Menu

Mode Gelap

Pendidikan · 9 Mar 2022 16:56 WIB ·

Jurusan TBSM SMKN 3 Bengkalis Menjadi Rebutan


 Teks foto : Kepala SMKN 3 Bengkalis Kusno didampingi Asman tengah melihat 4 siswa jurusan TBSM yang tengah mengikuti program bimbingan UKK. Perbesar

Teks foto : Kepala SMKN 3 Bengkalis Kusno didampingi Asman tengah melihat 4 siswa jurusan TBSM yang tengah mengikuti program bimbingan UKK.

PRODESANEWS.COM | BENGKALIS – Program Otomotif dengan Kompetensi Keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) di SMKN 3 Bengkalis, menjadi jurusan yang diperebutkan.

Diungkapkan Kepala SMKN 3 Bengkalis, Kusno bahwa jurusan TBSM ini ramai diminati calon siswa, tetapi karena yang diterima hanya sekitar 30an siswa, makanya setiap tahun sekolah ini banyak melepaskan siswa yang kompeten.

Saat media ini menyambangi ruang praktek TBSM di sekolah yang terletak di Desa Kelapapati ini, terlihat berbagai merk mesin sepeda motor tergeletak di atas masing-masing wadah. Di ruang praktek sebelah pula, terlihat perlengkapan bengkel yang harganya lumayan juga tersedia.

“Menghadapi UKK, anak-anak harus dilatih dan dibimbing sesuai SNI (Standar Nasional Indonesia) yang ditetapkan”.

Hal tersebut disampaikan Asman, guru Teknik Bisnis Sepeda Motor yang sejak 2018 telah menjadi guru SMKN 3 Bengkalis ini, Rabu (09/03/2022).

Saat ditanyakan berapa orang alumni sekolah ini yang buka bengkel sendiri baik dalam Bengkalis maupun luar pulau, Asman menuturkan, “Kalau di luar Bengkalis kita kurang tahu juga cuma kalau di sini ada di daerah (desa) Resam Lapis, Selat Baru, juga di Jalan HOS Cokroaminoto Bengkalis yang buka bengkel sendiri. Meskipun mereka sudah tamat sekolah tapi masih melakukan komunikasi dengan kami. Selain itu, ada yang bekerja di bengkel mobil, ada di bengkel sepeda motor dan ada di Dumai sekarang sudah menjadi mandor,” terangnya.

Diakui Asman, selama proses belajar mengajar, materi pelajaran dikurangi, fokus kepada prakteknya. “Karena di lapangan, pekerjaan itu yang dicari skillnya bukan tentang materinya. Kalau materi, anak-anak cukup mengetahui di mana tata letaknya, komponen-komponen dan fungsinya setelah itu baru diterjunkan praktek,” bebernya.

Asman juga berpesan kepada para siswanya supaya jangan terlalu main-main dalam belajar baik dalam praktek maupun di luar sekolah. Sekarang ini jika mau belajar otomotif di media sosial itu misalnya Youtube kan banyak sekali, tinggal mendalami lagi di sekolah, pungkasnya.*(ril)

Baca Juga:  Wakili Bupati Bengkalis, Bagus Santoso Resmi Tutup Konferprov PWI Riau Ke-XV
Artikel ini telah dibaca 270 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Inflasi di Riau Capai 7 Persen, Gubri : Ada Beberapa Upaya Yang Akan dilakukan TPID

10 Agustus 2022 - 19:00 WIB

Pedagang Bendera Musiman Keluhkan Sepinya Pembeli

10 Agustus 2022 - 15:02 WIB

Bagun Sinergi, Kasat Reskrim Coffe Morning Dengan Sejumlah Wartawan

9 Agustus 2022 - 16:29 WIB

Ini Ucapan Serta Harapan Menteri dan Sejumlah Gubernur Pada HUT Ke-65 Provinsi Riau

9 Agustus 2022 - 15:25 WIB

Jamaah Thoriqoh Naqsyabandiah Kholidiyah Desa Pedekik Gelar Acara Pringatan Tahun Baru Hijriyah Serta Penutupan Suluk

9 Agustus 2022 - 12:18 WIB

Gubri Syamsuar : Kado Spesial HUT Ke-65 Provinsi Riau

9 Agustus 2022 - 01:02 WIB

Trending di Regional