Dua kapal Tanpa Nama Yang Membawa 50 ton kayu.Berhasil Di Tangkap Dan Diamankan KP.Kedidi

Oleh: redaksi Peristiwa | Minggu, 09 Mei 2021 - 21:41:58 WIB

Dua kapal Tanpa Nama Yang Membawa 50 ton kayu.Berhasil Di Tangkap Dan Diamankan KP.Kedidi

Riau, – Wilayah Riau yang masih kaya akan hasil hutan salah satunya berupa kayu memberikan peluang bagi para pelaku tindak kejahatan.

Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri melalui Kp. Kedidi – 3015 yang melaksanakan tugas di wilayah perairan Riau berhasil menangkap dan mengamankan kayu hasil hutan di Perairan Selat Padang Riau pada Hari Jum’at tanggal 07 Mei 2021 pukul 23.00 wib.

Bermula dari informasi seorang informan pada pukul 16.00 wib menghubungi Danpal Kp. Kedidi – 3015 tentang adanya kegiatan ilegal logging diwilayah perairan Selat Padang.

“Setelah mendapatkan informasi tersebut,saya mengadakan briefing kepada para ABK Kp. Kedidi – 3015, Selanjutnya saya beserta 3 ABK menuju TKP Tanjung Buton.” Ujar Danpal Kp. Kedidi – 3015 Ipda Rizky Hidayah Harahap, S.Tr.K


Setiba di Tanjung Buton Danpal Kp. Kedidi – 3015 meminjam dan memakai perahu dari Pos Polairud Tanjung Buton, Selanjutnya melakukan maping dari informan.

“Sekitar pukul 23.00 wib kita memeriksa dan mengamankan 2 kapal tanpa nama yang sedang menarik kayu sebanyak 34 rakit (± 50 Ton) dan 4 orang ABK pada posisi 01.22.294 U – 102.20.109 T di perairan Selat Padang.” imbuhnya

Dari hasil pemeriksaan didapati barang bukti berupa :

2 (dua) unit kapal tanpa nama
kayu olahan jenis Meranti sebanyak 34 rakit (± 50 Ton) yang terdiri dari 16 rakit kayu papan panjang @5 meter dan 18 rakit papan campur kayu broti panjang @5 meter.
“Saat diperiksa, nakhoda tidak dapat menunjukkan dokumen kapal dan dokumen muatan yang sah sehingga patut diduga melanggar Pasal 83 ayat (1) huruf b Jo Pasal 12 huruf e UU RI No 18 Tahun 2013 Tentang Pencegahan Dan Pemberantasan Perusakan Hasil Hutan.” Tutup Danpal Kp. Kedidi – 3015


Dirpolair Korpolairud Baharkam Polri Brigjen Pol M. Yassin Kosasih, S.I.K., M.Si., mengapresiasi kinerja para anggotanya dilapangan karena tetap semangat menegakkan hukum meski dalam suasana bulan suci Ramadhan. Pesan Yasin agar Kedepan kapal-kapal yang bertugas bko di polda agar lebih meningkatkan kegiatan maping diwilayah tugas masing-masing khususnya masalah illegal loging untuk menjaga kelestarian hutan demi anak cucu kita mendatang.(Budi)

Sumber: PID KORPOLAIRUD BAHARKAM POLRI

  Print Berita

Redaksi menerima kiriman berita dan foto. Bagi yang berminat silahkan kirim berita dan foto Anda ke email:[email protected]

Komentar

Tulis Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

Komentar Facebook