Menu

Mode Gelap

Hukrim · 2 Feb 2023 07:41 WIB ·

Polda Riau Amankan 276 Kg Sabu, 1 Pelaku Tewas Diterjang Timah Panas Petugas


 Konferensi pers pengungkapan kasus narkotika jenis sabu seberat 276 Kg oleh Kapolda Riau. Perbesar

Konferensi pers pengungkapan kasus narkotika jenis sabu seberat 276 Kg oleh Kapolda Riau.

PRODESANEWS.COM | PEKANBARU – Direktorat Reserse Narkotika Kepolisian Daerah (Polda) Riau kembali mengamankan 5 pelaku peredaran gelap narkotika dengan barang bukti 276 Kg narkotika jenis sabu. Dari ke 5 pelaku, 1 diantaranya tewas diterjang timah panas lantaran melakukan perlawanan yang membahayakan petugas.

Hal tersebut diungkapkan Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal saat konferensi pers yang digelar di halaman belakang Mapolda Riau, Rabu (1/2/2023).

Kapolda mengatakan, pengungkapan ini berawal dari informasi yang diterima oleh Subdit I Direktorat Narkoba Polda Riau perihal adanya transaksi narkotika dalam jumlah yang besar.

“Pada 29 Januari 2023, Ditresnarkoba Polda Riau kembali menunjukan kinerja luar biasa. Tidak henti-hentinya melakukan pengungkapan, baik menggunakan teknik-teknik didalam tindakan kepolisian, seperti control delivery, under cover buy, dan lainnya,” ucapnya.

“Terbukti pada pukul 17.00 WIB di wilayah Kota Pekanbaru, petugas berhasil melakukan penyergapan sekaligus upaya paksa kepolisian menangkap 5 tersangka yang mana 1 diantaranya meninggal dunia,” sambubg Irjen Iqbal.

Menurut Kapolda, pelaku ini sudah diperingatkan dengan tembakan, tetapi pelaku berkali-kali meluncurkan kendaraannya kearah petugas.

“Kalau tidak diambil tindakan tegas dan terukur akan membahayakan petugas. Ini adalah bentuk ancaman seketika dan kita harus menghentikan itu. Jika tidak, akan mengancam nyawa petugas atau nyawa masyarakat. Apabila mengancam petugas atau masyarakat, selaku petugas kita wajib menghentikan,” pungkasnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto merincikan, tim yang mengorek informasi hari itu mendapati target operasi sedang berada di sekitar SPBU Jalan Arifin Achmad.

“Dilakukan penyeldikan terhadap target operasi. Kemudian diperoleh informasi diduga sebuah mobil pick up jenis colt diesel memuat kelapa yang mana dibawahnya terdapat 14 karung narkoba,” ungkap Sunarto.

Mobil pembawa kelapa dengan muatan narkoba tersebut kemudian berjanji untuk bertransaksi dengan sebuah mobil minibus di Jalan Rambutan IIII, Pekanbaru, sambungnya.

Baca Juga:  Cooling Sistem Jelang Pemilu, Polsek Bantan Sidak Pelabuhan Internasional Selatbaru

Tim kemudian meminta agar pembawa mobil kelapa tersebut menemui pria yang belakangan diketahui berisikan beberapa orang tersangka.

“Saat di lokasi pertemuan, tim berhasil menangkap beberapa orang. Salah satunya adalah AS alias GUS dia sebagai koordinator yang mendapat perintah langsung dari DPO di malaysia. Kemudian juga ada pengendali semua kurir yakni saudara RF yang sudah meninggal,” tutup Sunarto.(ril)

Artikel ini telah dibaca 390 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Cabang Fahmil Qur’an Putra Kabupaten Bengkalis Raih Juara Pertama MTQ Ke-42 Tingkat Provinsi Riau

25 April 2024 - 08:11 WIB

Serentak, DPD dan DPC PDIP Se-Riau Buka Penjaringan Bacalon Kepala Daerah, Kaderismanto: Bengkalis dan Pelalawan Usung Kader Terbaik

24 April 2024 - 17:42 WIB

Breaking news, KPU Resmi Tetapkan Prabowo-Gibran Pemenang Pilpres

24 April 2024 - 13:11 WIB

DPC PDI-P Buka Penjaringan Khusus Wakil Bupati Untuk Dampingi Kasmarni

24 April 2024 - 08:28 WIB

DPC PDI-P Kabupaten Bengkalis Buka Penjaringan Bakal Cabup dan Cawabup 2024

23 April 2024 - 22:53 WIB

Gerebek Bekas Gudang Semen, Tim Gabungan BPOM Pekanbaru Temukan Ribuan Kardus Kosmetik dan Obat Ilegal

23 April 2024 - 21:02 WIB

Trending di Hukrim