Menu

Mode Gelap

Pemerintahan Daerah · 14 Mar 2024 10:44 WIB ·

Smart City, Bengkalis Akan Terapkan Command Center


 Sekda Bengkalis dr. Ersan saputra saat memimpin rapat Perbesar

Sekda Bengkalis dr. Ersan saputra saat memimpin rapat

BENGKALIS – Pemerintah Kabupaten Bengkalis akan membangun ruang kendali terpusat atau dikenal dengan Command Center, sebagai upaya dalam menyempurnakan informasi publik yang lebih efektif dan mudah diperoleh.

Rencana ini disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) dr Ersan Saputra, di hadapan sejumlah Pejabat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten untuk menyamakan persepsi, di Ruang Pertemuan Hang Jebat, Kantor Bupati Bengkalis, Rabu, 13 Maret 2024.

“Command Center ini kita harapkan dapat menjadi langkah menuju Smart City untuk memberikan kemudahan layanan informasi kepada publik,” ujar Sekda dr Ersan Saputra.

Sekda juga menyebutkan bahwa rapat ini merupakan upaya menyeragamkan pemikiran dan komitmen bersama dalam mewujudkan Command Center, satu visi dan satu data Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

“Dengan demikian kita harapkan berbagai informasi yang dibutuhkan masyarakat dapat diakses dalam satu tempat (aplikasi). Baik itu tentang kesehatan, pendidikan maupun lain sebagainya dalam konteks pelayanan publik Kabupaten Bengkalis,” jelas Sekda.

Beliau juga menyebutkan Command Center ini merupakan sarana data digital yang menunjang percepatan terwujudnya Kabupaten Bengkalis yang Bermarwah, Maju dan Sejahtera.

“Dengan terwujudnya Command Center ini, kita harapkan masyarakat semakin dapat merasakan kemudahan untuk mengetahui informasi dalam seluruh bidang,” sebutnya.

Sekda juga menyatakan bahwa seluruh Kepala Perangkat Daerah harus dapat sama-sama mendukung terwujudnya upaya ini, sehingga data-data setiap perangkat daerah harus betul-betul update setiap hari.

“Kita ingin ini menjadi hal yang perlu mendapatkan perhatian dan keseriusan dari kita semua, terutama nantinya terkait update data yang setiap hari harus di perhatikan,” pungkasnya.

Sekda juga menyebutkan, terkait langkah selanjutnya akan dilakukan diskusi bersama untuk memantapkan proses pembentukan command center.

Sebagai leading sektor, Kepala Dinas Kominfotik Dr H Suwarto dalam kesempatan itu menyebutkan bahwa Command Center akan dibangun di gedung RPD Bengkalis lama, samping RRI Bengkalis dan sentral Ruang Multimedianya akan dipusatkan di Wisma Sri Mahkota Bengkalis.

Baca Juga:  Wakili Bupati, Andris Wasono Hadiri Pengajian Rutin Pemkab Bengkalis di Talang Muandau

“Kita tentunya siap menjadi leading sektor untuk pembangunan Command Center dan Multimedia ini. Tentunya kerjasama dari seluruh perangkat daerah sangat kita butuhkan agar arahan Sekda sebagaimana harapan Ibu Bupati Kasmarni, dalam hal ini dapat terealisasi,” sebutnya.

Turut serta dalam diskusi tersebut, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Johansyah Syafri, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Ed Efendi, serta sejumlah Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis. (rls)

 

 

Artikel ini telah dibaca 11 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

33 Peserta Kafilah Bengkalis Tampil di Hari Pertama MTQ Riau

22 April 2024 - 14:08 WIB

Kantor Pertanahan Kabupaten Bengkalis Ikuti Kegiatan Puncak Gerakan Sinergi Reforma Agraria Nasional se-Indonesia

22 April 2024 - 13:32 WIB

Hadiri Pembukaan MTQ Ke-42 Tingkat Provinsi Riau, Bupati Bengkalis Serahkan Piala Bergilir Juara Umum

21 April 2024 - 22:48 WIB

Harapan Kasmarni, Kafilah Bengkalis Kembali Raih Juara Umum di MTQ Tingkat Provinsi Riau di Dumai

21 April 2024 - 13:05 WIB

Bupati Bersama Wapup dan Ribuan Masyarakat Bengkalis Ikut Pawai Ta’aruf MTQ Riau di Dumai

21 April 2024 - 11:32 WIB

Hadiri Malam Ta’aruf dan Pengukuhan Majelis Hakim MTQ ke-42 tingkat Provinsi Riau, Bupati Harapkan Kafilah Bengkalis Tampil dan Peroleh Nilai Terbaik

20 April 2024 - 23:55 WIB

Trending di Pemerintahan Daerah