BUMDes KPS Pulau Gadang Terpilih Jadi Nominasi Peserta Dialog BUMDes Digital Tingkat Nasional

Oleh: redaksi Desa dan Kelurahan | Selasa, 30 Juni 2020 - 07:14:27 WIB

BUMDes KPS Pulau Gadang Terpilih Jadi Nominasi Peserta Dialog BUMDes Digital Tingkat Nasional

BANGKINANG – BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) Koto Panjang Sepakat (KPS) Desa Pulau Gadang Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar terpilih sebagai Nominsi peserta dialog BUMDes Digital tingkat nasional dengan Presiden Republik Indonesia, mewakili Riau pada hari Rabu 1 juli 2020 melalui Video Comference (Vicom).

Hal ini disampaikan Kepala Desa Pulau Gadang Syofian,SH.MH kepada awak media Senin Sore (29/6/2020),

dengan masuknya BUMDes Koto Panjang Sepakat (KPS) Desa Pulau Gadang sebagai Nominsi peserta dialog BUMDes digital tingkat nasional dengan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada hari Rabu nanti, tentu kita sangat merasa bangga karena di Riau hanya satu BUMDes KPS yang terpilih,”ucap Kades.

Saya mengaturkan rasa terimakasih yang mendalam kepada bapak Gubernur Riau Drs.Syamsuar, M.Si, tim Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Riau, Kadis PMD dan Capil Riau Yurnalis serta seluruh stakeholder yang telah bekerja keras dalam menjadikan BUMDes sebagai wadah pergerakan ekonomi mikro masyarakat desa,”katamya.

Kedepannya Syofian berharap kepada pemangku kepentingan terkhusus Gubernur Riau agar dapat memberikan kami petunjuk dan arahan dalam membuat BUMDes bisa lebih berkembang lagi dan bisa dijadikan wadah ekonomi oleh masyarakat desa dalam segala sektor,”harapnya.

“Sehingga masyarakat desa bisa berdaya tahan dalam mengembangkan sektor ekonomi produktif seperti sandang pangan dan ekonomi kreatif lainnya yang di tupang langsung oleh BUMDes,”imbuhnya.

Kepada bapak Presiden RI Jokowi, melalui Gubri agar dapat kiranya mencarikan kami support modal BUMDes baik dari sumber APBN maupun dari APBD dan pihak ketiga, sehingga BUMDes KPS Pulau Gadang lebih leluasa melakukan explore di setiap unit usahanya,”pinta Kades.

Disisi lain Direktur Utama (Dirut) BUMDes KPS Arfan,SE mengatakan, BUMDes Koto Panjang Sepakat berdiri sejak 22 Juni 2016 lalu dan telah berkembang hingga saat ini menjadi lima unit,”tutur Arfan.

 

Berikut lima unit BUMDes KPS Desa Pulau Gadang,

1. Unit Treding

menjual barang Sembako kebutuhan masyarakat dengan sistem grosir, agar tidak mematikan warung – warung yg ada di Desa Pulau Gadang.

Dengan adanya unit Treding bisa meringankan beban masyarakat kecil yg ada di desa.

2. Pariwisata

Dibidang Pariwisata BUMDes Koto Panjang Sepakat membuka usaha untuk Banana Boat yang diletakkan di Dermaga Tepian Mahligai yang berada di wilyah hukum Desa Pulau Gadang.

3. Unit perikanan

Kegiatan :

* Pengolahan Pakan

* Pembenihan

* Budidaya ikan Patin

4. Unit Ekonomi Kreatif

* Pembuatan sampan

dan Parabot rumah tangga.

5. Unit Industri Home

Kerajinan ini murni dari masyarakat setempat yang membuatnya. Seperti tikar Umbai, Lokau, Nyiru, Pekek, Tudung..dan lain – lain yang bahan bakunya ada di desa.

Dengan adanya BUMDes ini, masyarakat Desa Pulau Gadang merasa terbantu sekali,”pungkasnya.

Data masuk sementra hanya 15 BUMDes se-Indinesia yang terpilih ikut dalam dialog bersama Presiden Jokowi ini dan untuk Riau hanya diwakili BUMDes KPS Desa Pulau Gadang ***rls(Budi)

 

  Print Berita

Redaksi menerima kiriman berita dan foto. Bagi yang berminat silahkan kirim berita dan foto Anda ke email:[email protected]

Komentar

Komentar Facebook