Menu

Mode Gelap

Sorot · 29 Jan 2024 13:07 WIB ·

Putri Asal Riau Raih Penghargaan dengan Aplikasi Indonesia Bebas Stunting


 📸 Nuraini, Putri asal Kabupaten Rokan Hilir, Riau, penerima beasiswa prestasi PHR yang meraih penghargaan atas karyanya dalam lomba essay inovasi nasional. Perbesar

📸 Nuraini, Putri asal Kabupaten Rokan Hilir, Riau, penerima beasiswa prestasi PHR yang meraih penghargaan atas karyanya dalam lomba essay inovasi nasional.

Prodesanews.com | PEKANBARU, Nuraini, mahasiswi asal Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Provinsi Riau, penerima beasiswa prestasi PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) berhasil meraih penghargaan atas prestasinya dalam mengikuti lomba Essay Inovasi Nasional di Universitas Pertahanan RI.

Aini sapaan akrabnya, mengaku bangga bisa mendapatkan prestasi tersebut. Remaja yang melanjutkan jenjang S-1 jurusan Kimia di Universitas Pertamina ini meraih predikat Best Oral dalam ajang Pharmaceutical Outstanding Remarkable Competitions (Pharmacorps) yang diselenggarakan Fakultas Farmasi Militer Universitas Pertahanan tersebut.

Ia mengaku senang dan bersemangat untuk mencetak prestasi selama masa pendidikan. “Alhamdulillah, dapat penghargaan Best Oral lomba essay inovasi nasional. Semoga kami bisa terus meraih prestasi gemilang dan membanggakan,” kata Aini, Senin (29/1/2024).

Dalam ajang tersebut, Aini mengangkat tema terkait stunting dan prototype aplikasi pencegahan stunting yang dinamakan Aplikasi Insting atau Indonesia Bebas Stunting. Karyanya itu berjudul “Aplikasi Insting Sebagai Intervensi Pencegahan dan Penekanan Prevalensi Stunting di Era Globalisasi 5.0” yang membahas soal isu nasional tersebut secara komprehensif. Essay Inovasi ini pun didapuk penghargaan dari Universitas Pertahanan.

“Tema yang diangkat tersebut selaras dengan program pemerintah untuk penanganan stunting. Jadi saya melihat pentingnya penanganan tersebut dengan berbagai daya dan upaya untuk mengatasinya,” ujar Aini.

Tema yang diangkat Aini tersebut, juga selaras dengan salah satu program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PHR WK Rokan untuk pencegahan stunting di Provinsi Riau.

Terpisah, Corporate Secretary PHR WK Rokan Rudi Ariffianto mengaku bangga atas capaian dan prestasi yang diraih Aini. Ia juga terus mendorong para peraih beasiswa PHR baik 10 orang di jenjang S-1 Universitas Pertamina dan S-2 ke Amerika Serikat dapat berprestasi selama menjalankan proses belajar dan setelah itu nantinya.

Baca Juga:  Terima Kunjungan Kepala OJK Riau, Wabup Harapkan Regulasi Mudah Bagi Masyarakat Dalam Meminjam di Bank

“Semoga terus meraih prestasi gemilang, dan mampu membuat bangga orang tua, daerah dan negara. Terus semangat dan buktikan bahwa kalian hebat,” ucap Rudi Ariffianto.

Di sisi lain, PHR juga terus berupaya menekan angka gagal tumbuh pada anak atau stunting di Provinsi Riau tersebut. Kolaborasi PHR WK Rokan bersama Pemerintah Kabupaten Kampar, pernah mendapat pujian dari Presiden RI Joko Widodo saat membuka Rapat Koordinasi Nasional Kepala Daerah dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Se-Indonesia di tahun 2023 lalu dikarenakan berhasil menurunkan angka stunting di daerah tersebut.

Program pencegahan stunting PHR WK Rokan di Kampar menunjukkan hasil sangat memuaskan. Dimana Kampar berhasil menurunkan stunting dari 27 ke angka kurang lebih 8 persen, ini juga penurunan yang sangat drastis sekali. Presiden Jokowi mengapresiasi program pencegahan stunting di Kampar. Meski belum menggunakan platform aplikasi digital, namun program pencegahan stunting dengan dukungan perusahaan mampu menurunkan angka stunting secara signifikan.

Persoalan stunting menjadi perhatian serius pemerintah mengingat Indonesia akan mengalami puncak bonus demografi pada tahun 2030-2035. Program pencegahan stunting perlu ditingkatkan untuk menciptakan anak muda yang berkualitas dan bisa berkompetisi di masa depan.

PHR telah memulai program pencegahan stunting di Riau pasca alih kelola WK Rokan pada Agustus 2021 lalu. Selain Kampar, program pencegahan stunting juga dilaksanakan di Siak, Bengkalis, Rokan Hilir dan Pekanbaru. Kegiatan ini merupakan salah satu Program TJSL PHR di bidang kesehatan. Dalam hal ini, PHR bekerja sama dengan Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Riau sebagai mitra pelaksana konsen terhadap persoalan dan penanganan stunting di Provinsi Riau.(ril)

Artikel ini telah dibaca 299 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

BPBD Bersama TNI/Polri Berjibaku Padamkan Api Karlahut Di Kelurahan Pematang Pudu

26 April 2024 - 20:54 WIB

Jelang Pilkada 2024, KPU Bengkalis Gelar Sayembara Maskot dan Jingle, Total Hadiah 25 Juta

26 April 2024 - 07:24 WIB

Cabang Fahmil Qur’an Putra Kabupaten Bengkalis Raih Juara Pertama MTQ Ke-42 Tingkat Provinsi Riau

25 April 2024 - 08:11 WIB

Serentak, DPD dan DPC PDIP Se-Riau Buka Penjaringan Bacalon Kepala Daerah, Kaderismanto: Bengkalis dan Pelalawan Usung Kader Terbaik

24 April 2024 - 17:42 WIB

Breaking news, KPU Resmi Tetapkan Prabowo-Gibran Pemenang Pilpres

24 April 2024 - 13:11 WIB

Waspada, Teknologi AI dan Dapat Kecohkan Infomasi

24 April 2024 - 11:11 WIB

Trending di Sorot