Menu

Mode Gelap

Peristiwa · 16 Apr 2024 08:16 WIB ·

Saat Iran Hantam Israel, Yordania Bantu Cegat Rudal Iran, Ada Apa?


 Helikopter Amerika saat akan mendarat di pangkalan udara Israel Perbesar

Helikopter Amerika saat akan mendarat di pangkalan udara Israel

TEL AVIV, Prodesanews.com- lebih dari 300 drone dan rudal berhasil dilesatkan Iran ke Israel sebagai pembalasan atas dugaan serangan Israel terhadap kedutaan besarnya di Damaskus pada awal April lalu. Ketika rudal dan drone yang bergerak lambat menuju Israel, sekutu Israel, termasuk negara-negara muslim turun tangan untuk membantu. Angkatan udara AS dan Inggris terlibat dalam menembak jatuh ancaman udara tersebut. Prancis mungkin juga terlibat dalam patroli di kawasan tersebut, meskipun tidak jelas apakah Prancis menembak jatuh proyektil tersebut.

Namun yang mendapat banyak perhatian adalah kenyataan bahwa angkatan udara Yordania juga turun tangan untuk membantu. Yordania membuka wilayah udaranya bagi pesawat Israel dan AS, dan tampaknya juga menembak jatuh pesawat tak berawak yang melanggar wilayah udaranya sendiri.

Menurut kantor berita Reuters, penduduk di sana mendengar aktivitas udara yang hebat dan gambar sisa-sisa pesawat tak berawak yang jatuh di selatan Amman, ibu kota Yordania, beredar di media sosial. Yordania, misalnya, sangat kritis terhadap kampanye militer Israel di Gaza, yang terus berlanjut hingga akhir pekan.

Diketahui, satu dari lima orang di Yordania adalah keturunan Palestina, termasuk ratu negara tersebut, dan selama beberapa minggu terakhir terjadi protes yang semakin agresif terhadap Israel. Namun, pada saat yang sama, Yordania berbatasan dengan Israel, merupakan penjaga Masjid Al-Aqsa di Yerusalem, sebuah tempat yang sangat penting bagi umat Islam, Kristen, dan Yahudi, dan secara teratur bekerja sama dengan pemerintah Israel, meskipun seringkali berada di belakang layar.

Pihak berwenang Yordania, yang juga menganggap AS sebagai sekutu penting, harus menyeimbangkan semua kepentingan yang bersaing, stabilitas politik, dan pertahanan diri. Jordan dengan cepat mengatakan bahwa dalam membantu Israel, mereka sebenarnya membela diri.

Baca Juga:  Bupati Bengkalis Kasmarni Diskusi Bersama SKK Migas dan PT ITA, Bahas Pengeboran Minyak di Pulau Bengkalis

“Beberapa benda yang memasuki wilayah udara kami tadi malam dicegat karena merupakan ancaman bagi masyarakat dan wilayah berpenduduk kami,” kata pemerintah Yordania dalam sebuah pernyataan, dilansir DW.

Ditambahkan, “Beberapa pecahan jatuh di wilayah negara tersebut tanpa menyebabkan kerusakan berarti,”. Emile Hokayem, dari Institut Internasional untuk Studi Strategis, mengatakan keterlibatan Yordania adalah bagian dari bukti bahwa Yordania adalah mitra yang baik bagi AS.

 

 

 

 

 

Sumber: Sindo. Com

 

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

BPBD Bersama TNI/Polri Berjibaku Padamkan Api Karlahut Di Kelurahan Pematang Pudu

26 April 2024 - 20:54 WIB

Diduga Arus Pendek, Rumah Suhaimi Warga Sungai Batang Ludes Dilalap Jago Merah Saat Buka Puasa

14 Maret 2024 - 15:07 WIB

Turap Pantai Wisata Selatbaru Rusak, Bersama Aparat Pusdalops-PB BPBD Lakukan Pengecekan

7 Februari 2024 - 19:16 WIB

Titik Api Muncul Dihutan Belukar Desa Sepahat, BPBD Berhasil Padamkan Api

30 Januari 2024 - 14:52 WIB

Jalan Lintas Riau-Sumbar Kembali Longsor, Kalaksa BPBD Riau Imbau Masyarakat Waspada Lakukan Perjalanan

26 Januari 2024 - 11:42 WIB

Banjir Takkunjung Surut, Bersama Kapolsek Dan Koramil Kalaksa BPBD Berikan Bantuan Warga Korban Banjir

21 Januari 2024 - 08:09 WIB

Trending di Peristiwa