Pemkab Bengkalis Bertekad Garap Potensi Desa

Oleh: redaksi Desa dan Kelurahan | Rabu, 28 April 2021 - 16:09:03 WIB

Pemkab Bengkalis Bertekad Garap Potensi Desa

BANTAN, Sejalan dengan Visi Misi Bupati wakil Bupati Kasmarni Bagus Santoso dengan 8 program unggulan Pemkab Bengkalis bertekad akan terus meningkatkan ekonomi masyarakat melalui program peningkatan sumberdaya alam lokal yang disesuaikan dengan potensi yang dimiliki setiap desa.

Hal tersebut disampaikan Wabup Bagus Santoso saat singgah pada lokasi Budidaya Lebah Madu di jalan Bantan Desa Bantan Tua serta berlanjut mengunjungi usaha budidaya ikan di dua desa Bantan Tengah dan Bantan Air (28/4).

Kedatangan Wabup yang dikenal gemar turun ke desa desa tersebut untuk melihat usaha lebah madu jenis baru yang pertama kali masuk di pulau Bengkalis yakni lebah jenis Melivera. Lebah ini dikenal sangat produktif menghasilkan madu. Dari pantaun dilapanga aktifitas awal berjalan sangat bagus.

Sedangkan kunjungan kelokasi budidaya ikan sekaligus survey air bersama OPD dari Dinas Perikanan dan Dinas Pertanian dan Hoktilutural. Wabup langsung melihat kerja lapangan PPD untuk tes cocok atau tidaknya budidaya ikan di kolam bekas galian batu bata oleh warga setempat.

“ Syukurlah lahan tidur ini ternyata cocok untuk budidaya ikan. Semoga akan membawa kebaikan dan kemakmuran desa ini “ kata Bagus Santoso.

Saat dikunjungi Wabup Kunhadi warga desa Bantan Air berharap pemerintah memberikan pendampingan dan bantuan bibit, pakan dan modal disaaat kondisi ekonomi sulit karena pandemi covid 19.

“ Mohon Pemerintah membantu kami agar ekonomi kami ada peningkatan” harap Kunhadi

Sebagaimana diketahui sejak kempanye pasangan Kasmarni Bagus Santoso sangat fokus terhadap pemberdayaan ekonomi melalui peningkatan potensi lokal.

Program dan kegiatan yang menjadi andalan diantaranya Pemetaan potensi desa, kecamatan dan kewilayahan secara terpadu. Disamping Penguatan peran BUMDes dalam Peningkatan Potensi Pendapatan Asli Desa untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

Wabup memberikan dorongan kepada kelompok tani desa untuk kembali semangat menggarap lahan dan pekarangan secara maksimal.

Lebih lanjut disampaikan Bagus Santoso pemkab Bengkalis akan terus mendorong  Penguatan ekonomi berbasis sumber daya lokal dan menjamin keberlangsungan usaha masyarakat.

Dengan demikian kekuatan ekonomi masyarakat akan kuat menghadapi resesi akibat krisis atau pandemi .

Terhadap budi daya kolam ikan disampaikan Susi Feniyanti, Kabid Budidaya Perikanan agar segera membentuk kelompok. Sedangkan tahaban untuk membentuk kelompok mayarakat sesuai mekanisme agar dapat dijadikan pedoman untuk pengguunaan penganggarannya sudah ada.

Diantara persyaratan yang harus dipenuhi yakni minimal satu kelompok sepuluh orang dan kelompok tersebut harus ada surat keterangan dari Kepala Desa, disertai gambaran umum usaha yang akan dikembangkan, aset tanah/usaha harus milik sendiri, setelah persyaratannya cukup baru kami verifikasi.

“Dari PH Meter Digital Alat Ukur Air, kami lihat kolam ini layak an cocok, rata-rata PH nya 8 dan 6, artinya keseluiruhan kolam ini bisa kita manfaatkan," kata Susi.(Budi)

  Print Berita

Redaksi menerima kiriman berita dan foto. Bagi yang berminat silahkan kirim berita dan foto Anda ke email:[email protected]

Komentar

Komentar Facebook