Menu

Mode Gelap

Uncategorized · 24 Nov 2023 11:18 WIB ·

Dispersip Gelar Kegiatan Gerakan Gemar Budaya Membaca


 Kadis Persip Hendrik Dwi yatmoko bersama Sekretaris El Munir Kepala Bidang pengembangan perputakaan< Rospelia di acara Kegiatan Gerakan Budaya Gemar Membaca Perbesar

Kadis Persip Hendrik Dwi yatmoko bersama Sekretaris El Munir Kepala Bidang pengembangan perputakaan< Rospelia di acara Kegiatan Gerakan Budaya Gemar Membaca

Bengkalis,PRODESANEWS.COM– Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tuan Guru Haji Ahmad Kabupaten Bengkalis, Hendrik Dwi Yatmoko, S.Sos, MT didampingi Drs. H Elmunir, Sekretaris Dispersip Kabupaten Bengkalis dan Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca (P3KM) Rospelia, SH beserta jajaran lainnya, melakukan kegiatan Gerakan Budaya Gemar Membaca, di Ruang Pendopo (Aula) dan Panggung Pentas Seni Lantai Dua Gedung Dispersip Kabupaten Bengkalis, Kamis (23/11/2023)

Kegiatan Gerakan Budaya Gemar Membaca ini dibuka langsung oleh Kadispersip Bengkalis Hendrik Dwi Yatmoko, S.Sos, MT bersama Kabid P3KM Dispersip Bengkalis Rospelia, SH. Adapun para peserta dihadiri oleh perwakilan dari masing-masing pelajar baik dari TK, SD, SMA, SMK, Politeknik, STAIN maupun masyarakat umum Kabupaten Bengkalis.

Kadis Persip Hendrik Dwi Yatmoko

Selain melakukan penjelasan terkait Gerakan Budaya Gemar Membaca, kegiatan ini juga diisi dengan melakukan perlombaan Mendongeng yang terdiri dari 6 orang peserta dari tingkat SD dan kegiatan mendengarkan dongeng yang diikuti oleh anak-anak TK dan PAUD.

Didalam kegiatan ini juga, Dispersip Kabupaten Bengkalis memberikan penghargaan atau mengapresiasi kepada para pengunjung terbaik saat mengikuti kegiatan tersebut, baik dari TK, SD, SMA, SMK, Politeknik, STAIN maupun masyarakat umum Kabupaten Bengkalis.

Kepala Dinas Perpustakaan Dan kearsipan Tuan Guru Ahmad, Hendrik Dwi Yatmoko dalam sembutannya mengatakan, bahwa Dispersip Bengkalis berupaya memberikan motivasi serta memfasilitasi para pelajaruntuk memperoleh kemudahan dalam memperoleh litersi.

Rospelia SH

Dalam hal tersebut salah satu hal penting yang dilakukann Dinas Perpustakaan dan ke arsipan adalah menyediakan perputakaan lengkap bagi dunia Pendidikan. Tidak hanya itu, Dispersip bengkalis juga menggalakan gerakan budaya membaca untuk kalangan pelajar tingkat SD hingga SMA.

“Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bengkalis berupaya memfasilitasi adanya literasi yang lengkap di perpustakaan Dinas Perpustakaan ini, selain itu kita juga berupaya menggerakkan budaya membaca dikalangan pelajar baik dari tingkat SD hingga SMA,” Ujarnya.

Baca Juga:  Rakortek Bersama Bupati, Kadis Persip Ungkap Hasil Review Keberhasil Tahun 2022

Selain itu,dalam kesempatam itu, mantan Kadis Diskominfotik itu juga menjelaskan, bahwa kegiatan yang dilakukan saat ini dalam Upaya pengembangan dan pemberdayaan kegemaran membaca guna meningkatkan indeks literasi Masyarakat khususnya para pelajar dalam rangka meningkatkan kualitas sumberdaya manusia serta mendukung terlaksananya program Tansformasi PErpustakan BErbasis Ingklusi Sosial.

“Kegiatan ini dilakukan dalam upaya pengembangan dan pemberdayaan kegemaran membaca, guna meningkatkan indeks literasi masyarakat dan para pelajar, untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta mendukung dan melaksanakan program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) dengan tujuan ‘Literasi Untuk Kesejahteraan,” yang berada di wilayah Kabupaten Bengkalis.” Ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tuan Guru Ahmad, El Munir mengatakan, bahwa tradisi kegemaran membaca merupakan budaya orang-orang maju dan yang berkiinginan kuat dalam menggapai cita-cita, dan budaya membaca mesti terus digalakkan kepada pelajar sehingga memiliki wawasan yang luas.

“Kita akan terus menggalakan budaya membaca dukalangan pelajar, agar para pelajar mencintai ilmu pengetahuan dan menambah wawasan, dan budaya membaca ini merupakan budaya negara maju, dimana semakin tinggi wawasan masyarakatnya maka negara juga akan maju dan juga sebaliknya,” ujarnya.

El Munir juga berharap dengan gerakan budaya membaca, seluruh komponen yang terlibat dalam dunia Pendidikan baik pihak sekolah guru dan lainnya dapat berkerja sama bagaimana gerakan budaya membaca dapat dijalankan.

“dan tentunya kita semua berharap gerakan budaya membaca ini juga mesti diusarakan oleh pihak-pihak yang terlibat dalam dunia Pendidikan, dengan demikan bahwa budaya kegemeran membaca benar-benar dapat tersosialisasi ditengah-tengan Masyarakat kita khusunya pelajar,” tutupnya.

Sementara itu Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan, Rospelia SH dalam sambutannya menyampaikan program pritas pengembangan perpustakaan, menurutnya semua yang dilakukan saat ini dalam rangka mendorong terwujudnya gerakan budaya gemar membaca.

Baca Juga:  KONI Bengkalis Gelar Rapat Finalisasi Persiapan Porprov X Kuansing

“Kita terus berupaya dengan apa yang kita lakukan saat ini bagaimana gerakan budaya gemar membaca dapat terlaksana,” ujarnya.

 

 

 

Artikel ini telah dibaca 9 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Menpan RB Akan Angkat Honorer jadi ASN Jika Data Terverifikasi dan Tervalidasi Di BKN,

24 April 2024 - 14:31 WIB

Di Usia 96 Tahun, Empu Jamu Indonesia juga Pendiri Mustika Ratu, Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia

24 April 2024 - 08:48 WIB

Ingat Mati, Inilah Gambaran Siksa Kubur

17 April 2024 - 07:33 WIB

Pasca Lebaran, H Bustami HY Pimpin Apel Perdana Dilingkup Setda

16 April 2024 - 21:17 WIB

Ade Salvianto Laporkan Pengusaha Tambak Udang Diduga Serobot Tanah Orangtuanya

14 Maret 2024 - 18:27 WIB

Anggota PWI Digesa Wajib UKW Atau Gugur Dari Keanggotaan

1 Maret 2024 - 11:10 WIB

Trending di Terkini