Menu

Mode Gelap

Budaya · 17 Nov 2021 11:57 WIB ·

Bupati Bengkalis Lakukan Gerakan Penanaman 1 Pohon 1 Orang Di Pelabuhan Internasional BSSR


 Bupati Bengkalis Lakukan Gerakan Penanaman 1 Pohon 1 Orang Di Pelabuhan Internasional BSSR Perbesar

Prodesanews.com|Bengkalis – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bengkalis melakukan Gerakan Penanaman 1 Pohon 1 Orang, di Pelabuhan Internasional Bandar Seri Setia Raja (BSSR) Selat Baru Kecamatan Bantan, Selasa (16/11/2021).

Kegiatan penanaman pohon tersebut, Dishub Kabupaten Bengkalis bekerjasama dengan PAC Pemuda Pancasila Kecamatan Bantan, Komunitas Mobil Bengkalis (KMB) serta Grapitasi (Gabungan Relawan Penggiat Wisata dan Literasi).

Penanaman pohon ini langsung dilakukan oleh Bupati Bengkalis Kasmarni. Selain dilakukan Bupati, penanaman juga dilakukan Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan, Danramil 01/ Bkls Kapt Arh Isnanu dan beberapa orang lainnya. 235 bibit pohon Pulau Gading, Mahoni,Terembesi dan Pohon Ketapang Kencana ditanam di lokasi tersebut.

Sebelumnya, Bupati Bengkalis Kasmarni dalam sambutannya menyampaikan, bahwa gerakan penghijauan ini harus menjadi komitmen bersama untuk ikut berperan dalam upaya mengurangi efek pemanasan global.

“Melalui gerakan penghijauan ini menjadi bukti nyata serta komitmen kita bersama untuk ikut berperan dalam upaya mengurangi efek pemanasan global dan upaya pelestarian hutan serta keanekaragaman hayati, serta upaya penanggulangan degradasi lahan di Kabupaten Bengkalis, serta untuk menciptakan keasrian dan keindahan lingkungan diareal aset-aset pemerintah daerah,” ucapnya. 

Lanjut Bupati, semoga semua bibit pohon yang ditanam akan tumbuh dan berkembang dengan cepat. Kepada Dinas Perhubungan dan organisasi penggagas, dimohonkan pohon yang ditanami hendaknya dijaga dan dirawat, jangan setelah ditanam terus dibiar begitu saja, tanpa ada perawatan.

Diakhir penyampaiannya Kasmarni berharap, gerakan penghijauan tersebut tidak hanya sampai di situ saja, tapi terus berkembang di lokasi-lokasi lainnya, dengan mengajak seluruh masyarakat, untuk mempopulerkan gerakan penghijauan tadi. Kampanyekan gerakan menamam pohon minimal 5 batang, di sekitar tempat tinggal masing-masing keluarga. Jika program tersebut sukses, maka upaya dalam menjaga kelestarian dan keasrian alam sebagai sumber kehidupan masyarakat dapat tercapai.

Baca Juga:  Bayangkari Polsek Bengkalis Gelar Vaksinasi Bagi Masyarakat Secara Door To Door

“Harapan kami, gerakan ini tidak hanya sekedar seremonial belaka, namun perlu ditindaklanjuti melalui gerakan nyata dengan melakukan penanaman yang melibatkan pemerintah, dunia usaha, dunia pendidikan, komponen masyarakat dan stakeholder lainnya serta gerakan ini hendaknya dapat dilakukan secara simultan dan disinergikan dengan program-program yang relevan dengan upaya rehabilitasi dan pelestarian alam,” pungkasnya.

Turut mendampingi Bupati pada acara tersebut Wakil Bupati Bengkalis H Bagus Santoso, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Alfakhrurrazy, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Toharudin, Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Johansyah Syafri, Plt Kepala Dinas Perhubungan Djamaludin, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Imam Hakim, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Suwarto, Camat Bantan Muthu Saily, Kabag Prokopim Dian Rachmadany serta undangan lainnya.***(Ril)

 

 

 

Artikel ini telah dibaca 1.148 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Dikunjungi Pengurus LAMR Kota Pekanbaru, PWI Riau Siap Promosikan Budaya Melayu

24 Desember 2021 - 15:18 WIB

DPD KNPI Bengkalis Taja Pelatihan Kewirausahaan, Target Kembangkan Bakat Kewirausahan Pemuda

18 Desember 2021 - 18:41 WIB

PK Golkar Kecamatan Bengkalis Pilih Ketua PD/PL dan Formatur Se-Kecamatan Bengkalis

11 Desember 2021 - 11:53 WIB

LM2R Kabupaten Bengkalis Gelar Rapat Persiapan Pengukuhan

26 November 2021 - 12:57 WIB

Bocah 7 Tahun Ditemukan Tewas di Kanal PT MAS

21 November 2021 - 15:33 WIB

Sosialisasi Kerjasama antara PSSI dan Polri, Askab Bengkalis Siap Aplikasikan

20 November 2021 - 14:23 WIB

Trending di Budaya