Menu

Mode Gelap

Kesehatan · 23 Okt 2022 15:14 WIB ·

Maraknya Penyakit Ginjal Pada Anak-anak, Dinkes Bengkalis Keluarkan Himbawan


 Maraknya Penyakit Ginjal Pada Anak-anak, Dinkes Bengkalis Keluarkan Himbawan Perbesar

PRODESANEWS.COM.BENGKALIS – Kasus gangguan ginjal akut pada anak saat ini menjadi isu nasional di Indonesia. Kondisi ini juga menjadi perhatian Dinas Kesehatan (Dinkes) Bengkalis.

Bahkan Dinkes Bengkalis sudah mengeluarkan surat Imbauan menindaklanjuti edaran Kementerian Kesehatan tersebut. Surat Imbauan yang dikeluarkan langsung kepada pimpinan fasilitas pelayanan kesehatan, pemilik apotek, penangungjawab toko obat serta pihak terkait lainnya.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Bengkalis Ersan Saputra mengatakan, dalam surat tersebut pihaknya meminta untuk meningkatkan kewaspadaan dalam rangka pencegahan, tenaga kesehatan untuk sementara tidak meresepkan obat dalam bentuk syirup sampai hasil penelusuran dan penelitian tuntas.

“Begitu juga kepada apotek dan toko obat, sesuai edaran Kementerian Kesehatan untuk tidak menjual obat dalam bentuk cair ataupun syirup sampai hasil penelusuran dan penelitian tuntas dilakukan,” Terang Ersan.

Selain itu dalam imbauan tersebut tenaga kesehatan Bengkalis juga diminta untuk melakukan edukasi kepada masyarakat mengenai perlunya kewaspadaan orangtua yang memiliki anak di bawa enam tahun yang mengalami gejala penurunan volume urin tanpa demam dan gejala pedromal lain untuk segera di rujuk ke fasilitas kesehatan.

Serta meminta orangtua yang memiliki anak Balita untuk sementara tidak mengkomsumsi obat tanpa ajuran tenaga kesehatan yang kompoten.

“Semua imbauan ini sudah kita sampaikan kepada pihak terkait termasuk toko obat dan apotek di Bengkalis,” jelasnya.(Rils)

Baca Juga:  Gubri Syamsuar Serahkan Bantuan RLH Baznas Riau Kepada Warga
Artikel ini telah dibaca 13 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

BPBD Bengkalis Lakukan Identifikasi Penyebab Banjir Di Kecamatan Bantan Penyebabnya Sungai Ciputih Mengalami Pendangkalan

4 Desember 2022 - 06:01 WIB

Hari Ini, Pembalap Tour de Siak 2022 Mulai Bertanding

2 Desember 2022 - 13:01 WIB

Pemuda Asal Mandau diringkus Satres Narkoba Polres Bengkalis

2 Desember 2022 - 08:05 WIB

Sat Res Narkoba Polres Bengkalis Kembali Bekuk Pengedar Sabu di Pinggir

1 Desember 2022 - 16:48 WIB

Satresnarkoba Polres Bengkalis Bekuk Dua Tersangka Pengedar Sabu dan Ganja di Mandau

1 Desember 2022 - 14:41 WIB

Lakukan Giat Bersama, Kapolres Meranti Blusukan ke Pasar dan Warung Kopi

1 Desember 2022 - 09:50 WIB

Trending di Sorot