Menu

Mode Gelap

Sorot · 4 Des 2022 06:01 WIB ·

BPBD Bengkalis Lakukan Identifikasi Penyebab Banjir Di Kecamatan Bantan Penyebabnya Sungai Ciputih Mengalami Pendangkalan


 Sungai ciputih desa Pasiran Perbesar

Sungai ciputih desa Pasiran

PRODESANEW.COM.BENGKALIS – Banjir yang terjadi pada Jum’at (2/12) mengakibatkan sejumlah desa di kecamatan Bantan terendam banjir, setelah dilakukan identifikasi lebih dalam ternyata disebabkan penyempitan kedangkalan sungai ciputih desa Pasiran, banyak tanaman liar yang tumbuh di sungai menyebabkan air tidak mengalir dengan lancar, Sabtu, (3/12/2022).

Hal tersebut terungkap setelah Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) melalui Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi melakukan analisa dan identifikasi pada beberapa wilayah mengalami banjir di kecamatan Bantan.

Dalam tinjauan di lapangan di lakukan langsung oleh Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi diwakili Penata PB Ahli Muda Erzansyah, Staf RR Ahmad Hidayat serta Tim Rescue ketahui bahwa tidak lancarnya air sungai ciputih terjadi karena tumbuhnya tanaman liar menjadikan sungai menjadi dangkal menyebabkan arus air mengalir tidak seimbang dengan debit air yang datang sehingga terjadinya banjir pada wilayah tersebut.

“Setelah kita melakukan identifikasi serta analisa di beberapa lokasi benyebab terjadinya banjir karena tidak lancarnya arus sungai ciputih hal tersebut karena tumbuh tanaman liar sehingga Sungai menjadi dangkal sehingga air tidak mengalir deras,” Ungkap Erzansyah.

Lebih lanjut ia mengatakan terkait hasil analisa tersebut selanjutnya pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak terkait bagaimana secepatnya dilakukan rehabilitasi.

“Tentunya dengan analisa tersebut kita akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait agar secepatnya sungai tersebut bisa di rehabilitasi sehingga jika terjadi hujan deras tidak menimbulkan genangan air terlalu lama,” ujar nya.

Atas nama Kalaksa BPBD Bengkalis Erzan menghimbau agar masyarakat selalu waspada terhadap kemungkinan terjadinya bencana serta melakukan tindakan antisipasi agar hal-hal tidak di inginkan terjadi.

“Kami menghimbau agar masyarakat selalu waspada dan berdoa semoga terhindar dari bencana,” Tutup nya.

Baca Juga:  Warga Desa Kelemantan Minta Jalan Poros Dua Tahun Selesai Dibangun
Artikel ini telah dibaca 172 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

BKN Sampaikan Rilis Terkait Pendataan Ulang Non ASN

19 April 2024 - 16:12 WIB

KPU Riau Rekrut Anggota PPK dan PPS Pilkada Serentak 2024, Ini Jadwalnya

19 April 2024 - 07:53 WIB

Jawaban Bupati Kasmarni Soal Maju di Pilkada Kabupaten Bengkalis 2024

18 April 2024 - 11:52 WIB

Tiga Kali Menjambret, Warga Desa Kelapa Pati Dibekuk Satreskrim Polres Bengkalis

17 April 2024 - 16:08 WIB

Percepat Pembangunan Jembatan Bengkalis – Bukit Batu, PUPR Siapkan Rencana Pembebasan Lahan

17 April 2024 - 15:16 WIB

Disnakertrans Riau Turunkan Tim Pengawas Ke Perusahaan Yang Tunda Pembayaran THR Karyawan

17 April 2024 - 07:25 WIB

Trending di Sorot