Menu

Mode Gelap

Pemerintahan Daerah · 14 Feb 2022 17:17 WIB ·

Maksimalkan Pengembangan Wisata Pantai Rupat Utara, Bupati Kasmarni Gelar Rakor Bersama Dinas Pariwisata Provinsi Riau


 Teks foto : Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Bengkalis, bersama Disbudparpora Provinsi Riau menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pariwisata se-Provinsi Riau, di Villa Anting Putri, Rupat Utara, Senin 14 Februari 2022.
Perbesar

Teks foto : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis, bersama Disbudparpora Provinsi Riau menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pariwisata se-Provinsi Riau, di Villa Anting Putri, Rupat Utara, Senin 14 Februari 2022.

PRODESANEWS.COM | RUPAT UTARA – Kabupaten Bengkalis merupakan suatu kabupaten di Riau yang memiliki pesona alam yang tak bisa di pandang sebelah mata. Bengkalis memiliki sebuah pulau cantik yang jarang dikenal oleh orang luar dan masih belum terjamah banyak orang, serta masih terjaga kealamiannya, yaitu Pulau Rupat.

Jika berkunjung ke Pulau Rupat, khususnya Rupat Utara, kita akan menikmati sajian objek wisata alam, wisata pantai, objek wisata bahari, hingga berbagai lokasi rekreasi lainnya yang dapat memanjakan mata pengunjung, Pulau Rupat ini termasuk ke dalam beberapa tujuan wisata andalan yang ditetapkan pemerintah Provinsi Riau.

Teks foto : Pulau Beting Aceh Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis.

Destinasi ke Kecamatan Rupat Utara dengan keistimewaan Pantai Pasir Putih serta Pulau Beting Aceh merupakan pemandangan alam yang patut di pertimbangkan untuk menjadi tempat rekreasi, tidak hanya regional bahkan Internasional, karena berhadapan langsung dengan negeri jiran Malaysia.

Oleh sebab itu, dalam upaya memaksimalkan pengembangan pariwisata di Pulau Rupat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis, bersama Disbudparpora Provinsi Riau menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pariwisata se-Provinsi Riau, di Villa Anting Putri, Rupat Utara, Senin 14 Februari 2022.

Teks foto : Bupati Bengkalis Kasmarni bersama Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau Roni Rakhmat dan penjabat dilingkup Pemda Bengkalis saat menghadiri Rakor di Kecamatan Rupat Utara.

Turut hadir dalam rakor tersebut, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Bengkalis, H Heri Indra Putra, Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Johansyah Syafri, staf khusus Bupati, Isa Selamat dan sejumlah pejabat dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Ketua Sekolah Tinggi Pariwisata Provinsi Riau, Dr. Ir. Eni Sumiarsih, Kadisbudparpora Kabupaten Bengkalis, Edi Sakura, Camat Rupat Utara Agus Sofyan dan Camat Rupat Muhammad Rusydy serta tamu undangan lainnya.

Baca Juga:  Gelar Konfrensi Pers, Bupati Bengkalis Ingatkan Agar Pelaku Usaha Tunduk Dengan Aturan Berlaku

Rakor tersebut secara resmi dibuka Bupati Bengkalis Kasmarni, dalam penyampaiannya Bupati mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Bengkalis saat ini terus bergerak menyiapkan sarana dan prasarana objek wisata khususnya di Pulau Rupat.

Teks foto : Bupati Bengkalis Kasmarni saat penyampaiannya pada Rapat Koordinasi (Rakor) Pariwisata se-Provinsi Riau di Rupat Utara.

“Salah satu fokus pembangunan kedepannya adalah mengembangkan sektor-sektor yang berbasis renewable resources (Sumber daya alam yang dapat diperbaharui, serta tidak habis bila digunakan-red) terutama pada sektor pariwisata. Mengingat, sektor pariwisata merupakan sektor yang potensial untuk dikembangkan,” sebut Kasmarni.

Lanjut Bupati mengungkapkan, perlu langkah profesional untuk mewujudkan bagaimana wisata Pulau Rupat bisa di jadikan lokomotif ekonomi baru bagi masyarakatnya. Sektor pariwisata dapat dikelola secara maksimal dan profesional, maka perlu di fikirkan, bangun koneksi, komunikasi, koordinasi, kolaborasi serta strategi sehingga dapat membangun sektor pariwisata secara sistematis terencana terpadu dan berkelanjutan. Tetap memberikan perlindungan terhadap nilai seni, adat istiadat dan budaya masyarakat, Karena harus disadari hingga saat inj ketergantungan kekayaan sumber daya alam sangat besar dan mendominasi struktur pendapatan daerah.

“Melalui forum ini mari kita pikirkan, bangun koneksi, komunikasi, koordinasi, sinergi, kolaborasi, serta strategi, agar kita dapat membangun sektor pariwisata di daerah kita masing-masing secara sistematis, terencana, terpadu dan berkelanjutan dengan tetap memberikan perlindungan pada nilai seni, adat-istiadat, budaya dan agama yang hidup di dalam masyarakat didaerah kita yang multi-kultur,” ujarnya.

Lebih lanjut Kasmarni menyampaikan, kegiatan seperti ini tentu harus didukung dan diberikan apresiasi, sebagai wujud daya dukung stakeholder lainnya, dalam meningkatkan pemahaman, semangat serta langkah nyata bersama, untuk membangkitkan pariwisata kepulauan dan bahari sebagai ring of beauty tourism Indonesia, di kawasan strategis pariwisata nasional Pulau Rupat.

Baca Juga:  Sukseskan 8 Program Bermasa Tingkat Desa, Panca: Kita Akan Tindaklanjuti Lewat Rakorcam Pendamping Desa

“Pulau Rupat ini sejak tahun 2011 telah ditetapkan pemerintah pusat sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional. Namun, sampai saat ini, lebih kurang 11 tahun penetapannya, belum ada sepeserpun dana APBN yang meluncur dalam mendukung pengembangan KSPN pulau Rupat ini. Oleh karenanya, melalui Rakor ini, kami sangat mengharapkan dukungan Bapak/Ibu, kiranya KSPN Pulau Rupat ini dapat dijadikan rekomendasi utama bagi Pemerintah Provinsi Riau,” pungkas Bupati Kasmarni.

 

Teks Foto : Bupati Bengkalis Kasmarni berbincang santai bersama Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau Roni Rakhmat.

Sementara itu, senada dengan Bupati Bengkalis, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau Roni Rakhmat, S.STP., M.Si mengungkapkan, Provinsi Riau saat ini juga gencar memaksimalkan objek wisata. Sehingga diharapkan kepariwisataan seluruh daerah di Riau harus saling bersinergi sama-sama mengembangkan potensi pariwisata di daerahnya masing-masing.

“Jangan ada sikap seperti ‘sikut menyikut’ antara kita di daerah. Kita semua satu yaitu Riau dan harus bersama mengembangkan potensi wisata di daerah kita masing-masing,” ucapnya.

Roni berharap agar setiap daerah mendukung penuh dalam menggali potensi pariwisata sehingga ekonomi masyarakat dapat bangkit dan meningkat.

“Tunjukkan potensi setiap daerah, lanjutnya, dengan dukungan penuh pemerintah daerah. Sehingga ekonomi masyarakat bangkit dan meningkatkan,” pungkas Roni Rakhmat.

Teks foto: Bupati Bengkalis Kasmarni, memberikan cinderamata kepada Kadis Pariwisata Provinsi Riau, Roni Rahmat.

Usai melaksanakan Rakor, Bupati Kasmarni memberikan cenderamata kepada Kadis Pariwisata Provinsi Riau, Rony Rakhmat.

Teks foto : Bupati dan rombongan saat meninjau lahan seluas lebih kurang dua hektar yang di hibahkan oleh salah seorang putra daerah Rupat Utara bernama Suman untuk pembangunan Rumah Sakit Rupat.

Selanjutnya Kasmarni beserta rombongan melanjutkan peninjauan lahan untuk pembangunan Rumah Sakit Rupat yang di hibahkan oleh salah seorang putra daerah Rupat Utara yang bernama Suman. Sekaligus meninjau Vihara Vidya Sagara Desa Kadur.*(adv)

Artikel ini telah dibaca 181 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bersama Wagub, Bupati Kasmarni Ikuti Apel Bersama Di Ponpes Nurul Hidayah

2 Agustus 2022 - 16:25 WIB

Menyongsong Tahun Baru Hijriyah, Bupati Bengkalis Lepas Ribuan Peserta Pawai Taa’ruf

31 Juli 2022 - 11:53 WIB

Kabar Gembira, Pelabuhan BSSR Selat Baru Resmi Bebas Visa

27 Juli 2022 - 09:40 WIB

Seramai 101 Kafilah MTQ Kabupaten Bengkalis Berangkat ke Negeri Seribu Kubah

22 Juli 2022 - 11:32 WIB

Lawatan Wabup ke Siak Kecil, Ada Petani Padi di Antara Perkebunan Sawit

5 Juli 2022 - 16:15 WIB

Ikut Rakor Bersama Gubernur Se-Sumatera, Bupati Kasmarni Bahas 5 Poin Penting

30 Juni 2022 - 13:15 WIB

Trending di Pemerintahan Daerah