Gelar MDPT, BUMDesa Cahaya Baru Desa Tanjung Damai Laporkan Kegiatan Tahun 2020

Oleh: redaksi Umum | Jumat, 23 April 2021 - 07:31:43 WIB

Gelar MDPT, BUMDesa Cahaya Baru Desa Tanjung Damai Laporkan Kegiatan Tahun 2020

Kades Desa Tanjung Damai, Tasam (tengah) bersama Babinkamtibmas, ketua BPD Dan pendamping Desa Ekonomi

PRODESANEWS.COM.SIAK KECIL- Musyawarah pertanggung jawaban tahunan (MDPT) merupakan sarana penyampaian laporan pertanggung jawaban kegiatan BUMDes selama satu tahun, dalam Acara tersebut masyarakat dapat mengetahui secara jelas perkembangan atau kemunduran BUMDes serta dapat memberikan masukan serta keritikan bagaimana berjalannya Bumdes.

Dalam pelaksanaannya musyawarah desa berpedoman pada peraturan mentri desa nomor 16 tahun 2019 tentang pedoman pelaksanaan Musdes, dimana musdes di pimpin oleh Ketua BPD dan di fasilitasi oleh pemerintah desa.

Pelaksanaan MDPT BUMDes Cahaya Baru desa tanjung damai Kec. Siak Kecik dipusatkan di kantor kepala desa di hadiri oleh Kepala desa Tanjung Damai, Tasam, Ketua BPD Wandi, serta anggota, Pendamping desa ekonomi, Muhammad Rafii,SE.I, Babinkamtibmas, Brigadir Ramadhan, aparatur pemerintahan desa, tokoh masyarakat serta pengurus BUMDes dan unit, Kamis,(22/4/2021).

Dalam laporannya direktur BUMDesa Cahaya Baru mengatakan pelaporan pertanggung jawaban digunakan sebagai wujud tanggung jawab dari pengelola BUMDesa dalam menjalankan usaha-usahanya selama satu tahun periode 2020, direktur berharap dengan laporan tersebut dapat memberikan gambaran perjalanan pengelolaan BUMDes Cahaya Baru serta sebagai bahan evaluasi dalam menjalankan usaha pada tahun berikutnya.

"Laporan ini kami sampaikan sebagai wujud pertanggungjawaban kami dalam melaksanakan kegiatan selama tahun 2020, dan akan menjadi evaluasi untuk menjalankan kegiatan pada tahun berikutnya," Ujar direktur BUMDes Trisno.Sr.

Lebih lanjut Trisno menjelaskan bahwa, BUMDes cahahaya baru memiliki dua unit usaha, yaitu usaha simpan pinjam (USP) dan Unit usaha perdagangan Saprotan, unit USP pada tahun 2020 memperoleh pendapatan sebesar 88.6 juta dan menyumbangkan SHU sebesar 11,2 juta. Untuk unit saprotan, meski penyertaan modal tahun 2019, namun baru beroprasi awal tahun 2021 sehingga belum bisa menyumbangkan PADes.

Sementara itu, Ketua BPD Desa tanjung Damai,Wandi dalam menanggapi laporan Direktur BUMDes mengatakan berharap agar BUMDes dapat maksimal menjalankan tugas, karena BUMDes sangat diharapkan sebagai sarana peningkatan ekonomi masyarakat terutama sumbangan BUMDesa berupa pendapatan asli desa.
"Kita berharap kedepan Bumdes bisa lebih maksimal, karena BUMDes memliki fungsi strategis untuk peningkatan ekonomi masyarakat khusunya di desa tanjung damai," ujar Ketua BPD.

sementara itu, Kepala Desa tanjung Damai dalam sambutannya mengatakan akan selalu memberikan dukungan penuh bagaimana BUMDes cahaya baru bisa bangkit dan menunjukan keberhasilannya dalam mengelola unit usaha.
"Selaku pemerintah desa saya akan selalu memberikan dukungan penuh bagaimana BUMDesa bisa tambah maju," Ujar Tasam.

 

  Print Berita

Redaksi menerima kiriman berita dan foto. Bagi yang berminat silahkan kirim berita dan foto Anda ke email:[email protected]

Komentar

Komentar Facebook