Pemprov Riau Siapkan Rp.24,9 Miliar Untuk UMKM Terdampak Covid-19

Oleh: redaksi Umum | Kamis, 30 September 2021 - 16:34:08 WIB

Pemprov Riau Siapkan Rp.24,9 Miliar Untuk UMKM Terdampak Covid-19

Prodesanews.com | Pekanbaru - Pemprov Riau telah menyiapkan anggaran Rp24,9 miliar lebih di APBD Riau 2021 untuk UMKM terdampak Covid-19. Sedikitnya ada 20.883 pelaku usaha yang akan menerima Bantuan Pelaku Usaha Mikro (BPUM) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau sebesar Rp1,2 juta.

Sudah 10 ribu lebih pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Provinsi Riau telah mencairkan bantuan BPUM.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan dan UKM Provinsi Riau, Asrizal, pada Rabu (29/09/2021) sore di Pekanbaru. 

Asrizal juga mengatakan, dalam penyaluran BPUM Pemprov Riau kepada 20.883 UMKM, pihaknya telah bekerjasama dengan Bank Riau Kepri (BRK). Dimana Pemprov Riau sudah mentrasfer anggaran sebesar Rp24,9 miliar tersebut ke BRK selaku bank penyalur secara totalitas. Selanjutnya tinggal pencairan dari pelaku usaha.

"Sejauh ini dari laporan BRK sudah 52 persen (52%) pelaku usaha sudah mencairkan bantuan BPUM Pemprov Riau, atau sekitar 10 ribu lebih pelaku usaha mikro," katanya. 

Lebih lanjut Asrizal menyampaikan, dalam penyaluran BPUM ini pihaknya dengan BRK membuka rekening virtual masing-masing penerima bantuan yang datanya sesuai dengan SK Gubernur Riau. 

"Jadi sekarang bantuan itu telah tersalurkan di rekening virtual masing-masing UMKM penerima BPUM. Tahap selanjutnya pelaku usaha mikro dapat mencair bantuan itu dengan syarat yang telah ditentukan," terangnya. 

Agar penyalurannya tepat sasaran, sambung Asrizal, maka penerima bantuan harus melampirkan KTP, surat domisili usaha, surat pertanggungjawaban mutlak yang ditandatangani di atas materai. 

"Kalau ketentuan itu sudah dipenuhi, maka pelaku usaha mikro bisa mencairkan bantuan di BRK terdekat. Sedangkan untuk pemberitahuan bahwa pelaku usaha menerima BPUM Pemprov Riau, kita bersama BRK mengirim SMS Blast ke nomor pelaku usaha yang terdaftar. Sehingga pelaku usaha mengetahui bahwa mereka penerima bantuan," tutupnya.***(Ril)

 

 

 

(Sumber : MC Riau)

  Print Berita

Redaksi menerima kiriman berita dan foto. Bagi yang berminat silahkan kirim berita dan foto Anda ke email:[email protected]

Komentar

Tulis Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

Komentar Facebook