Menu

Mode Gelap

Pendidikan · 10 Nov 2022 01:14 WIB ·

Melalui Dana Bermasa, Pemdes Sungai Batang Taja Pelatihan Kuliner Untuk IRT


 Melalui Dana Bermasa, Pemdes Sungai Batang Taja Pelatihan Kuliner Untuk IRT Perbesar

PRODESANEWS.COM- Dalam rangka meningkatkan keterampilan warganya terutama di bidang kuliner, Melalui Dana Bermasa Pemerintah Desa Sungai Bantang kembali mengadakan pelatihan Kali ini berupa kuliner makanan khas Bengkalis, pelatihan di pusatkan Di Aula Kantor Kepala Desa, Rabu, (9/11/2022).

Kegiatan pelatihan bertemakan “Pelatihan Kuliner Bagi Perempuan Desa” melibatkan para peserta berasal dari ibu-ibu rumah tangga desa Sungai Bantang, menghadirkan narasumber ahli dibidang kuliner Bernama Muwarni Salamah.

Acara dipimpin oleh ketua BPD Desa Sungai Batang Muhammad Efendi, serta dibuka secara resmi oleh Kepala Desa melalui Kepala Urusan Umum Syaifullah, hadir dalam acara tersebut Tokoh Perempuan, Ketua serta Pengurus PKK, anggota BPD dan Perangkat Desa.

Dalam sambutannya Kepala Desa Sungai Batang, Faisal melalui Kaur Umum menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati Bengkalis atas program Bermasa sebagai program unggulan Bupati, menurut Faisal dengan adanya dana Bermasa Banyak kegiatan bisa dilakukan di desa seperti yang sedang dilaksanakan yaitu pelatihan keterampilan kuliner bagi Ibu-ibu rumah tangga di Desa.

“Terimakasih kami ucapkan kepada Bupati Bengkalis, dengan dana Bermasa banyak hal bisa dilakukan diantaranya untuk peningkatan keterampilan ibu-ibu rumah tangga,” Kata Syaifullah.

Syaifullah berharap kegiatan tersebut berkesan bagi ibu-ibu rumah tangga serta dapat meningkatkan wawasan dan keterampilan di bidang kuliner.

Selanjutnya kegiatan pelatihan langsung dibimbing oleh narasumber Ibu Muwarni Salamah, pelatihan di awali membahas teori aneka ragam resep makanan khas daerah dan dilanjukan dengan praktek pembuatan makanan. dalam kegiatan praktek jenis makanan yang di olah adalah makanan olahan dari sagu.

Salah seorang perwakilan peserta juga sebagai anggota BPD mengatakan akan mengembangkan bahan olahan makanan yang berasal dari sagu.

“Dodol sagu adalah inovasi yang terbaru dari produk turunan bahan dasar sagu, Desa Sungai Batang adalah salah satu desa yang pencetus nya, insha allah dalam waktu dekat ini kami akan membentuk kelompok UMKM yang mengolah produk dodol dari bahan dasar sagu tersebut, karena di desa sungai batang hasil produksi sagu juga lumayan besar,” ujar Badriyah.

Baca Juga:  Hadiri Konferensi Kerja II PGRI Provinsi Riau di Dumai, Ini Kata Ketua PGRI Bengkalis

Selain itu, menurut Badriyah diantara kelebihan bahan olahan dari sagu adalah efisiensi.
“Selain punya cita rasa yang enak dan lezat dodol sagu juga tahan lama hingga beberapa bulan kedepan.” Ujarnya.

Sementara itu, Muwarni Salamah selaku narasumber mengatakan mudah-mudahan pelatihan kali ini menambah wawasan serta edukasi dalam meningkatkan kreativitas ibu-ibu di bidang kuline.

“Semoga dapat mengedukasi kita bersama dalam mengembangkan wawasan serta keterampilan kita bersama dibidang kuliner dan bagi ibu-ibu yang mau menanyakan resep kue Jagan sungkan-sungkan,”ujarnya.

Usai pelatihan, kegiatan ditutup dengan Poto bersama.

 

 

Artikel ini telah dibaca 35 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

BPBD Bengkalis Lakukan Identifikasi Penyebab Banjir Di Kecamatan Bantan Penyebabnya Sungai Ciputih Mengalami Pendangkalan

4 Desember 2022 - 06:01 WIB

Hari Ini, Pembalap Tour de Siak 2022 Mulai Bertanding

2 Desember 2022 - 13:01 WIB

Pemuda Asal Mandau diringkus Satres Narkoba Polres Bengkalis

2 Desember 2022 - 08:05 WIB

Sat Res Narkoba Polres Bengkalis Kembali Bekuk Pengedar Sabu di Pinggir

1 Desember 2022 - 16:48 WIB

Satresnarkoba Polres Bengkalis Bekuk Dua Tersangka Pengedar Sabu dan Ganja di Mandau

1 Desember 2022 - 14:41 WIB

Lakukan Giat Bersama, Kapolres Meranti Blusukan ke Pasar dan Warung Kopi

1 Desember 2022 - 09:50 WIB

Trending di Sorot