangan dari stand bazar masing-masing desa di Kecamatan Rupat Utara.

Bupati Bengkalis Kasmarni, dalam penyampaiannya mengatakan bahwa pelaksanaan budaya mandi safar ini hendaknya dapat menjadi bagian dari promosi usaha sekaligus sebagai cluster pariwisata unggulan daerah.

“Selain bertujuan melestarikan serta memberi edukasi kepada masyarakat akan makna budaya mandi safar, kami juga berharap, ianya menjadi bagian dari promosi usaha, mendukung peningkatan ekonomi masyarakat lokal, serta mengangkat potensi pariwisata yang ada di Kecamatan Rupat Utara ini agar lebih mendunia dan dapat bersaing dalam percaturan industri pariwisata global,” ucapnya.

Kasmarni juga mengatakan, guna mendukung industri kepariwisataan di Rupat Utara, dirinya berkomitmen untuk terus membenahi berbagai sarana dan prasarana di daerah yang berbatasan dengan Selat Malaka tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Edi Sakura menyampaikan, terkait sarana pendukung, pihaknya akan terus memoles pantai Lapin agar lebih baik, sehingga nantinya menjadi daya tarik pengunjung.

Baca Juga:  Klarifikasi Kades Pangkalan Batang Terkait Terbitnya Surat Kepemilikan Tanah Makan Tua

“Tahun ini akan dibangun taman bermain anak-anak, logo teks pantai Lapin dan sarana parkir,” pungkasnya.

Usai pembukaan, acara dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti sumur mandi safar oleh Bupati Bengkalis Kasmarni.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau Roni Rakhmat, Datuk Norizam Pemilik PSPS Riau dari Johor, Malaysia, Wakil Ketua DPRD Bengkalis Syahrial, Kapolres Bengkalis AKBP Indra Wijatmiko, Dandim 0303 Bengkalis Inf Endik Yunia, Camat Rupat Utara Afrizal, Ketua TP-PKK Bengkalis Hj. Siti Aisyah, serta seluruh pejabat dilingkup Kabupaten Bengkalis.(ril)

Artikel ini telah dibaca 329 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

BKN Sampaikan Rilis Terkait Pendataan Ulang Non ASN

19 April 2024 - 16:12 WIB

KPU Riau Rekrut Anggota PPK dan PPS Pilkada Serentak 2024, Ini Jadwalnya

19 April 2024 - 07:53 WIB

Jawaban Bupati Kasmarni Soal Maju di Pilkada Kabupaten Bengkalis 2024

18 April 2024 - 11:52 WIB

Tiga Kali Menjambret, Warga Desa Kelapa Pati Dibekuk Satreskrim Polres Bengkalis

17 April 2024 - 16:08 WIB

Percepat Pembangunan Jembatan Bengkalis – Bukit Batu, PUPR Siapkan Rencana Pembebasan Lahan

17 April 2024 - 15:16 WIB

Disnakertrans Riau Turunkan Tim Pengawas Ke Perusahaan Yang Tunda Pembayaran THR Karyawan

17 April 2024 - 07:25 WIB

Trending di Sorot