Menu

Mode Gelap

Pemerintahan Daerah · 28 Apr 2022 21:00 WIB ·

Lestarikan Tradisi, Bupati Bengkalis Buka Festival Lampu Colok


 Lestarikan Tradisi, Bupati Bengkalis Buka Festival Lampu Colok Perbesar

PRODESANEWS.COM | BENGKALIS – Untuk melestarikan tradisi warisan kehidupan masyarakat melayu khususnya Kabupaten Bengkalis menjelang hari raya Idul Fitri 1443 H/2022 M tepatnya malam 27 Ramadhan (7 likur), Bupati Bengkalis Kasmarni membuka secara resmi festival lampu colok tingkat Kabupaten Bengkalis di Dusun Siandal, Desa Damai Kecamatan Bengkalis, Kamis (28/04/2022).

Peresmian festival lampu colok ini ditandai dengan menyalakan api perdana lampu colok oleh Bupati Bengkalis didampingi Wakil Bupati Bengkalis H Bagus Santoso, Kapolres Bengkalis AKBP Indra Wijatmiko, serta Dandim 0303\Bengkalis Letkol Inf Endik Yunia.

Turut hadir Sekretaris Daerah Bengkalis H Bustami Hy, Kepala Pengadilan Agama Bengkalis Hasan Nul Hakim, Asisten Administrasi Umum Aulia, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Alfakhrurrazy, beserta seluruh perangkat Daerah di Lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis.

Dalam giat tersebut, Bupati menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak yang telah berkontribusi, berkomitmen untuk melestarikan Kembali kearifan lokal lampu colok yang laksanakan setiap tahun dalam menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri.

Lanjut Bupati, oleh sebab itu pelestarian budaya lokal masyarakat melayu ini harus tetap bersinar agar ianya tak hilang ditelan zaman, yang mana memiliki kekhasan dan keunikan tersendiri, yang dapat membuat warga Kabupaten Bengkalis yang saat ini berada di perantauan, rindu untuk pulang berhari raya di kampung halaman, serta dapat menarik kunjungan wisatawan.

“Tapi, jangan sampai kemeriahan dan keindahan kegiatan festival lampu colok ini, mengurangi aktivitas ibadah kita di bulan suci ramadhan, apalagi kita sudah berada di malam-malam terakhir ramadhan, yang mana didalamnya terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan, yakni malam lailatul qadar,” ucapnya.

Diakhir penyampaiannya, Bupati mengajak semua elemen masyarakat untuk terus menggaungkan serta mengupayakan lampu colok ini, agar festival lampu colok di Negeri Junjungan ini dapat menjadi kalender wisata religi baru, di tingkat Provinsi Riau bahkan tingkat Nasional setiap tahunnya menjelang hari raya Idul Fitri.

Baca Juga:  Mahasiswa Bengkalis Demo, Tolak Presiden 3 Periode dan Stabilkan Harga Bahan Pokok

“Untuk itu menjadi tugas kita semua, baik masyarakat, pemerintah, tokoh adat, tokoh masyarakat, dan budayawan, tokoh pemuda, serta semua elemen yang ada didaerah, agar dapat terus melestarikan dan menghidupkan tradisi budaya lokal ini, dari generasi ke generasi,” tutupnya.(ril)

Artikel ini telah dibaca 835 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

BKN Sampaikan Rilis Terkait Pendataan Ulang Non ASN

19 April 2024 - 16:12 WIB

KPU Riau Rekrut Anggota PPK dan PPS Pilkada Serentak 2024, Ini Jadwalnya

19 April 2024 - 07:53 WIB

Jawaban Bupati Kasmarni Soal Maju di Pilkada Kabupaten Bengkalis 2024

18 April 2024 - 11:52 WIB

Tiga Kali Menjambret, Warga Desa Kelapa Pati Dibekuk Satreskrim Polres Bengkalis

17 April 2024 - 16:08 WIB

Percepat Pembangunan Jembatan Bengkalis – Bukit Batu, PUPR Siapkan Rencana Pembebasan Lahan

17 April 2024 - 15:16 WIB

Disnakertrans Riau Turunkan Tim Pengawas Ke Perusahaan Yang Tunda Pembayaran THR Karyawan

17 April 2024 - 07:25 WIB

Trending di Sorot