Polresta Pekanbaru Ungkap Kasus Pemalsuan Dokumen Hasil Test Swab

Oleh: redaksi Hukrim | Sabtu, 03 Juli 2021 - 12:28:13 WIB

Polresta Pekanbaru Ungkap Kasus Pemalsuan Dokumen Hasil Test Swab

prodesanews.com | Pekanbaru - Polresta Pekanbaru melangsungkan Konferensi Pers Tindak Pidana Kasus Pemalsuan Dokumen/Surat hasil test Swab yang digunakan tersangka Inisial HH (38) untuk melakukan perjalanan melalui pesawat terbang, Jumat (02/07/2021).

Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol H Nandang Mumin Wijaya, SIK MH memimpin langsung Konferensi Pers didampingi Kasat Reskrim Polresta Pekanbaru Kompol Juper Lumban Toruan, SIK MH dan Kapolsek Bukit Raya AKP Arry Prasetyo, SH MH serta Kasubbag Humas Polresta Pekanbaru IPTU Said Khairul Iman, SH MH.

Dalam Konferensi Pers tersebut Kombes Nandang  menjelaskan awal kronologis kejadian. Pada hari Selasa, 29/06/2021 lalu saat tersangka HH akan melakukan perjalanan tujuan Jakarta melalui Bandara SSQ II Pekanbaru, pada saat dilakukan Validasi pengecekan surat hasil test Swab yang dimilikinya ternyata tidak valid, sehingga pihak KKP Bandara melaporkan kejadian tersebut kepada Polsek Bukit Raya.

Setelah itu Personil Bukit Raya langsung mendatangi tempat kejadian dan langsung mengintrogasi tersangka. Berdasarkan hasil dari keterangan tersangka HH mengakui bahwa surat yang dimilikinya memang benar palsu, tersangka mengakui telah memerintahkan tersangka lain yakni JO (26) yang merupakan karyawannya untuk membuatkan surat berupa hasil Laboratorium Pcr Covid-19 dari salah satu rumah sakit yang ada di kota Pekanbaru dengan hasil negatif agar tersangka HH bisa melakulan perjalanan ke Jakarta.

Dari tangan tersangka HH, petugas mengamankan barang bukti berupa 1 lembar hasil Swab Pcr, 1 buah KTP, 1 lembar Boarding Pas City Link dan 1 lembar kode booking tiket City Link. Barang bukti tersebut dibawa ke Polsek Bukit Raya untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

Selanjutnya, dari hasil pengembangan pada hari Rabu, 30/06/2021 Polsek Bukit Raya berhasil mengamankan tersangka JO di kantor milik HH Jl. SM. Yamin Kec. Tampan dan petugas juga berhasil mengamankan barang bukti berupa 1 unit Laptop dan 1 unit Printer.

"Jadi tersangka HH ini tidak melewati prosedur yang semestinya untuk bisa mendapatkan hasil Swab yang sesuai dengan aturan" Jelas Kapolresta.

Atas kejadian tersebut, kepada 2 tersangka  dikenakan pasal 263 dan atau pasal 268 K.U.H.Pidana tentang pemalsuan surat atau menggunakan surat palsu atau memalsukan surat keterangan dokter.

Kombes Nandang juga mengatakan, ini merupakan suatu keberhasilan Polsek Bukit Raya yang bekerjasama dengan petugas KKP bandara SSQ II kota Pekanbaru dalam mengungkap para pelaku Pemalsuan surat hasil Swab yang seolah-olah dikeluarkan oleh salah satu rumah sakit.

"Kita sangat apresiasi kinerja Polsek Bukit Raya dan Petugas KKP Bandara Sultan Syarif Qasim II kota Pekanbaru, apalagi saat ini kita benar-benar sedang berjuang dalam memutus mata rantai Penyebaran Covid-19" Tutup Kapolresta.***(Ril)

 

 

 

  Print Berita

Redaksi menerima kiriman berita dan foto. Bagi yang berminat silahkan kirim berita dan foto Anda ke email:[email protected]

Komentar

Komentar Facebook