Menu

Mode Gelap

Sorot · 6 Des 2021 22:07 WIB ·

Menteri Sandiaga Uno Nyatakan Fokus Kembangkan KSPN Pulau Rupat


 Menteri Sandiaga Uno Nyatakan Fokus Kembangkan KSPN Pulau Rupat Perbesar

Prodesanews.com | Bengkalis  – Dengan mengangkat tema “Menjemput Rupat Utara Sebagai Destinasi Wisata Baru di Indonesia”, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis melakukan zoom meeting bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno, Senin (06/12/2021).

Webinar Nasional yang diselenggarakan di Novotel Pekanbaru ini dilikuti oleh Bupati Bengkalis Kasmarni yang diwakili Wakil Bupati H Bagus Santoso, didampingi Waka Polres Aslely Farida Turnip, Dandim 0303 Bengkalis diwakili Danramil 01 Bengkalis Kapten Arh Isnanu, Staf Ahli Bupati Al-Fakhrurrazi, Toharuddin, Ketua Pengadilan Agama Dr. Hasan Nul Hakim, SHI, MA, Camat Bantan Muthu Saily, Camat Rupat Utara Agus Sofyan, Kepala Disparbudpora Bengkalis Edi Sakura serta Kabid Pariwisata Alwizar, SKM.

Dalam Zoom Meeting tersebut, Menteri Sandiaga Uno menyatakan fokus dalam pengembangan KSPN (Kawasan Strategis Pariwisata Nasional) Pulau Rupat.

Hal ini sebagaimana dikatakan Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Bengkalis. “Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia itu fokus pengembangan KSPN Pulau Rupat kedepannya karena Perda kita disinkronkannya, disinergikannya dengan telah ditetapkannya Peraturan Daerah (Perda) nomor 2 tahun 2021 tentang Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Kabupaten Bengkalis,” kata Kadis Parbudpora Edi Sakura melalu Kabid Pariwisata Alwizar, SKM saat dikonfirmasi.

“Jadi dengan disahkannya Perda ini, pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bisa masuk melakukan pembangunan dan pengembangan destinasi wisata KSPN terutamanya Pulau Rupat sesuai dengan peraturan pemerintah nomor 30 tahun 2011,” jelas Kabid Pariwisata ini.

Lanjutnya lagi, “Atas hal ini, Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga akan berbagi tugas di mana domainnya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. Kalau nanti pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Pulau Rupat itu kita dorong dari sumber APBN, mungkin infrastruktur didukung dari APBD Provinsi Riau APBD Kabupaten Bengkalis itu kita fokuskan nantinya untuk pembinaan masyarakat maksudnya bagaimana sikap mental, perilaku dan jiwa entrepreneurship harus muncul sehingga diharapkan ke depannya masyarakat Pulau Rupat itu menjadi pelaku bisnis pariwisata untuk mendukung industri pariwisata sehingga ada pergerakan ekonomi yang naik secara signifikan bagi masyarakat Pulau Rupat khususnya,” pungkas Alwizar.(Ril)

Baca Juga:  Jadi Produsen Minyak Terbesar di Indonesia, Lifting PHR Tembus 59 Juta Barel Selama 2023

 

 

Artikel ini telah dibaca 1,027 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Jawaban Bupati Kasmarni Soal Maju di Pilkada Kabupaten Bengkalis 2024

18 April 2024 - 11:52 WIB

Tiga Kali Menjambret, Warga Desa Kelapa Pati Dibekuk Satreskrim Polres Bengkalis

17 April 2024 - 16:08 WIB

Percepat Pembangunan Jembatan Bengkalis – Bukit Batu, PUPR Siapkan Rencana Pembebasan Lahan

17 April 2024 - 15:16 WIB

Disnakertrans Riau Turunkan Tim Pengawas Ke Perusahaan Yang Tunda Pembayaran THR Karyawan

17 April 2024 - 07:25 WIB

Arus Mudik Meningkat, Ini Yang Dilakukan Dishub Bengkalis

16 April 2024 - 08:36 WIB

Kapolda Riau Bagikan Jajaran Kepada Anak-Anak Pemudik Saat Patroli di Sungai Siak

16 April 2024 - 08:32 WIB

Trending di Sorot