Menu

Mode Gelap

Kesehatan · 25 Agu 2023 21:09 WIB ·

Pemdes Prapat Tunggal Gelar Rembuk Stunting


 Teks poto: acara rembuk stunting pemdes prapat tinggal bersama dr Tedy dan masyarakat Perbesar

Teks poto: acara rembuk stunting pemdes prapat tinggal bersama dr Tedy dan masyarakat

Prapat Tunggal- Pemerintah Desa (Pemdes) Prapat Tunggal Kecamatan Bengkalis menggelar kegiatan rembuk Stunting di Balai Desa pada Jumat, (25/8/2023).

Rembuk Stunting menghadirkan nara sumber dari UPT Puskesmas Meskom Dr. Tedy, Koorcam P3MD Hafiz serta Pendamping Lokal Desa, Jasmani.

Selain itu turut hadir Perangkat Desa, Anggota BPD, Ketua RT/RW, kader Posyandu serta Pengurus PAUD sebagai peserta.

Rembuk Stunting merupakan kegiatan edukasi serta sosialisasi tentang upaya-upaya pencegahan Stunting serta bagaimana masyarakat serta pemerintah merespon terjadinya stunting yang di alami masyarakat dilakukan secara bersama-sama.

Kepala Desa Prapat Tinggal melalui Sekretaris Desa Adel dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemerintah Desa tetap berkomitmen untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, diantara komitmen tersebut dengan memberikan pelayanan kesehatan serta pendidikan gizi kepada masyarakat.

“Pemerintah Desa akan terus berkomitmen dalam memberikan pelayanan kesehatan yang baik dan pendidikan tentang gizi kepada masyarakat,” Ujar Adel

Selain itu, Beliau juga mengajak semua pihak untuk berkolaborasi dan berperan aktif dalam menangani stunting dengan tujuan menciptakan generasi yang sehat danualitas di masa depan.


Selama Rembuk Stunting, narasumber memberikan presentasi tentang definisi stunting, faktor penyebab, dan dampak buruknya pada pertumbuhan dan perkembangan anak juga diberikan pemahaman tentang pentingnya nutrisi seimbang selama masa kehamilan masa tumbuh kembang anak.

Diskusi dalam rembuk ini berfokus pada pembahasan program dan kegiatan yang dapat dilakukan secara bersama-sama untuk mengurangi angka stunting di Desa Prapat Tunggal. Langkah-langkah konkret yang diusulkan antara lain adalah pendampingan ibu hamil dan anak balita hal nutris dan kesehatan, peningkatan akses terhadap pelayanan kesehatan, serta edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya gizi dan sanitasi yang baik.

Selain itu, Rembuk Stunting juga berfungsi sebagai platform untuk menuangkan aspirasi dan masukan dari masyarakat. Partisasi aktif dari semua peserta memperkuat komitmen dan kesatuan dalam menghadapi masalah stunting. Terselenggaranya rembuk ini juga menunjukkan adanya perhatian serius dari pemerintah dan masyarakat dalam menanggapi permasalahan stunting.

Baca Juga:  Update Kasus Covid-19 dan Capaian Vaksinasi di Riau per 16 Mei 2022

 

Artikel ini telah dibaca 40 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kurangi Resiko Stunting, Pemdes Sungai Batang Gelar Kegiatan PMT

22 Juni 2023 - 20:58 WIB

GOW Gelar Sosialisasi Penanganan TB

21 Juni 2023 - 07:46 WIB

Peringati Hari Ibu Ke- 94 Dharma Wanita Dinas PUPR Gelar Lomba Bikin Jamu

20 Desember 2022 - 11:04 WIB

Peduli Terhadap Kebutuhan Gizi Anak, Tim Penggerak PKK Desa Sungai Batang Gelar Kegiatan Pemberian Makanan Tambahan Anak (PMT)

9 Desember 2022 - 14:38 WIB

Pantau Kesehatan Warga Di Lokasi Pengungsian, BPBD Bersama Puskesmas Sadar Jaya Lakukan Pemeriksaan Kesehatan

6 Desember 2022 - 12:38 WIB

UPT Puskesmas Meskom Gelar Sosialisasi PE Dan Deklarasi 5 Pilar STBM Di Desa Prapat Tunggal

31 Oktober 2022 - 21:29 WIB

Trending di Kesehatan