Menu

Mode Gelap

Pendidikan · 2 Apr 2022 10:12 WIB ·

Antisipasi Keterlambatan PPDB, Disdik Riau Gandeng Diskominfotik Siapkan Server Aplikasi


 Teks foto : Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Kamsol. Perbesar

Teks foto : Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Kamsol.

PRODESANEWS.COM | PEKANBARU – Dinas Pendidikan (Disdik) provinsi Riau, bersama Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotik) Riau telah menyiapkan server untuk PPDB tahun 2022. Hal tersebut bertujuan untuk mengantisiapsi terjadinya kembali keterlambatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Kamsol mengatakan, bahwa pihaknya juga mendapat dukungan dari Kementerian Kominfo berupa aplikasi untuk menampung data PPDB agar tidak terjadi gangguan.

“Untuk PPDB, jadi semua persiapan sudah rampung, aplikasi juga sudah rampung. Setelah itu infrastruktur juga sudah rampung. Dan kita dibantu dengan Kominfo untuk pemakaian server sementara. Kita juga menyediakan server cadangan google icloud dan akan kita bayar, apabila nanti terjadi masalah kalau memang datanya down. Ini semua sudah clear, jadi Dinas Kominfotik dengan Kemenkominfo sudah vitcom bersama apa langkah yang akan dijalani saat PPDB,” ujar Kamsol, Jum’at (01/04/2022).

Ia juga menjelaskan, untuk memastikan pelaksanaan PPDB berjalan lancar dan aman bagi siswa yang akan mendaftar, pihaknya akan melakukan uji coba PPDB.

Menurutnya, uji coba aplikasi tersebut dilakukan sesuai dengan tata cara pendaftaran yang telah dijalankan pada tahun sebelumnya. Selain itu, pihaknya akan melakukan evaluasi kekurangannya.

“Selanjutnya nanti tanggal 4 April ini ada uji coba, setelah uji coba baru kita masuk kepada simulasi, prosesnya itu seperti PPDB, mudah-mudahan ini dapat berjalan dengan lancar. Mereka meyakinkan dan menjamin kepada saya terkait dengan kesiapan sistem maupun kesiapan perangkat infrastrukturnya,” jelas Kamsol.

Diakhir penyampaiannya, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau ini mengatakan, untuk pelaksanaan PPDB, seperti tahun-tahun sebelumnya, dilaksanakan pada akhir Mei atau di bulan Juni. Setelah selesainya ujian bagi siswa SMP sederajat, dan masuknya kalender pendaftaran masuk siswa SMA/SMK.(ril)

Baca Juga:  Sebanyak 132 JCH Rayon Bengkalis Bakal Diberangkatkan ke Tanah Suci
Artikel ini telah dibaca 194 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

BPBD Bengkalis Lakukan Identifikasi Penyebab Banjir Di Kecamatan Bantan Penyebabnya Sungai Ciputih Mengalami Pendangkalan

4 Desember 2022 - 06:01 WIB

Hari Ini, Pembalap Tour de Siak 2022 Mulai Bertanding

2 Desember 2022 - 13:01 WIB

Pemuda Asal Mandau diringkus Satres Narkoba Polres Bengkalis

2 Desember 2022 - 08:05 WIB

Sat Res Narkoba Polres Bengkalis Kembali Bekuk Pengedar Sabu di Pinggir

1 Desember 2022 - 16:48 WIB

Satresnarkoba Polres Bengkalis Bekuk Dua Tersangka Pengedar Sabu dan Ganja di Mandau

1 Desember 2022 - 14:41 WIB

Lakukan Giat Bersama, Kapolres Meranti Blusukan ke Pasar dan Warung Kopi

1 Desember 2022 - 09:50 WIB

Trending di Sorot