Cegah Karhutla, Babinsa koramil 05/Rupat Gencar Patroli Pantau Lahan Rawan Terbakar

Oleh: redaksi Desa dan Kelurahan | Selasa, 16 Februari 2021 - 11:34:35 WIB

Cegah Karhutla, Babinsa koramil 05/Rupat Gencar Patroli Pantau Lahan Rawan Terbakar

RUPAT - Komitmen untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) saat musim kemarau ini, hingga sekarang terus dilakukan oleh tim pencegahan dan penanggulangan kebakaran lahan di Kec Rupat Selasa )16/2/2021.)

Petugas pos pencegahan dan penanggulangan kebakaran lahan dan hutan aktif setiap hari melakukan patroli berkeliling kawasan lahan belukar yang rawan kebakaran lahan untuk dipantau agar tidak terjadi kebakaran lahan selama kemarau ini

Upaya pencegahan tersebut juga dilakukan oleh .Babinsa Koramil 05/Rupat Pelda Edeng Koswara dan Serda Munijar dengan menggiatkan patroli terpadu bersama semua instansi lainnya yang memiliki tugas yang sama.


Sementara itu, Babinsa Koramil 05 Rupat, Serda Munijar bersama dengan anggota .polsek Rupat, Manggala Agni dan masyarakat di sekitaran kelurahan Batu panjang, Kecamatan Rupat kab Bengkalis , , terus melakukan patroli keliling kawasan lahan rawan terbakar.

Dia mengatakan dengan melakukan patroli keliling lahan rawan terbakar, petugas juga menjelajahi lahan-lahan yang terbentang di kawasan pinggiran kota, tepatnya di kawasan jalan trans Kalimantan, untuk melakukan pemantauan titik api, serta memetakan kawasan yang rawan dan berpotensi terjadi karhutla.

Dia mengakui, kondisi kemarau seperti sekarang, memang sangat rawan terjadi kebakaran lahan sehingga perlu terus dipantau agar tidak terjadi kebakaran yang menimbulkan asap.

"Lahan kering tampak terlihat dibeberapa kawasan, dari kondisi tanah serta rawa yang mengering sangat mudah terbakar apabila tersulut api, selain itu juga dapat merambat pada lahan di sekitarnya jika terbakar,” ujar Serda Munijar

Petugas berharap agar semua pihak peduli dalam pencegahan ancaman kebakaran lahan tersebut, sehingga semua aktif melakukan pencegahan, minimal memberikan laporan kepada petugas jika ada kejadian kebakaran lahan.

“Kami sangat mengharapkan peran serta masyarakat untuk mencegah terjadinya karhutla, salah satunya dengan tidak membakar saat membersihkan lahan,” imbaunya kepada para pemilik lahan. (Budi)

  Print Berita

Redaksi menerima kiriman berita dan foto. Bagi yang berminat silahkan kirim berita dan foto Anda ke email:[email protected]

Komentar

Komentar Facebook