Menu

Mode Gelap

Regional · 22 Jan 2022 17:41 WIB ·

Pembaretan Tunas Muda Pengayoman Angkatan 2018-2019 Diiringi Hujan Lebat dan Tangis Haru Orang Tua


 Pembaretan Tunas Muda Pengayoman Angkatan 2018-2019 Diiringi Hujan Lebat dan Tangis Haru Orang Tua Perbesar

Prodesanews.com | Pekanbaru –  Seramai 107 orang Tunas Muda Pengayoman angkatan 2018-2019 dari berbagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan dan Imigrasi di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau mengikuti Kegiatan Pembaretan selama 2 (dua) hari dari tanggal 18 sampai dengan 19 Januari 2022 di Garuda Outbound, Pekanbaru.

Pembaretan ini bertujuan untuk membentuk Karakter, fisik dan mental yang tangguh, serta tetap menjaga integritas dan loyalitas bagi peserta.

Di hari kedua kegiatan pembaretan, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau, Pujo Harinto yang saat itu didampingi Kepala Divisi Pemasyarakatan, Maulidi Hilal dan Kepala UPT di lingkungan Kanwil Kemenkumham Riau memberikan pengarahan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) angkatan 2018-2019 tersebut

Dalam penyampaiannya, Pujo Harinto mengatakan bahwa setelah mengikuti Pembaretan ini, setiap insan Tunas Muda Pengayoman harus menjadi ASN yang berintegritas dan selalu menjaga kejujuran. 

Kakanwil Menkumham Riau ini juga mengharapkan agar setiap insan Tunas Muda Pengayoman untuk selalu meningkatkan kompetensi, terutama yang berkaitan dan mendukung pelaksanaan tugas sehari – hari.

“Isilah masa pengabdian di Kementerian ini dengan bekerja penuh integritas dan prestasi serta meningkatkan kompetensi. Contohnya yang bertugas di Rumah Detensi Imigrasi, sebaiknya bisa berbahasa asing. Sehingga akan mempermudah ketika melakukan pengawasan dan berinteraksi dengan pengungsi,” ujar Pujo Harinto.

Kegiatan Pembaretan ini kemudian di lanjutkan dengan Prosesi Bakti orang tua, dimana setiap Tunas Pengayoman diminta untuk membasuh kaki orang tuanya. Prosesi Bakti Orang Tua ini berlangsung penuh khidmat dan sakral serta cukup menguras emosi seluruh ASN dan orang tua. Terlihat tangisan haru dan bangga orang tua ketika anak yang dicintainya membasuh kakinya. 

Baca Juga:  Irjen Pol Moh Iqbal Buka Secara Resmi Kejuaraan Sepatu Roda Kapolda Cub 2022

Prosesi selanjutnya adalah menyematkan baret oleh orang tua kepada anaknya.

“Tangisan orang tuamu ini adalah tangisan haru dan bangga. Jangan kotori kebanggaan orang tuamu hari ini dengan bekerja tidak sebagaimana mestinya. Ketika ingin melakukan hal yang menyimpang, maka ingatlah wajah orang tuamu yang telah menyaksikan acara pembaretan ini,” ujar Pujo Harinto disela – sela orang tua yang memeluk anak kebanggaannya dengan haru.

Orang tua salah satu peserta Johny Pardede, mengajak peserta untuk bersyukur karena telah diberikan kesempatan untuk mengabdi kepada Bangsa dan Negara di Kementerian Hukum dan Ham ini.

“Pertebal keimanan dan bersyukurlah. Serta bekerjalah sebaik – baiknya dengan tetap menjaga nama baik keluarga,” ucap Johny Pardede.

Diiringi hujan lebat, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan upacara penutupan. Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kakanwil mengingatkan peserta untuk tidak terpengaruh oleh hal negatif ketika bertugas. 

“Jangan menjadi bagian dari masalah. Jangan sampai kehadiran kita malah menjadi penyebab masalah. Tapi jadilah pemberi solusi. Tunjukkan kinerja terbaik dan profesional,” tuturnya.

Lanjutnya lagi, “Ingatlah wajah yang saat ini bersama kalian. Ini saudaramu, bukan hanya sekedar teman mu. Ketika dia melakukan kesalahan, ingatkan !!. Ketika jika dia jatuh, angkatlah bersama – sama. Apabila ini dilakukan, maka tidak akan ada lagi yang terjerumus melakukan tindakan menyimpang,” pungkas Pujo mengakhiri arahannya.

Kegiatan Pembaretan ini kemudian ditutup dengan penghormatan dan mencium bendera merah putih serta bendera pengayoman. Tidak sedikit dari ASN terlihat berurai air mata karena rasa haru dan bangga.* (Ril)

Artikel ini telah dibaca 134 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Regu Putra Kafilah Bengkalis Cabang Fahmil Qur’an Melaju ke Babak Final MTQ Riau

23 April 2024 - 09:25 WIB

Momen Halal Bihalal Dan Tasakuran, DPC Partai Demokrat Usulkan Kasmarni Kembali Maju di Pilkada Mendatang

23 April 2024 - 06:25 WIB

33 Peserta Kafilah Bengkalis Tampil di Hari Pertama MTQ Riau

22 April 2024 - 14:08 WIB

Kantor Pertanahan Kabupaten Bengkalis Ikuti Kegiatan Puncak Gerakan Sinergi Reforma Agraria Nasional se-Indonesia

22 April 2024 - 13:32 WIB

Hadiri Pembukaan MTQ Ke-42 Tingkat Provinsi Riau, Bupati Bengkalis Serahkan Piala Bergilir Juara Umum

21 April 2024 - 22:48 WIB

Harapan Kasmarni, Kafilah Bengkalis Kembali Raih Juara Umum di MTQ Tingkat Provinsi Riau di Dumai

21 April 2024 - 13:05 WIB

Trending di Pemerintahan Daerah