Menu

Mode Gelap

Terkini · 19 Nov 2022 17:53 WIB ·

Abrasi Mengikis Kebun Kelapa Warga Desa Muntai, BPBD Lakukan Pemantauan Dilokasi


 Abrasi Mengikis Kebun Kelapa Warga Desa Muntai, BPBD Lakukan Pemantauan Dilokasi Perbesar

PRODESANEWS.COM.BANTAN – Ganasnya ombak laut Selat Malaka mengakibatkan abrasi garis pantai pulau Bengkalis terutama di wilayah desa Muntai kecamatan Bantan. Berdasarkan Temuan masyarakat telah terjadi abrasi tanah pantai di Desa Muntai, tanah tersebut berisikan kebun kelapa masyarakat.

Kepala pelaksana (Kalaksa) Badan Pengendalian Bencana Daerah kabupaten Bengkalis, Hadi Prasetyo, ST membenarkan telah terjadi abrasi pantai atau tanah warga yang merupakan perkebunan kelapa di desa Muntai.

” Kami mendapat laporan dari warga dimana abrasi pantai ini terjadi secara terus menerus disebabkan dorongan gelombang pasang dan curah hujan sehingga terjadi pengikisan, diperkirakan abrasi tanah pantai di desa Muntai terjadi hingga 5-6 Ha / Tahun,” ujar Hadi Prasetyo, Sabtu.(19/11).

Warga desa Muntai pada hari rabu.(16/11) lalu pergi ke kebun kelapa dan melihat sebagian tanah dan tanaman kelapa sudah tergerus ombak air laut.

Dengan ini BPBD melalui TRC BPBD kabupaten Bengkalis melakukan pemantauan ke lokasi kejadian abrasi pantai yang terjadi, guna mengambil tindakan yang bisa dilakukan dan berkoordinasi dengan pihak desa Muntai.

Diharapkan mengurangi tingkat abrasi di wilayah desa Muntai kecamatan Bantan di perlukan langkah langkah kongkrit jangka pendek dan jangka panjang dan peran aktif masyarakat juga pemerintah desa dapat berupaya mengurangi dampak abrasi pantai semakin ganas dan pemerintah daerah dan stakeholder baik pusat dan daerah mempercepat pembangunan pemecah ombak sepanjang garis pantai desa Muntai.

Baca Juga:  Lulus Seleksi, Pemuda Asal Bengkalis dan Kampar Ini Melaju di Ajang PPAP 2022
Artikel ini telah dibaca 12 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Serentak, DPD dan DPC PDIP Se-Riau Buka Penjaringan Bacalon Kepala Daerah, Kaderismanto: Bengkalis dan Pelalawan Usung Kader Terbaik

24 April 2024 - 17:42 WIB

Breaking news, KPU Resmi Tetapkan Prabowo-Gibran Pemenang Pilpres

24 April 2024 - 13:11 WIB

DPC PDI-P Buka Penjaringan Khusus Wakil Bupati Untuk Dampingi Kasmarni

24 April 2024 - 08:28 WIB

DPC PDI-P Kabupaten Bengkalis Buka Penjaringan Bakal Cabup dan Cawabup 2024

23 April 2024 - 22:53 WIB

Gerebek Bekas Gudang Semen, Tim Gabungan BPOM Pekanbaru Temukan Ribuan Kardus Kosmetik dan Obat Ilegal

23 April 2024 - 21:02 WIB

Regu Putra Kafilah Bengkalis Cabang Fahmil Qur’an Melaju ke Babak Final MTQ Riau

23 April 2024 - 09:25 WIB

Trending di Sorot