Menu

Mode Gelap

Regional · 31 Agu 2022 16:09 WIB ·

Gubri : Selain Sawit, Masih Banyak Potensi Lain yang Bisa Dikembangkan di Riau


 Teks foto : Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar. Perbesar

Teks foto : Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar.

PRODESANEWS.COM | PEKANBARU – Tidak hanya perkebunan kelapa sawit yang dapat dikembangkan di Provinsi Riau, akan tetapi masih banyak potensi lainnya yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Meskipun Riau terkenal dengan luasnya lahan gambut, akan tetapi hal tersebut bukan menjadi halangan bagi Riau untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di sektor pertanian dan perkebunan.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar di Gedung Daerah Balai Serindit, Pekanbaru, Rabu (31/08/2022).

“Memang di provinsi kita sangat luas gambutnya, terutama di Indragiri Hilir, Kepulauan Meranti dan lainnya, tapi banyak potensi yang bisa kita manfaatkan di lahan gambut itu,” ujarnya,

Gubri menyebut, salah satu contoh pertanian yang sukses dikembangkan di lahan gambut adalah Kopi Liberika di Kabupaten Kepulauan Meranti. Bahkan kopi tersebut sudah di ekspor.

Lanjutnya, Kopi Liberika merupakan tanaman masyarakat, akan tetapi saat ini hasilnya sudah bisa diandalkan dan dibanggakan untuk potensi lahan gambut Riau.

“Artinya, di Riau juga sudah ada kopi yang cocok dengan wilayah di sini. Tapi menurut saya sebenarnya kalau ini menjadi kita galakkan di semua daerah ini juga bisa meningkatkan kesejahteraan,” jelas Gubri Syamsuar.

Ia juga menerangkan saat ini Pemprov bersama pemerintah kabupaten/kota di Riau mempunyai tugas bagaimana meyakinkan masyarakat bahwa sawit ini bukanlah satu-satunya potensi yang dapat mensejahterakan masyarakat.

Tambahnya, memang Riau ini terkenalnya dengan daerah penghasil sawit terbesar di Indonesia, namun ada potensi lain yang juga bisa dikembangkan di Riau, misalnya kelapa.

“Satu lagi yang besar di Riau adalah kelapa, kelapa ini terbesar juga di Indonesia, dan terluas ada di Inhil. Riau ini punya potensi perkebunan yang cukup kita syukuri,” ucap Gubri.

Baca Juga:  Desember Mendatang, PWI Riau Gelar KLB

Selain itu, Riau juga berpotensi untuk dikembangkan budidaya pertanian nanas seperti dilakukan di Kabupaten Siak, dan mulai dikembangkan pula di Kabupaten Bengkalis dan Rokan Hilir. Kemudian tanaman jahe dan keladi ungu di Rokan Hilir yang sudah diekspor.

“Sekarang ini kami selalu juga menyampaikan kepada warga kita tidak selalu sawit yang bisa dikembangkan, tapi masih banyak potensi lain. Kemarin juga saya membincangkan bagaimana produk-produk di suatu daerah yang terutama daerah gambut ini bisa kita pasarkan, sehingga nanti mereka ini tidak sia-sia berusaha,” tutupnya.(ril)

Artikel ini telah dibaca 134 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

BKN Sampaikan Rilis Terkait Pendataan Ulang Non ASN

19 April 2024 - 16:12 WIB

KPU Riau Rekrut Anggota PPK dan PPS Pilkada Serentak 2024, Ini Jadwalnya

19 April 2024 - 07:53 WIB

Jawaban Bupati Kasmarni Soal Maju di Pilkada Kabupaten Bengkalis 2024

18 April 2024 - 11:52 WIB

Tiga Kali Menjambret, Warga Desa Kelapa Pati Dibekuk Satreskrim Polres Bengkalis

17 April 2024 - 16:08 WIB

Percepat Pembangunan Jembatan Bengkalis – Bukit Batu, PUPR Siapkan Rencana Pembebasan Lahan

17 April 2024 - 15:16 WIB

Disnakertrans Riau Turunkan Tim Pengawas Ke Perusahaan Yang Tunda Pembayaran THR Karyawan

17 April 2024 - 07:25 WIB

Trending di Sorot