Menu

Mode Gelap

Terkini · 19 Nov 2022 17:53 WIB ·

Abrasi Mengikis Kebun Kelapa Warga Desa Muntai, BPBD Lakukan Pemantauan Dilokasi


 Abrasi Mengikis Kebun Kelapa Warga Desa Muntai, BPBD Lakukan Pemantauan Dilokasi Perbesar

PRODESANEWS.COM.BANTAN – Ganasnya ombak laut Selat Malaka mengakibatkan abrasi garis pantai pulau Bengkalis terutama di wilayah desa Muntai kecamatan Bantan. Berdasarkan Temuan masyarakat telah terjadi abrasi tanah pantai di Desa Muntai, tanah tersebut berisikan kebun kelapa masyarakat.

Kepala pelaksana (Kalaksa) Badan Pengendalian Bencana Daerah kabupaten Bengkalis, Hadi Prasetyo, ST membenarkan telah terjadi abrasi pantai atau tanah warga yang merupakan perkebunan kelapa di desa Muntai.

” Kami mendapat laporan dari warga dimana abrasi pantai ini terjadi secara terus menerus disebabkan dorongan gelombang pasang dan curah hujan sehingga terjadi pengikisan, diperkirakan abrasi tanah pantai di desa Muntai terjadi hingga 5-6 Ha / Tahun,” ujar Hadi Prasetyo, Sabtu.(19/11).

Warga desa Muntai pada hari rabu.(16/11) lalu pergi ke kebun kelapa dan melihat sebagian tanah dan tanaman kelapa sudah tergerus ombak air laut.

Dengan ini BPBD melalui TRC BPBD kabupaten Bengkalis melakukan pemantauan ke lokasi kejadian abrasi pantai yang terjadi, guna mengambil tindakan yang bisa dilakukan dan berkoordinasi dengan pihak desa Muntai.

Diharapkan mengurangi tingkat abrasi di wilayah desa Muntai kecamatan Bantan di perlukan langkah langkah kongkrit jangka pendek dan jangka panjang dan peran aktif masyarakat juga pemerintah desa dapat berupaya mengurangi dampak abrasi pantai semakin ganas dan pemerintah daerah dan stakeholder baik pusat dan daerah mempercepat pembangunan pemecah ombak sepanjang garis pantai desa Muntai.

Baca Juga:  Disdagperin Bengkalis Taja Pelatihan AMT Angkatan I
Artikel ini telah dibaca 11 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

BPBD Bengkalis Lakukan Identifikasi Penyebab Banjir Di Kecamatan Bantan Penyebabnya Sungai Ciputih Mengalami Pendangkalan

4 Desember 2022 - 06:01 WIB

Hari Ini, Pembalap Tour de Siak 2022 Mulai Bertanding

2 Desember 2022 - 13:01 WIB

Pemuda Asal Mandau diringkus Satres Narkoba Polres Bengkalis

2 Desember 2022 - 08:05 WIB

Banjir Di Desa Bagan Malibur, Tim Rescue Turun Ke Lokasi

1 Desember 2022 - 18:07 WIB

Sat Res Narkoba Polres Bengkalis Kembali Bekuk Pengedar Sabu di Pinggir

1 Desember 2022 - 16:48 WIB

Satresnarkoba Polres Bengkalis Bekuk Dua Tersangka Pengedar Sabu dan Ganja di Mandau

1 Desember 2022 - 14:41 WIB

Trending di Hukrim