Menu

Mode Gelap

Budaya · 7 Feb 2022 10:49 WIB ·

Tahun Ini, Ritual Perayaan Imlek di Bengkalis Sedikit Meriah


 Teks foto : Ritual di Vihara Hok Ann Kiong Bengkalis, Minggu (06/02/2022). Perbesar

Teks foto : Ritual di Vihara Hok Ann Kiong Bengkalis, Minggu (06/02/2022).

Prodesanews.com | Bengkalis – Perayaan Imlek tahun 2022 di Kabupaten Bengkalis berlangsung sederhana namun tetap khidmat. Pelaksanaan ibadah dilakukan dalam suasana pembatasan akibat pandemi Covid-19 sama seperti tahun sebelumnya.

Meski begitu, warga Thionghoa Bengkalis merayakan imlek tahun 2022 atau tahun 2572 penanggalan China ini sedikit lebih meriah dibandingkan tahun sebelumnya. Akan tetapi tetap ada batasan agar tidak membuat kerumunan maupun keramaian.

Humas Vihara Hok Ann Kiong, Herman Kusuma mengatakan bersyukur masalah pandemi Covid-19 di Kabupaten Bengkalis dapat teratasi dan mencapai target diharapkan. Hal itu, tentunya dengan capaian penanganan yang baik pula.

“Sejak dari Imlek pertama, umat sudah melaksanakan sembahyang di vihara dengan cara bergantian, dan hari raya ke 6 Imlek pagi ini adalah ritualnya,” kata Herman, Minggu (06/02/2022).

Sambungnya lagi, sejak hari pertama Imlek itu juga, umat Khonghucu yang beribadah di vihara telah melakukan serangkaian kegiatan.

“Diantaranya sembahyang Shenming Zao Jun Gon/Cun Kun Kong atau Malaikat Dapur. Kemudian berlanjut dengan membersihkan para suci (shinming) dan jinshen (patung),” terangnya.

Pada hari ini juga, perayaan ritual Cue Lak yang disebut juga sebagai puncak perayaan Imlek dengan hari kelahiran Dewa Ching Cui Cho She Kong dilaksanakan di halaman Kelenteng secara sederhana dimulai sekitar pukul 08.30 WIB dan dikarenakan kondisi hujan, hanya berlangsung sekitar 2 jam saja.

“Ini (hujan) salah satu berkah. Biasa kan mulai jam sepuluh,” jelas Herman.

Humas vihara Hok Ann Kiong ini juga menjelaskan, pengurus sudah menerapkan pembatas dalam perayaan Imlek guna menghindaril membludaknya perkumpulan umat.

“Begitupula dengan protokol kesehatan yang ketat kita terapkan. Kita menjunjung tinggi program pemerintah sehingga panitia memberikan masker kepada umat dan menyediakan air untuk mencuci tangan,” ucapnya.

Baca Juga:  BA Diterima Pordi Riau, Pordi Bengkalis Tunggu SK

Dengan lebih baik pencapaian target penangan Covid-19 19 di Kabupaten Bengkalis, Herman Kesuma berharap bahwa ini merupakan awal masyarakat Bengkalis tidak lagi terpuruk dalam perekonomian.

“Semoga ditahun macan air ini, covid 19 melanda Indonesia dan dunia segera berakhir dan khususnya di Kabupaten Bengkalis sehingga masyarakat dapat kembali beraktivitas dengan aman dan perekonomian masyarakat kembali normal,” pungkasnya.*(Ril)

 

 

Artikel ini telah dibaca 177 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pemdes Pedekik Salurkan Dana BLT Tahap II Untuk Tiga Bulan Sebanyak 102 KPM

30 Juni 2022 - 18:20 WIB

Ikut Rakor Bersama Gubernur Se-Sumatera, Bupati Kasmarni Bahas 5 Poin Penting

30 Juni 2022 - 13:15 WIB

Pencari Suaka Asal Myanmar Ditangkap Imigrasi Rohil

27 Juni 2022 - 17:07 WIB

Dibuka Gubernur Riau, Gebyar Makan Durian di Desa Berencah Sukses Terselenggara

27 Juni 2022 - 10:10 WIB

Road To 76, Kapolda Riau Lakukan Kick Off dan Jump Ball

27 Juni 2022 - 08:28 WIB

Konferprov XV PWI Riau di Bengkalis Berjalan Lancar, PWI Bengkalis Sampaikan Terimakasih Atas Dukungan Bupati Bengkalis

25 Juni 2022 - 19:39 WIB

Trending di Sorot