Menu

Mode Gelap

Kesehatan · 31 Okt 2022 21:29 WIB ·

UPT Puskesmas Meskom Gelar Sosialisasi PE Dan Deklarasi 5 Pilar STBM Di Desa Prapat Tunggal


 UPT Puskesmas Meskom Gelar Sosialisasi PE Dan Deklarasi 5 Pilar STBM Di Desa Prapat Tunggal Perbesar

PRODESANEWS.COM.- Unit Pelayanan Teknis (UPT) Puskesmas Meskom Kecamatan Bengkalis melaksanakan kegiatan Sosialisasi analisa hasil Penyelidikan Epidemiologi (PE) dan Desiminasi informasi serta Deklarasi 5 Pilar STBM untuk 3 Desa, Kegiatan dilaksanakan di Aula Pertemuan Desa Prapat tunggal, Pada Senin,(31/10/2022) Pukul 9.00 Wib hingga selesai.

Kegiatan Sosialisasi melibatkan beberapa Kepala Desa serta Ketua BPD, antara lain tersebut Kades Prapat Tunggal, Kades meskom, Kades Simpang ayam, Kades teluk latak, Kades Senderak, Kades Sebauk, Kades Pangkalan batang barat, Kades pangkalan batang, serta TPPKK desa prapat tunggal, dan desa-desa lainnya.

Tampak juga hadir dalam kegiatan tersebut Babinkamtimas, Babinsa, Kepala UPT Puskesmas Meskom selaku narasumber, Camat Bengkalis yang diwakili Kasi Pemerintahan Tata Usaha Kecamatan Bengkalis, Perwakilan Dinas kesehatan Kabupaten Bengkalis Kabid P2.

Kepala UPT Puskesmas Meskom menyampaikan bahwa pilar STBM merupakan prilaku higienis dan sanitary digunakan sebagai acuan sanitasi total berbasis masyarakat, oleh karenanya ia mengatakan perlu diterapkan lima pilar STBM

“STBM merupakan pendekatan untuk mengubah perilaku higienis dan saniter melalui pemberdayaan masyarakat dengan cara pemicuan. Sedangkan Pilar STBM adalah perilaku higienis dan saniter yang digunakan sebagai acuan dalam penyelenggaraan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat,” Jelas nya.

Lebih lanjut ia mengatakan, “Adapun 5 Pilar STBM yaitu : Stop Buang air besar sembarangan, Cuci tangan pakai sabun, Pengelolaan air minum dan Makanan rumah tangga, Pengamanan sampah rumah tangga, dan Pengamanan limbah cair rumah tangga,” ujarnya.

Ia juga mengatakan sejauh ini UPT Puskesmas Meskom telah melakukan banyak kegiatan seperti antara lain melakukan kegiatan sanitasi di beberapa sekolah yang ada di 8 desa, Pengolahan sampah dengan cara mendaur ulang di berbagai pesantren salah satunya adalah Pesantren BEQURANIC Pangkalan Batang, dan melakukan pembuangan limbah cair di beberapa rumah meskipun belum maxsimal.

Baca Juga:  Update Kasus Covid-19 dan Capaian Vaksinasi di Riau per 13 Mei 2022

Dari Hasil 5 Pilar STBM yang telah dilakukan oleh UPT Puskesmas Meskom di 3 desa yaitu Desa Prapat Tunggal, Desa Meskom dan Desa Simpang Ayam dengan melakukan Pemicuan di setiap desa mampu memutuskan mata rantai penularan penyakit dan juga mampu bebas dari Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

UPT Puskesmas Meskom juga telah memberikan penghargaan kepada Kades Prapat Tunggal, Ahmad, Kades Meskom, Usman dan Kades Simpang Ayam, Mujiono karena telah berhasil menerapkan di desanya program Bebas Buang Air Bersih Sembarangan (BABS).

Kepala Desa Prapat Tunggal, Ahmad Dalam sambutanya, Mengucapkan terimakasih kepada Para Hadirin yang telah hadir dalam kegiatan sosialisasi yang di adakan oleh UPT Puskesmas Meskom, menurutnya dengan kehadiran Para kepala Desa serta BPD di desa Prapat Tunggal akan menguatkan tali silaturahmi serta kerjasama yang baik.

“Kami mengucapkan terimakasih atas kehadiran bapak-bapak di desa kami semoga pertemuan ini akan mempererat silaturahim dan membangun hubungan yang baik,” ujarnya.

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

BPOM RI Rilis 23 Obat Syrup yang Aman di Konsumsi

24 Oktober 2022 - 09:42 WIB

Maraknya Penyakit Ginjal Pada Anak-anak, Dinkes Bengkalis Keluarkan Himbawan

23 Oktober 2022 - 15:14 WIB

Pemdes Prapat Tunggal Gelar Pengecekan dan Edukasi Kesehatan Gratis

11 Oktober 2022 - 16:17 WIB

Peringati Hari Apoteker Sedunia, Ketua IAI Ingatkan Tanggung Jawab Apoteker Berikan Pelayanan Afarmasian yang Aman

26 September 2022 - 08:36 WIB

9 Fakta Mengenai Stroke

5 Agustus 2022 - 15:38 WIB

Pemdes Kelapapati Resmikan Posyandu Remaja

20 Juni 2022 - 10:02 WIB

Trending di Kesehatan