Menu

Mode Gelap

Advertorial Bengkalis · 1 Des 2021 15:29 WIB ·

6 Hari Lagi, Festival Budaya Bahari Destinasi Wisata Pantai Indah Selat Baru Akan di Gelar


 6 Hari Lagi, Festival Budaya Bahari Destinasi Wisata Pantai Indah Selat Baru Akan di Gelar Perbesar

Prodesanews.com | Bengkalis –  Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) berupaya untuk memaksimalkan pemanfaatan sektor pariwisata.

Salah satunya adalah menggelar Festival Budaya Bahari Destinasi Wisata Pantai Indah Selat Baru yang akan berlangsung selama 2 hari Senin sampai Selasa, 6-7 Desember 2021 mendatang.

Di dalam festival ini akan digelar berbagai permainan rakyat, permainan tradisional yang biasa mengakar di masyarakat seperti lomba jong, layangan serta gasing.  Kemudian ada juga nanti nya persembahan kesenian seperti orkestra Melayu, Reog, dan Barongsai. 

Pantai Indah Selatbaru

“Kegiatan Ini sebuah pencerminan kebhinekaan yang ada di Kabupaten Bengkalis, agar  generasi muda bisa memahami dan mencintai negeri kita yang kaya akan budaya ini,” kata Kepala Disparbupora Kabupaten Bengkalis, Edi Sakura melalu Kabid Pariwisata Alwizar, Senin (29/11/2021).

Lanjut Alwizar menjelaskan, Festival Budaya Bahari Destinasi Wisata Pantai Indah Selat Baru ini di dalam skedul awal nya direncanakan pada tanggal 1 dan 2 Desember 2021, tetapi karena ada sesuatu hal maka diundur menjadi tanggal 6 dan 7 Desember.

“Dengan mengangkat tema “Mencintai Tradisi Masyarakat Kabupaten Bengkalis Berjati Diri”, artinya kemajuan zaman dan pengaruh globalisasi kita harapkan jangan sampai menggerus nilai-nilai budaya terutama bagi anak-anak generasi muda kita agar mereka menyadari memiliki jati diri bahwa mereka adalah bangsa yang memiliki budaya yang sangat-sangat mulia,” jelas Alwizar.

Alwizar mengungkapkan, untuk para peserta lomba seperti layang, gasing, dan jung telah melakukan beberapa kali rapat bersama dirinya untuk menfinalkan dan sudah dicapai kesepakatan. 

“Cuma untuk layang dan jung karena menyesuaikan dengan kondisi air pasang naik, mereka mungkin memulai lombanya beberapa hari lebih awal sebelum tanggal 6 Desember. Di tanggal tersebut tinggal finalnya saja. Kalau untuk lomba gasing, Insya Allah tepat waktu”, jelasnya lagi.

Baca Juga:  Ditaja PMD, Bupati Bengkalis Kasmarni Buka Acara Sosialisasi Peraturan Bupati Bermasa

Kabid Pariwisata ini melanjutkan, sesuai dengan arahan Bupati Bengkalis Ibuk Kasmarni, bahwa 8 program prioritas beliau termasuk sektor pariwisata itu agar dioptimalkan dalam rangka mendukung pendapatan asli daerah (PAD). Oleh karena itu kita mulai melakukan pendataan, beberapa titik kita lakukan pembenahan untuk memperbaiki kualitas sarana prasarana di destinasi pariwisata seperti misalnya di Pantai Selat Baru. 

Taman Margasatwa Selatbaru

“Ada beberapa pembenahan misalnya pembuangan air di belakang mushola yang mengganggu estetika, pemandangan ini kita benahi, perbaiki salurannya, drainase. pendopo serta arena panggung. kemudian Taman Margasatwa yang telah lama ditinggalkan serta tidak terurus dengan baik. Hari ini cuma ada 2 ekor buaya dan 1 kura-kura saja di dalamnya, tetapi tahun ini kita melakukan pembenahan dengan menambah sarangnya dulu nanti bulan Januari 2022 baru kita akan menambah lagi satwa dan kita juga sudah berkoordinasi dengan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Riau, mereka bersedia menghibahkan satwa sesuai dengan permintaan kita termasuk jumlahnya dengan pola titip satwa,” bebernya.

Untuk pengembangan Taman Suaka Marga Satwa Pantai Selat Baru jangka panjang, Disparbudpora Kabupaten Bengkalis sudah mengajukan proposal usulan ke Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia untuk pengembangan berskala Internasional yang meliputi zona Taman Margasatwa, kemudian arena outbound keluarga, hutan botani, kemudian arena berkuda indoor dan outdoor. Untuk jangka pendek, ada beberapa titik pengembangan destinasi wisata di Kabupaten Bengkalis yaitu meliputi pengembangan KSPM (Kawasan Strategis Pariwisata Nasional) Pulau Rupat.

Pantai Tj. Lapin Rupat Utara

“Di sini kita dorong Kementerian Pariwisata yang membiayainya. Alhamdulillah dari kementrian sudah turun pada tanggal 1 dan 2 Oktober  lalu melakukan survei awal. Untuk Selat Baru, Pantai Destinasi Wisata Indah ini kita harapkan menjadi pintu masuk turis dari negara tetangga. Oleh karena itu pembenahannya harus ada di sana. Even-Even yang kita buat baik di Pantai Lapin, Rupat Utara maupun di Pantai Selat Baru ini bentuknya adalah mempromosi destinasi pariwisata di Kabupaten Bengkalis. Kepada warga masyarakat kita yang kami cintai, kota berharap ayo support, ayo datang”, ajak Alwizar. 

Baca Juga:  Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Miskin, Dinsos Bengkalis Serahkan Bantuan Ekonomi Produktif

“Mari beramai-ramai saksikan acara ini, tetapi karena masih dalam suasana Covid-19, kami menghimbau tetap memakai protokol kesehatan, memakai masker dan jaga jarak, pungkasnya.(Ril)

 

 

Artikel ini telah dibaca 1.000 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

PGRI Siak Kecil Gelar Bhakti Sosial dan Peduli Lingkungan

17 Desember 2021 - 15:03 WIB

Gelar Rakor Kewirausahaan Pemuda, Disparbudpora Bengkalis Hadirkan Narasumber Dari Kemenpora RI

14 Desember 2021 - 21:51 WIB

Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis Gelar Bimtek LBB dan Literasi Dasar PAUD Se-Kabupaten Bengkalis

14 Desember 2021 - 15:56 WIB

Wakil Bupati Bengkalis Buka Festival Budaya Bahari Tajaan Disparpora

6 Desember 2021 - 16:31 WIB

Dinsos Bengkalis, Lanjut Serahkan Bantuan UEP di Duri

6 Desember 2021 - 16:01 WIB

Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Miskin, Dinsos Bengkalis Serahkan Bantuan Ekonomi Produktif

6 Desember 2021 - 10:55 WIB

Trending di Advertorial Bengkalis