Menu

Mode Gelap

Pemerintahan Daerah · 18 Apr 2022 19:05 WIB ·

Bupati Bengkalis Kasmarni Buka Pasar Murah, 35.000 Paket Sembako Disiapkan Untuk KPM


 Teks foto : Bupati Bengkalis Kasmarni didampingi OPD terkait foto bersama keluarga penerima manfaat usai kegiatan pembukaan pasar murah di Kecamatan Pinggir Kabupaten Bengkalis, Senin (18/04/2022), Perbesar

Teks foto : Bupati Bengkalis Kasmarni didampingi OPD terkait foto bersama keluarga penerima manfaat usai kegiatan pembukaan pasar murah di Kecamatan Pinggir Kabupaten Bengkalis, Senin (18/04/2022),

PRODESANEWS.COM | PINGGIR – Jelang Hari Raya Idul Fitri 2022/1443 H, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Bengkalis menggelar pasar murah di sejumlah titik di Kabupaten Bengkalis.

Maksud dan tujuan Pemda melaksanakan pasar murah ini adalah sebagai salah satu solusi untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan bahan pokok dengan harga terjangkau.

Seluruh paket sembako murah ini dibagikan dengan menggunakan kupon yang sebelumnya telah disebar di desa – desa yang ada di Kabupaten Bengkalis, sesuai dengan jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Di Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis, Bupati Kasmarni membuka pasar murah Kabupaten Bengkalis, Senin (18/4/2022), bertempat di Kantor Camat Pinggir, penyerahan sembako tersebut dilakukan secara simbolis kepada 3 orang penerima manfaat.

Foto : Bupati Bengkalis Kasmarni didampingi OPD terkait saat pembukaan kegiatan pasar murah di Kecamatan Pinggir Kabupaten Bengkalis.

Pada pelaksanaan kegiatan pasar murah tahun 2022 kali ini, Pemerintah Kabupaten Bengkalis, telah menyediakan sebanyak 35.000 paket sembako yang terdiri dari 10 kilogram beras, 2 liter minyak goreng, dan 2 kilogram gula pasir, yang diperuntukkan kepada masyarakat di 155 Desa/Kelurahan dalam wilayah Kabupaten Bengkalis.

Adapaun yang menjadi sasaran penerima kupon paket sembako murah tersebut adalah masyarakat kurang mampu, dan tidak ASN, TNI/Polri, pegawai BUMN/BUMD, dan juga Tenaga Honorer.

Kegiatan pasar murah di Kecamatan Pinggir ini merupakan kecamatan pertama yang melaksanakan pasar murah, kedepannya akan dilakukan di 11 kecamatan lainnya se-Kabupaten Bengkalis.

Hal tersebut disampaikan Bupati Kasmarni dalam sambutannya saat membuka kegiatan pasar murah tersebut. Ia juga mengatakan, kepada Pemerintahan Desa agar penyaluran sembako murah tersebut harus tepat sasaran berdasarkan masyarakat yang benar-benar layak mendapatkanya.

Foto : Bupati Bengkalis Kasmarni saat penyampaiannya pada kegiatan pembukaan pasar mirah di Kecamatan Pinggir Kabupaten Bengkalis.

“Jadi nantinya, paket sembako yang diserahkan memang harus tepat sasaran. Kami yakin dengan kehadiran pasar murah yang harganya relatif lebih murah di bandingkan harga di pasaran umum karena adanya subsidi dari Pemerintah dapat membantu masyarakat menengah ke bawah,” ucapnya.

Baca Juga:  Inilah Nama-Nama Pejabat Fungsional Yang Dilantik Bupati Bengkalis

Bupati juga menegaskan kepada kepala desa dan lurah agar dapat memprioritaskan kepada masyarakat ekonomi lemah.

“Jangan sampai keberadaan pasar murah justru dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab,” tegasnya.

Bupati juga megingatkan kepada panitia, RT/RW serta pengurus desa agar tidak mengutamakan keluarga nya dulu melainkan masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

“Saya tekankan kepada panitia, RT/RW dan pengurus Desa untuk tidak memilih-milih dalam pembagian ini. Jangan mentang-mentang saudara, itu yang diprioritaskan, saya tidak mau dengar itu,” ujar Kasmarni.

Foto : Bupati Bengkalis Kasmarni bersama OPD terkait saat pembukaan pasar murah di Kecamatan Pinggir Kabupaten Bengkalis.

Masih kata Bupati Kasmarni, pasar murah yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Bengkalis tentu tidak bermaksud untuk menjadi pesaing bagi pedagang yang berada di pasar tradisional hal ini dilakukan untuk memperlancar distribusi barang di tengah-tengah masyarakat.

“Makanya, kami berharap kehadiran pasar murah ini dapat memberikan keringanan kepada warga kurang mampu. Dan kepada masyarakat yang sudah mampu saya harap berikanlah kesempatan kepada yang memang betul-betul membutuhkan,” terangnya.

Hadir dalam pembukaan pasar murah tersebut, Kejari Bengkalis diwakili Kasi Datun Agis Sahputra, Staf Ahli Bupati bidang SDM dan Kemasyarakatan Alfakhrurrazy, Staf Ahli Bupati bidang Politik, Hukum dan Pemerintah Toharuddin, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Bengkalis H. Heri Indra Putra, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bengkalis Zulfan, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bengkalis Suwarto, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis dr. Ersan Saputra, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bengkalis Hj. Martini.

Foto : Secara simbolis Bupati Bengkalis Kasmarni menyerahkan paket sembako murah kepada keluarga penerima manfaat.

Lalu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Bengkalis Rinto, Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bengkalis Surya Suhersi, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bengkalis Supandi, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bengkalis H. Raja Airlangga, Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Bengkalis Syahruddin, Kasatpol PP Bengkalis Hengki Kurniawan.

Baca Juga:  Sebanyak 34 PDE dan 68 PDP Lulus Seleksi Pendamping Desa

Kemudian Tenaga Ahli Bupati, H. Mustafa Kamal, Isa Selamat, dan Suparjo, Camat Pinggir Azuar, Camat Talang Muandau Nasrizal, Camat Bathin Solapan Aulia Army Effendi, Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah Bengkalis Kevin Rafizariandi, Kepala Bagian Prokopim Sekretariat Daerah Bengkalis Syafrizal, Pimpinan Cabang Bank Riau Kepri Bengkalis Herry Saputra.

Sementara itu, Menanggapi kegiatan pasar murah yang dilakukan Bupati, Kadis Disperindag Zulpan mengatakan bahwa kegiatan tersebut diadakan Bupati dalam rangka memberikan rasa nyaman kepada masyarakat bengkalis terutama dalam memenuhi kebutuhan bahan pokok masyarakat kurang mampu di kabupaten bengkalis.

“Perhatian bupati kepada masyarakat agar masyarakat merasa nyaman terutama dalam memenuhi kebutuhan bahan pokok menjelang hari raya idul fitri,”ujarnya.

Foto : Bupati Bengkalis Kasmarni menyerahkan paket sembako murah kepada salah seorang keluarga penerima manfaat.

Salah seorang penerima paket, Nuraini (56) mengatakan sangat terbantu dengan adanya sembako murah dari Pemkab Bengkalis ini. Ia mengaku baru pertama kali dapat bantuan sembako.

“Murah benar harganya, baru tahun ini dapat. Alhamdulillah kami sangat senang terima kasih Pemerintah sudah bantu, mudah-mudahan tahun depan ada lagi,” harapnya.

Senada dengan Nuraini, seorang warga penerima kupon murah lainnya, Sulaiman (66) mengatakan, dengan adanya program pasar murah oleh Pemda sangat membantu sekali dalam memenuhi kebutuhan menjelang lebaran, menurutnya dengan naiknya sejumlah bahan pokok yang tidak di imbangi tambahan pendapatan sangat membebani masyarakat.

“Dengan adanya sembako murah ini benar-benar membantu kami dari masyarakat ekonomi kebawah,” katanya.

Ia menambahkan, “Kami atas nama masyarakat mengucapkan terimakasih banyak kepada Pemerintah Daerah khususnya ibuk bupati atas program bantuan sembako murah bagi masyarakat,” pungkas Sulaiman.(*)

Artikel ini telah dibaca 45 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bersama Wagub, Bupati Kasmarni Ikuti Apel Bersama Di Ponpes Nurul Hidayah

2 Agustus 2022 - 16:25 WIB

Menyongsong Tahun Baru Hijriyah, Bupati Bengkalis Lepas Ribuan Peserta Pawai Taa’ruf

31 Juli 2022 - 11:53 WIB

Kabar Gembira, Pelabuhan BSSR Selat Baru Resmi Bebas Visa

27 Juli 2022 - 09:40 WIB

Seramai 101 Kafilah MTQ Kabupaten Bengkalis Berangkat ke Negeri Seribu Kubah

22 Juli 2022 - 11:32 WIB

Lawatan Wabup ke Siak Kecil, Ada Petani Padi di Antara Perkebunan Sawit

5 Juli 2022 - 16:15 WIB

Ikut Rakor Bersama Gubernur Se-Sumatera, Bupati Kasmarni Bahas 5 Poin Penting

30 Juni 2022 - 13:15 WIB

Trending di Pemerintahan Daerah