Menu

Mode Gelap

Terkini · 21 Apr 2023 23:39 WIB ·

Setelah Tiga Tahun Takdilaksanakan, Pawai Takbir Kembali Dibuka Oleh Pemkab. Bengkalis


 Wakil Bupati Bagus Santoso bersama Forkopimda membuka acara pawai takbir menyambut hari raya idul fitri 1444 Hijriyah Perbesar

Wakil Bupati Bagus Santoso bersama Forkopimda membuka acara pawai takbir menyambut hari raya idul fitri 1444 Hijriyah

BENGKALIS,Prodesanews.com -Ribuan warga kota Bengkalis tumpah ruah menyaksikan pawai takbir menyambut hari raya Idul Fitri 1444 Hijriyah. Pawai takbir di buka secara resmi oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Bengkalis Jumat malam, (21/4/2023).

Setelah 3 tahun lamanya tidak menggelar takbir 1 Syawal hari Raya Idul Fitri sebagai salah satu tradisi di Kabupaten Bengkalis, kini kemeriahan itu kembali terasa.

Pawai takbir yang dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso bersama Forkopimda, Sejumlah Kepala Perangkat Daerah serta Ketua MUI Bengkalis ini ditandai dengan pemukulan beduk. Kemudian dilanjutkan dengan takbir.

Dalam sambutannya Bagus Santoso menghimbau kiraya hari raya idul fitri sebagai momentum untuk mengaplikasikan nilai- nilai yang terkandung selama bulan ramadhan diterapkan pada bulan di luar ramadhan.

“Mari kita rayakan hari kemenangan ini dengan merefleksikan serta mentransformasikan seluruh nilai-nilai yang terkandung selama Ramadhan dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, dengan menyatukan hati, jiwa, pikiran serta tindakan kita untuk terus tumbuh dan tangguh dengan memperkuat silaturrahmi dalam membangun Kabupaten Bengkalis bermarwah, maju dan sejahtera,”ujar Bagus Santoso kala membacakan sambutan Bupati Kasmarni.

Melalui momentum pawai takbir ini, Bagus Santoso menyebutkan dapat memberikan semangat dan motivasi kepada seluruh peserta dan masyarakat Kabupaten Bengkalis dalam menyambut hari kemenangan Idul Fitri 1444 Hijriyah.

“Semoga dengan warna-warni dan keberagaman kekayaan khasanah budaya serta miniatur yang ditampilkan dalam pawai takbir ini, dapat menjadi jalan untuk kita senantiasa memupuk semangat persatuan dan kesatuan dalam mewujudkan masyarakat Kabupaten Bengkalis yang bermarwah, maju dan sejahtera,” ucap Bagus Santoso.

Kegiatan yang dipusatkan di Jalan Ahmad Yani, depan Lapangan Tugu Bengkalis ini merupakan sarana syiar yang diikuti berbagai elemen masyarakat muslim di Bengkalis. Seperti muda, anak-anak dan orang tua lelaki maupun perempuan, utusan dari masjid dan mushola dari berbagai desa/kelurahan yang mengikuti.

Baca Juga:  Maret Mendatang, Arsjad Rasjid Dijadwalkan Lantik Pengurus Kadin Riau Masa Bakti 2022-2027

Pawai takbir keliling ini pun melewati sejumlah jalan di Kota Bengkalis, seperti Jalan Sudirman, kemudian ke arah Jalan Hos Cokroaminoto dan Jalan Hangtuah. Melintasi Jalan Patimura dan kembali mengakhiri pawai takbir yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Bengkalis ini di Jalan Ahmad Yani.

Pantauan di lapangan, sekitar 12 masjid dan 8 mushalla yang turut memeriahkan pawai takbir dengan menampilkan berbagai bentuk miniatur masjid dan simbol islam lainnya.

Gema takbir dimana-mana, sebagai tanda masyarakat Bengkalis merayakan hari kemenagan, kembali kefitri (suci). Karena telah sebulan menjalankan ibadah puasa dan mengerjakan amal kebajikan selama di bulan mulia ini. (Rf)

 

Artikel ini telah dibaca 26 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bertema Basuh Luka Palestina, Syekh Sidiq Yaser Safari Dakhwah di Masjid Al Hakim

28 Maret 2024 - 10:18 WIB

Waspada, 120 Titik Panas Terpantau di Riau

28 Maret 2024 - 09:48 WIB

Sebagai Bentuk Transparansi, Pemkab Bengkalis Rilis RLPPD Tahun 2023

27 Maret 2024 - 13:20 WIB

Kesiapsiagaan Bencana, Kalaksa BPBD Bengkalis Ikut Apel Di Polres Bengkalis

25 Maret 2024 - 19:26 WIB

Masyarakat Riau Usia 16 Tahun Sudah Bisa Lakukan Rekam e-KTP

25 Maret 2024 - 08:02 WIB

Diduga Buang Obat-obat Kadaluarsa, Plt Kadiskes Berikan Klarifikasi

24 Maret 2024 - 10:51 WIB

Trending di Terkini