Menu

Mode Gelap

Pemerintahan Daerah · 21 Apr 2022 08:05 WIB ·

DPRD Bengkalis Gelar Rapat Paripurna, Bahas Laporan Banggar Terhadao LKPJ Bupati TA 2021


 Teks foto : DPRD Bengkalis Gelar Rapat Paripurna, Bahas Laporan Banggar Terhadao LKPJ Bupati TA 2021. Perbesar

Teks foto : DPRD Bengkalis Gelar Rapat Paripurna, Bahas Laporan Banggar Terhadao LKPJ Bupati TA 2021.

PRODESANEWS.COM | BENGKALIS – DPRD Kabupaten Bengkalis menggelar Rapat Paripurna membahas laporan Badan Anggaran Terhadao LKPJ Bupati Bengkalis akhir tahun anggaran 2021. Pari Purna dipimpin langsung oleh ketua DPRD H.Khairul Umam.Lc, Selasa,(19/04/2022).

Dalam memimpin rapat paripurna, Ketua DPRD H Khairul Umam tidak sendiri, tampak hadir mendampingi ketua DPRD Wakil ketua I Syahrial ST dan Bupati Bengkalis Kasmarni.

Sidang paripurna dimulai dengan laporan dari juru bicara Badan Anggaran oleh anggota Febriza luwu yang menyanpaikan laporannya terhadap LKPJ Bupati bengkalis tahun 2021 mengenai Rancangan peraturan daerah.

dalam laporannya mewakili Badan Anggaran DPRD memberikan apresiasi atas kinerja Pemerintah Kabupaten Bengkalis pada tahun 2021 yang telah meraih penilaian tertinggi realisasi pendapatan daerah oleh kementrian Dalam Negri Republik Indonesia.

“Kami mengapresiasi kinerja Pemerintah Kabupaten Bengkalis pada tahun 2021 yang meraih penilaian tertinggi realisasi pendapatan daerah oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) harus ditingkatkan, menggali potensi sumber-sumber PAD baru harus dilakukan secara maksimal oleh perangkat daerah terkait,” ucapnya.

Dalam laporan tersebut, Sebanyak 7 Fraksi menerima laporan Banggar terhadap LKPJ Bupati Bengkalis Tahun Anggaran 2021 untuk dibahas dan ditindaklanjuti ke tahap selanjutnya dengan beberapa catatan agar mendapat perhatian dan respon positif yang sungguh-sungguh dari pemerintah daerah.

Dimana catatan tersebut yang disampaikan oleh Fraksi Golongan Karya berkaitan dengan OPD yang berkompeten sehingga koordinasi antara eksekutif dan legislatif bisa terlaksana, selanjutnya Fraksi Partai Amanat Nasional menyampaikan banyaknya para pedagang yang berjualan di trotoar terutama di Jalan Sudirman dan Jalan Gatot Subroto sehingga trotoar yang berfungsi untuk pejalan kaki tidak bisa digunakan lagi dan ini akan menghambat penilaian Adipura bagi Kabupaten Bengkalis.

Baca Juga:  Hari Bakti PU ke 76, Dinas PUPR Bengkalis gelar Sejumlah Kegiatan dan Lomba

Selain itu Fraksi Kebangkitan Bintang Demokrat menyampaikan bahwa pemerintah daerah harus menginventarisir dan memetakan potensi-potensi wajib pajak dan potensi-potensi yang bisa dimaksimalkan, terakhir Fraksi Nasdem Persatuan Pembangunan Indonesia menyampaikan infrastruktur jalan yang ada di Desa Teluk Lancar diharapkan untuk segera direalisasikan.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Bengkalis Kasmarni menanggapi apa yang sudah disampaikan oleh beberapa anggota fraksi DPRD terkait laporan LKPJ Mengatakan bahwah untuk tahun 2021 sudah banyak target yang sudah direalisasikan, dengan keberhasilan yang dicapai sehingga dirasakan langsung oleh masyarakat, hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya pengakuan dan penghargaan oleh berbagai pihak terhadap kemajuan pembangunan di berbagai bidang yang telah dicapai pemerintah.

“Dimana pada tahun 2021 sudah banyak keberhasilan yang telah kita capai dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, hal tersebut dibuktikan banyaknya pengakuan dan penghargaan dari berbagai pihak terhadap kemajuan pembangunan dalam berbagai bidang yang telah dicapai oleh Pemerintah Kabupaten Bengkalis,” ujarnya.

Selain itu, Kasmarni juga mengatakan bahwa pada akhir tahun 2021 yang lalu sebagaimana yang telah disampaikan oleh Menteri Dalam Negeri, Kabupaten Bengkalis merupakan daerah dengan predikat pendapatan daerah tertinggi se-Indonesia dengan capaian target sebesar 125,51%, begitu pula halnya dengan hasil pemeriksaan Keuangan oleh BPK-RI perwakilan Riau sampai tahun 2020 secara berturut-turut sebanyak delapan kali, dan telah meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan pemerintah daerah.

“Artinya dengan penilaian BPK tersebut menjadi motivasi serta spirit bagi kita pemerintah daerah untuk lebih meningkatkan kinerja termasuk dalam pengelolaan, penatausahaan dan pertanggungjawaban keuangan daerah dan kami sangat mengharapkan dukungan dari rekan-rekan pimpinan anggota DPRD untuk memperkuat komitmen pembangunan melalui pelaksanaan rencana kerja pemerintah daerah tahun 2022 dan penyiapan rencana kerja Pemerintah Daerah 2023 yang semakin partisipatif dan adaptif terhadap aspirasi dan kebutuhan masyarakat,” tegasnya.

Baca Juga:  Dandim 0303/Bengkalis Dampingi Bupati Kasmarni Buka Event Tahunan Sampan Layar

Setelah penyampaian laporan LKPJ, dilanjutkan dengan Paripurna penetapan Panitia Khusus Pokok-Pokok Pikiran dan Perubahan AKD DPRD Kabupaten Bengkalis.(*)

Artikel ini telah dibaca 13 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bersama Wagub, Bupati Kasmarni Ikuti Apel Bersama Di Ponpes Nurul Hidayah

2 Agustus 2022 - 16:25 WIB

Menyongsong Tahun Baru Hijriyah, Bupati Bengkalis Lepas Ribuan Peserta Pawai Taa’ruf

31 Juli 2022 - 11:53 WIB

Kabar Gembira, Pelabuhan BSSR Selat Baru Resmi Bebas Visa

27 Juli 2022 - 09:40 WIB

Seramai 101 Kafilah MTQ Kabupaten Bengkalis Berangkat ke Negeri Seribu Kubah

22 Juli 2022 - 11:32 WIB

Lawatan Wabup ke Siak Kecil, Ada Petani Padi di Antara Perkebunan Sawit

5 Juli 2022 - 16:15 WIB

Ikut Rakor Bersama Gubernur Se-Sumatera, Bupati Kasmarni Bahas 5 Poin Penting

30 Juni 2022 - 13:15 WIB

Trending di Pemerintahan Daerah