Menu

Mode Gelap

Sorot · 11 Mar 2024 09:15 WIB ·

Sambut Ramadhan 1445 H, Pemko Pekanbaru Gelar Event Petang Belimau


 📸 Event Petang Belimau atau Petang Megang di pinggiran Sungai Siak, kawasan Rumah Singgah Tuan Kadi, Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru. Perbesar

📸 Event Petang Belimau atau Petang Megang di pinggiran Sungai Siak, kawasan Rumah Singgah Tuan Kadi, Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru.

Prodesanews.com | PEKANBARU – Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru kembali menggelar event Petang Belimau atau Petang Megang yang akan dilaksanakan pada Senin, 11 Maret 2024 (hari ini-red), dimulai pada pukul 14.00 Wib. Kegiatan ini merupakan tradisi tahunan yang digelar pemerintah untuk menyambut Bulan Suci Ramadhan, tepatnya satu hari menjelang puasa.

Sejak beberapa tahun terakhir, event tersebut sempat ditiadakan lantaran saat itu sedang pandemi COVID-19 yang membuat lumpuh kegiatan, termasuk disektor pariwisata. Event ini kembali digelar tahun 2023 lalu, setelah adanya kebijakan pemerintah mencabut Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, Petang Belimau akan dipusatkan di pinggiran Sungai Siak, di kawasan Rumah Singgah Tuan Kadi, Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru.

“Nanti acaranya mulai dari Masjid Senapelan, lalu ziarah kubur ke makam pendiri Pekanbaru, kita langsung nanti bergerak ke Rumah Tuan Kadi,” jelas Indra Pomi, Senin (11/3/2024).

Selain itu kata Indra Pomi, acara Petang Belimau atau Petang Megang ini akan dilanjutkan dengan memandikan anak yatim yang ada disekitar.

Untuk diketahui, kegiatan ini merupakan salah satu tradisi masyarakat Melayu Riau dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Ini dilakukan untuk memanjatkan rasa syukur kepada Allah SWT, dan kebahagiaan karena masih bisa bertemu dengan Bulan Ramadhan.

Tradisi Mandi Belimau bukan hanya sekadar mandi untuk membersihkan badan saja, akan tetapi yang paling penting adalah membersihkan hati.(ril)

Baca Juga:  Bupati Bengkalis Kasmarni Dianugerahi Gelar Adat Karaton Surakarta Hadiningrat
Artikel ini telah dibaca 186 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

BPBD Bersama TNI/Polri Berjibaku Padamkan Api Karlahut Di Kelurahan Pematang Pudu

26 April 2024 - 20:54 WIB

Jelang Pilkada 2024, KPU Bengkalis Gelar Sayembara Maskot dan Jingle, Total Hadiah 25 Juta

26 April 2024 - 07:24 WIB

Cabang Fahmil Qur’an Putra Kabupaten Bengkalis Raih Juara Pertama MTQ Ke-42 Tingkat Provinsi Riau

25 April 2024 - 08:11 WIB

Serentak, DPD dan DPC PDIP Se-Riau Buka Penjaringan Bacalon Kepala Daerah, Kaderismanto: Bengkalis dan Pelalawan Usung Kader Terbaik

24 April 2024 - 17:42 WIB

Breaking news, KPU Resmi Tetapkan Prabowo-Gibran Pemenang Pilpres

24 April 2024 - 13:11 WIB

Waspada, Teknologi AI dan Dapat Kecohkan Infomasi

24 April 2024 - 11:11 WIB

Trending di Sorot