Menu

Mode Gelap

Sorot · 12 Agu 2023 08:02 WIB ·

Pemprov Riau Kembali Alokasikan BKK Kecamatan Sebesar Rp17,2 Miliar


 📷 Ilustrasi. Perbesar

📷 Ilustrasi.

PRODESANEWS.COM | PEKANBARU – Tahun 2023 ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau kembali mengalokasikan anggaran Bantuan Keuangan Khusus (BKK) sebesar Rp17,2 miliar untuk 172 kecamatan. Masing-masing kecamatan nantinya akan mendapatkan bantuan tersebut sebesar Rp.100 Juta.

Hal ini diungkapkan Pelaksana Harian (Plh) Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sekdaprov Riau, Elly Wardhani melalui Koordinator Pemerintahan, Ade Yunisnawaty. Ia mengatakan bahwa tahun ini bantuan keuangan kecamatan tetap dialokasikan.

“Tahun ini BKK kecamatan tetap dialokasikan Rp100 juta per kecamatan. Bantuan ini telah bergulir sejak tahun 2019 lalu,” kata Ade Yunisnawaty, Jum’at (11/9/2023).

Ade menambahkan, progres penyaluran BKK kecamatan berdasarkan usulan dari kabupaten/kota. Dimana saat ini daerah yang sudah mengusulkan pencairan bantuan tersebut baru dua Kabupaten, yakni Kampar dan Rokan Hulu (Rohul).

“BKK kecamatan di Kampar dan Rohul masih dalam proses verifikasi, setelah selesai baru kita usulkan pencairan ke Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKAD) Riau,” jelasnya.

Pun demikian, Ade mengatakan pihaknya sudah menyurati kabupaten/kota lainnya untuk segera mengusulkan pencairan bantuan keuangan kecamatan, sehingga bisa segera dilakukan verifikasi.

“Tapi biasanya mengacu tahun-tahun sebelumnya mereka bulan September atau Oktober baru mengusulkan. Jadi tidak begitu susah proses pencairan, hanya saja harus ada usulan dari kabupaten kota,” terangnya.

Terkait juknis, Ade menyampaikan bahwa bantuan keuangan kecamatan ini sudah dijelaskan kegunaannya. Dimana untuk tahun ini, bantuan lebih difokuskan untuk peningkatan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

“Kalau sebelumnya kan untuk penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi, tahun ini bantuan digunakan untuk peningkatan Kamtibmas, pencegahan radikalisme dan narkoba, pembinaan kerukunan umat beragama dan pengawasan orang asing oleh Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) saat turun lapangan. Termasuk untuk pemantauan dana desa di masing-masing kecamatan,” pungkasnya.(ril)

Baca Juga:  Jadi Produsen Minyak Terbesar di Indonesia, Lifting PHR Tembus 59 Juta Barel Selama 2023

 

 

 

 

(Sunber: media center riau )

Artikel ini telah dibaca 262 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kades dan BPD di Riau Bakal Dapat Kendaraan Operasional Bantuan Pemprov

2 Mei 2024 - 08:13 WIB

Wabup Bengkalis dan Bupati Kuansing Jadi Saksi Nikah Winda Novita dan Muhammad Subhan

28 April 2024 - 20:39 WIB

BPBD Bersama TNI/Polri Berjibaku Padamkan Api Karlahut Di Kelurahan Pematang Pudu

26 April 2024 - 20:54 WIB

Jelang Pilkada 2024, KPU Bengkalis Gelar Sayembara Maskot dan Jingle, Total Hadiah 25 Juta

26 April 2024 - 07:24 WIB

Cabang Fahmil Qur’an Putra Kabupaten Bengkalis Raih Juara Pertama MTQ Ke-42 Tingkat Provinsi Riau

25 April 2024 - 08:11 WIB

Serentak, DPD dan DPC PDIP Se-Riau Buka Penjaringan Bacalon Kepala Daerah, Kaderismanto: Bengkalis dan Pelalawan Usung Kader Terbaik

24 April 2024 - 17:42 WIB

Trending di Sorot