Menu

Mode Gelap

Pendidikan · 20 Okt 2022 08:29 WIB ·

Ikut UKW, Supian Akui Kelebihan Dan Kekurangan Sebagai Jurnalis Akan Terungkap


 Ikut UKW, Supian Akui Kelebihan Dan Kekurangan Sebagai Jurnalis Akan Terungkap Perbesar

PRODESANEWS.COM- Menjadi wartawan profesional ditandai dengan pengakuan dewan pers melalui kartu kompetensi wartawan menjadi impian setiap insan pers.

Demikian yang dirasakan Supian wartawan bengkalisinfo.com asal kecamatan Bengkalis, berbekal semangat dan keyakinan diri, supian mencoba mengikuti Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau dihotel Hollywood 19-20 Oktober 2022 di Pekanbaru.

Kepada media ini Supian menceritakan kesan-pesan sela mengikuti UKW, menurutnya ketika mengikuti UKW baru dirinya mengetahui kelemahan dan kelebihan nya saat berprofesi sebagai wartawan, di UKW semuanya terungkap.

“Siapa sebenarnya wartawan dan Siapa sebenarnya jati diri kita, kemampuan kita kecerdasan kita dalam mengikuti tahapan-tahapan saat mengikuti ujian akan diketahui saat kita mengikuti UKW,” ungkapnya.

Ia menambahkan, saat mengikuti sesi demi sesi benar-benar menguras tenaga dan fikiran apalagi tidak menguasai dari materi ujian misalkan pemahaman wartawan mengenai undang-undang pers, kode etik jurnalistik serta pemberitaan ramah anak disamping materi praktek sebagai jurnalistik, oleh karnanya Supian berpesan kepada kawan-kawan wartawan yang akan mengikuti UKW agar mempersiapkan diri dengan semaksimal mungkin.

“Kawan-kawan yang belum mengikuti agar dipersiapkan semaksimal mungkin memang sepertinya sepele nanti ketika sudah berhadapan dengan penguji baru tau apakah kita sudah layak berprofesi sebagai wartawan yang sebenarnya alias kompeten,” ujarnya.

Supian juga mengatakan, banyak pengalaman serta ilmu yang didapat selama mengikuti ujian kompetensi, yang berkesan baginya melalui UKW adalah dapat mengukur sejauh mana kemampuannya menguasai ilmu kewartawanan, disamping menambah teman dan pengalaman.

Baca Juga:  BPBD Bengkalis Gelar Kegiatan Sosialisasi Informasi Edukasi Rawan Bencana Di SMA N 4 Bengkalis
Artikel ini telah dibaca 84 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

BKN Sampaikan Rilis Terkait Pendataan Ulang Non ASN

19 April 2024 - 16:12 WIB

Beruntung, 706 Guru PPPK Direlokasi Ke Sekolah Asal

19 April 2024 - 15:08 WIB

Putri Asal Riau Raih Penghargaan dengan Aplikasi Indonesia Bebas Stunting

29 Januari 2024 - 13:07 WIB

Tingkatkan Profesional RT, RW, Dan LPMD, Pemdes Kelapapati Gelar Peningkatan Kapasitas

1 November 2023 - 20:26 WIB

Gubri Syamsuar Serahkan SK PPPK Kepada 592 Guru Honorer di Siak

7 Agustus 2023 - 12:15 WIB

Nuraini Anak Nelayan Asal Rohil Raih Beasiswa Prestasi PT. Pertamina Hulu Rokan

4 Agustus 2023 - 14:17 WIB

Trending di Pendidikan