Menu

Mode Gelap

Pendidikan · 29 Mar 2022 17:06 WIB ·

Pelajar SMKN 3 Bengkalis Gelar Uji Kopetensi Keahlian


 Teks foto : Ibnu Hajar,ST,MT dosen Teknik Mesin Polbeng saat menguji Edri, pelajar SMKN 3 Bengkalis jurusan TBSM, Selasa (29/03/2022). Perbesar

Teks foto : Ibnu Hajar,ST,MT dosen Teknik Mesin Polbeng saat menguji Edri, pelajar SMKN 3 Bengkalis jurusan TBSM, Selasa (29/03/2022).

PRODESANEWS.COM | BENGKALIS – Uji Kompetensi Keahlian (UKK) yang diikuti 127 pelajar SMKN 3 Bengkalis hingga hari kedua, Selasa, 29 Maret 2022 berjalan dengan baik dan lancar, tanpa kendala.

Kepala SMKN 3 Bengkalis, Kusno yang mengatakan 127 siswanya yang mengikuti UKK sejak semalam, Senin 28 Maret akan berakhir Rabu, 30 Maret 2022 berasal dari 3 Program Keahlian. Program Keahlian Teknik Konstruksi dan Properti Kompetensi Keahlian, Desain Permodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) kalau dahulu disebut Teknik Sipil, Program Keahlian Teknik Otomotif dengan Kompetensi Keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) dan Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika dengan Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ).

“Sampai hari kedua (UKK) ini Insya Allah belum ada permasalahan karena kita sudah menyurati pihak-pihak terkait misalnya PLN. Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak PLN Bengkalis yang sudah bekerjasama sehingga jalur listrik di jalan Kelapapati Darat ini tidak dimatikan,” kata Kepala SMKN 3, Kusno, Selasa (29/3/2022).

Kusno berharap kepada para siswanya agar setelah tamat sekolah nanti bisa mempraktekkan ilmunya menjadi wirausaha artinya bukan mencari kerja, bukan mencari kerja. Kalau dapat membuka peluang pekerjaan, kalau mencari kerja kan terbatas. Mana yang tidak melanjutkan ke perguruan tinggi bisa membuat peluang kerja misalnya TBSM membuka bengkel-bengkel di kampung mereka masing-masing. Begitu juga jurusan DPIB dan TKJ

127 pelajar tadi terdiri dari 32 siswa jurusan DPIB dengan asesor Indriyani Puluhulawa,M,Eng Dosen Teknik Sipil, Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng). 31 siswa jurusan TBSM dengan asesor Ibnu Hajar,ST,MT dosen Teknik Mesin Polbeng dan Kasmawi,SKom,MKom dosen Prodi Keamanan Sistem Informasi jurusan Teknik Informatika yang menjadi asesor 64 siswa Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan.

Baca Juga:  Hati-Hati! Beredar Surat Palsu Pengangkatan Tenaga Honorer Tanpa Tes Oleh Menteri PANRB

Setyo Sunarso, Pengawas Pembina untuk monitoring UKK SMKN 3 Bengkalis menilai peluang untuk mendapatkan pekerjaan itu sifatnya relatif karena sesuai dengan iduka (industri dan dunia kerja,red) yang ada di Kabupaten Bengkalis. Jika punya jiwa wirausaha maka peluang kerja lebih mudah.

“Pendapat saya, begitu anak selesai (tamat) dari SMKN 3 Bengkalis, saya harapkan mereka buka usaha. Dari tiga jurusan tadi saya lihat potensi anak-anak, ada tinggal apakah mereka bisa membaca peluang atau tidak. Kalau tidak bisa membaca peluang artinya akan tersisih dari yang lainnya,” ungkap Setyo Sunarso seraya menyebutkan dirinya belum mendapat informasi dari pihak SMKN 3 Bengkalis berapa orang tamatan sekolah ini yang melanjutkan ke perguruan tinggi.

Melalui media ini, Setyo Sunarso berpesan kepada siswa SMKN 3 Bengkalis harus banyak literasi di samping membuka wawasan dengan lingkungan masyarakat. “Karena yang bisa menjawab anak-anak tadi membuka usaha dijawab oleh masyarakat. Sekarang bisa tidak anak-anak kita yang sudah mendapatkan ilmunya di sekolah ini meyakinkan masyarakat. Misalnya mereka buka bengkel apakah mereka ikut kerja bengkel dahulu saat magang atau selepas magang, selesai magang atau teman sekolah mereka buka usaha bengkel supaya masyarakat percaya dengan tamatan SMKN 3 Bengkalis tadi,” beber Setyo Sunarso.

Kepada pihak SMKN 3 Bengkalis Sunarso berpesan agar terus melakukan promosi sekolah ini. “Ini lho kualitas tamatan SMKN 3 Bengkalis bisa dipertanggungjawabkan secara moral dan moril terhadap masyarakat Kabupaten Bengkalis,” katanya.(rafii)

Artikel ini telah dibaca 19 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pemdes Pedekik Salurkan Dana BLT Tahap II Untuk Tiga Bulan Sebanyak 102 KPM

30 Juni 2022 - 18:20 WIB

Ikut Rakor Bersama Gubernur Se-Sumatera, Bupati Kasmarni Bahas 5 Poin Penting

30 Juni 2022 - 13:15 WIB

Pencari Suaka Asal Myanmar Ditangkap Imigrasi Rohil

27 Juni 2022 - 17:07 WIB

Dibuka Gubernur Riau, Gebyar Makan Durian di Desa Berencah Sukses Terselenggara

27 Juni 2022 - 10:10 WIB

Road To 76, Kapolda Riau Lakukan Kick Off dan Jump Ball

27 Juni 2022 - 08:28 WIB

Konferprov XV PWI Riau di Bengkalis Berjalan Lancar, PWI Bengkalis Sampaikan Terimakasih Atas Dukungan Bupati Bengkalis

25 Juni 2022 - 19:39 WIB

Trending di Sorot