Menu

Mode Gelap

Hukrim · 19 Mei 2022 17:17 WIB ·

Polda Riau Amankan 2 Otak Pelaku TPPU Beserta BB Senilai Milyaran Rupiah


 Teks foto : Wakapolda Riau, Brigjen Tabana saat menggelar konferensi pers di mapolda Riau, Kamis (19/05/3022). Perbesar

Teks foto : Wakapolda Riau, Brigjen Tabana saat menggelar konferensi pers di mapolda Riau, Kamis (19/05/3022).

PRODESANEWS.COM | PEKANBARU – MI (42), warga asal Medan Sumut yang merupakan Otak pelaku Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU), berhasil diamankan Ditresnarkoba Polda Riau. Tersangka MI sempat melarikan diri dari pengejaran polisi di tempat persembunyiannya di Jalan Nuansa, Desa Bahtera Makmur, Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rohil.

Kemudian kasus TTPU kedua dengan tersangka MS (28), warga asal Kaltim ini diamankan di Lapas kelas II A Tenggarong Kutai Kartanegara Kalimantan Timur pada Kamis, 07 April 2022 lalu.

Selain para tersangka, 5 unit mobil mewah, 3 unit sepeda motor dan beberapa bidang tanah disita Penyidik Ditresnarkoba Polda Riau. Tidak hanya itu saja, uang tunai sejumlah 783 juta rupiah juga turut disita dari sindikat narkoba tersebut. Tak tanggung-tanggung, jumlah keseluruhan ditaksir mencapai 3,2 milyar.

Barang dan uang haram tersebut merupakan hasil yang dikumpulkan para pelaku dan pengedar narkoba yang bahkan salah satunya dikendalikan oleh narapidana dari dalam Lembaga Pemasyarakatan.

Wakapolda Riau Brigjen Tabana Bangun didampingi Wakil Gubernur Riau Brigjen TNI (Purn) H Edy Natar Nasution, perwakilan dari Kajati Riau, Ka BNNP, perwakilan LAM Riau serta dari Gerakan Nadional Anti Narkoba (Granat) Riau menuturkan tentang pengungkapan tindak pidana pencucian uang dan pemusnahan barang bukti narkoba merupakan informasi publik atas pelaksanaan tugas Kepolisian dalam penangani kasus penegakkan hukum yang dilakukan Polda Riau.

“Terkait kasus tindak pidana pencucian uang yang berkaitan dengan jaringan peredaran narkoba diwilayah polda Riau dan Kaltim, pada Selasa 15 Maret 2022 lalu didaerah kabupaten Rohil telah ditangkap tersangka MI yang melakukan transaksi penjualan narkotika, dan berdasarkan hasil pemeriksaan telah diduga melakukan tindak pidana pencucian uang. Barang bukti yang berhasil disita oleh penyidik adalah 1 unit mobil merek jeep wrangler Rubicon , 1 unit mobil nissan terano, 1 Unit mobil mitsubishi pajero, 1 unit mobil ford ranger , 3 unit sepeda motor dan berbagai dokumen diantaranya 2 surat kepemilikan tanah SKGR,” urai Brigjen Tabana saat menggelar konferensi pers di mapolda Riau, Kamis (19/05/3022).

Baca Juga:  Perayaan Imlek Tahun Ini, Pedagang Kuliner di Vihara Hok Ann Kiong Ketiban Rezeki

Selanjutnya Wakapolda menjelaskan kasus yang melibatkan tersangka MS di Lapas Tenggarong tersebut berawal dari tertangkapnya 2 orang pelaku di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru pada Selasa, 29 Maret 2022, dari hasil pemeriksaan para pelaku mengakui sebagai suruhan dari narapidana yang berada di Lapas.

“Tersangka MS saat ini sedang menjalani sisa hukuman di Lapas Kaltim dan dalam waktu dekat apabila sudah menyelsaikan hukuman akan dilakukan penyidikan lebih lanjut terhadap kasus pencucian uang tersebut,” janji Tabana.

Sementara itu Wakil Gubernur Riau H Edy Natar Nasution mengatakan atas nama pemerintah Provinsi Riau mengapresiasi setinggi tingginya atas kinerja Polda Riau terkait pengungkapan narkoba dan tindak pidana penyucian uang oleh Ditresnarkoba.

“Saat ini kita saksikan kasus peredaran narkoba dan bagaimana mereka melakukan pencucian uangnya. Saya atas nama pemerintah Provinsi Riau menghimbau seluruh elemen masyarakat agar berperan aktif dalam melawan tindak pidana narkoba guna untuk menyelamatkan generasi muda,” pungkasnya.(ril)

Artikel ini telah dibaca 236 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pemdes Pedekik Salurkan Dana BLT Tahap II Untuk Tiga Bulan Sebanyak 102 KPM

30 Juni 2022 - 18:20 WIB

Ikut Rakor Bersama Gubernur Se-Sumatera, Bupati Kasmarni Bahas 5 Poin Penting

30 Juni 2022 - 13:15 WIB

Pencari Suaka Asal Myanmar Ditangkap Imigrasi Rohil

27 Juni 2022 - 17:07 WIB

Dibuka Gubernur Riau, Gebyar Makan Durian di Desa Berencah Sukses Terselenggara

27 Juni 2022 - 10:10 WIB

Road To 76, Kapolda Riau Lakukan Kick Off dan Jump Ball

27 Juni 2022 - 08:28 WIB

Konferprov XV PWI Riau di Bengkalis Berjalan Lancar, PWI Bengkalis Sampaikan Terimakasih Atas Dukungan Bupati Bengkalis

25 Juni 2022 - 19:39 WIB

Trending di Sorot