Menu

Mode Gelap

Pemerintahan Daerah · 27 Mei 2023 11:26 WIB ·

Pemkab Bengkalis Ajak Gekrafs Bersinergi Kembangkan Produk Ekonomi Kreatif


 📷 Pelantikan pengurus Daerah Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs) Kabupaten Bengkalis periode 2023-2025. Perbesar

📷 Pelantikan pengurus Daerah Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs) Kabupaten Bengkalis periode 2023-2025.

PRODESANEWS.COM | BENGKALIS – Agar ekonomi kreatif bisa lebih maju dan berdaya, peran pengurus gerakan ekonomi kreatif nasional tentunya sangat diharapkan.

Hal ini diungkapkan Bupati Bengkalis dalam penyampaiannya melalui Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) H.Ismail saat pelantikan pengurus Daerah Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs) Kabupaten Bengkalis periode 2023-2025, bertempat di Aula GTK Lantai ll Poltek Bengkalis, Sabtu (27/05/2023).

“Ekraf kita di Negeri Junjungan ini memang memiliki berbagai tantangan serta hambatan, namun semua tantangan dan hambatan tersebut tentunya harus bisa kita jadikan sebagai peluang. Dan disinilah kami harapkan peran Gekrafs untuk bisa mensupport, membina dan memberdayakan para pelaku ekraf kita agar bisa lebih maju dan sejahtera serta mampu bersaing di dunia global,” kata Ismail.

Ia melanjutkan, Kabupaten Bengkalis ini memiliki begitu banyak potensi produk ekonomi kreatif yang bisa dikembangkan, seperti produk holtikultura, kerajinan tangan, olahan kuliner maupun potensi usaha batik, tenun lejo dan sebagainya.

“Bahkan produk ekraf kita dari segi kualitas, juga tidak kalah dengan produk-produk daerah lainnya,” ucap Ismail.

Namun menurut Ismail, minimnya pemanfaatan serta kualitas kompetensi sumber daya manusia, khususnya para pelaku ekraf dalam menguasai digital, sehingga membuat minim inovasi dan kreatifitas.

“Oleh karenanya dalam kesempatan ini kami mengajak pengurus Gekrafs, mari kita kuat komitmen, sinergi dan kolaborasi, dalam memajukan serta mengembangkan produk ekonomi kreatif yang dihasilkan pelaku ekraf kita. karena jika pelaku ekraf dan UKM kita maju, ekonomi akan tumbuh dan masyarakat menjadi tangguh serta sejahtera”, ucapnya.

Di akhir sambutan, Ismail menyampaikan bahwa sempena peringatan Hari Kartini pada Jum’at, 26 mei 2023 kemarin, salah seorang pelaku ekraf yakni ibu Dewi Melinda telah menerima penghargaan sebagai perempuan berjasa dan berprestasi dibidang lingkungan hidup dari Gubernur Riau melalui kreatifitas pengolahan dan pemanfaatan limbah biji karet atau kara menjadi produk panganan lokal, dan saat ini sudah menasional bahkan sedang merambah ke dunia internasional.

Baca Juga:  Bupati Kasmarni Sambut Kunker Danrem 031/Wirabima ke Bengkalis

“Tentunya prestasi ini harus bisa kita jadikan pondasi kuat, bahwa pelaku ekraf yang ada di daerah ini juga bisa berhasil dan berdaya dengan memanfaatkan segala potensi yang ada.” tutupnya.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Dewan Pimpinan Pusat Bidang Event dan Sosialisasi Program Ferry Ardiansyah, Ketua Gekrafs DPW Riau Dendy Nugraha, Bendahara Gekrafs DPW Riau Octaviani Putri Pertiwi, Sekretaris Gekrafs DPW Riau Shiella Priscilla, Dandim 0303/Bengkalis Letkol Inf Endik Yunia H diwakili Serma H.B. Sitinjak , Ketua DPH LAMR Bengkalis Datuk Sri Sofyan Sahid, Pimpinan Alburda Bengkalis Abah Fadli serta tamu undangan lainnya(Inf/ril).

Artikel ini telah dibaca 64 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

33 Peserta Kafilah Bengkalis Tampil di Hari Pertama MTQ Riau

22 April 2024 - 14:08 WIB

Kantor Pertanahan Kabupaten Bengkalis Ikuti Kegiatan Puncak Gerakan Sinergi Reforma Agraria Nasional se-Indonesia

22 April 2024 - 13:32 WIB

Hadiri Pembukaan MTQ Ke-42 Tingkat Provinsi Riau, Bupati Bengkalis Serahkan Piala Bergilir Juara Umum

21 April 2024 - 22:48 WIB

Harapan Kasmarni, Kafilah Bengkalis Kembali Raih Juara Umum di MTQ Tingkat Provinsi Riau di Dumai

21 April 2024 - 13:05 WIB

Bupati Bersama Wapup dan Ribuan Masyarakat Bengkalis Ikut Pawai Ta’aruf MTQ Riau di Dumai

21 April 2024 - 11:32 WIB

Hadiri Malam Ta’aruf dan Pengukuhan Majelis Hakim MTQ ke-42 tingkat Provinsi Riau, Bupati Harapkan Kafilah Bengkalis Tampil dan Peroleh Nilai Terbaik

20 April 2024 - 23:55 WIB

Trending di Pemerintahan Daerah