Kepemimpinan Tidak Datang Dengan Sendirinya

Wakil Ketua DPRD Bengkalis Jadi Narasumber LK

Oleh: Admin Pendidikan | Selasa, 17 Maret 2020 - 16:03:51 WIB

Wakil Ketua DPRD Bengkalis Jadi Narasumber LK

Wakil Ketua DPRD Bengkalis Syahrial bersama Ketua DPRD Riau Indra Eet Gunawan

BENGKALIS -- Kegiatan Latihan Kepemimpinan (LK) yang diselenggarakan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Pertanian Universitas Islam Riau (UIR), pada 14 - 15 Maret 2020 dikuti Lebih dari 100-an mahasiswa.  Latihan Kepemimpinan mahasiswa Pertanian ini mengangkat tema "Membentuk Kader Berjiwa Kepemimpinan yang Aktif dan Berintelektual".

Kegiatan LK mahasiswa yang berlangsung di ruang Aula Gedung B Universitas Islam Riau ini menghadirkan narasumber diantaranya Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Bengkalis Dewana Perwakilan Bengkalis, Syahrial ST. M.Si

Selain Syahrial, ST, M.Si, panitia penyelenggara juga mengundang dan menghadirkan juga narasumber yaitu Ketua DPRD Provinsi Riau, Indra Gunawan Eet dalam kegiatan tersebut. Keduanya, saling memberikan materi  tentang ilmu dan memotivasi mahasiswa Pertanian UIR dalam ruang lingkup kepemimpinan.

Sepanjang kegiatan tersebut, 100-an mahasiswa Pertanian antusias mengikuti latihan kepemimpinan. Mereka mendengar materi disampaikan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis Syahrial dan juga terjadinya tanya jawab antara peserta LK dengan narasumber.

Dalam materniya Syahrial mengatakan, latihan kepemimpinan terhadap mahasiswa merupakan hal penting. Oleh sebab itu mahasiswa adalah generasi bangsa yang harus dipupuk semangat kepemimpinan agar kedepan mampu menjadi pemimpin yang diharapkan bangsa dan Negara.

Dia menuturkan, membangun leadership juga berarti membangun kemampuan, agar dapat mempimpin orang lain, tentulah terutama seorang pemimpin harus mampu memimpin diri sendiri dengan penuh respect.

Syahrial mempertegaskan bahwa “Kepemimpinan tidak datang dengan sendirinya” menurutnya Ia terbentuk dengan berjalannya waktu. Intraksi sosial dalam organisasi serta kelompok sangat mempengaruhi jiwa seseorang dalam kepempinan. Dengan kata lain ilmu kepemimpinan dapat diperoleh juga dari pengalaman berorganisasi dan intraksi kelompok.

Selain itu ia mengatakan Peran kepemimpinan adalah mereka yang memfasilitasi eksekusi strategi melalui membangun keselarasan, menshet berpikir solusi dan mampun memecahkan dan menumbuhkan kembangkan kemampuan orang lain.

Peran kepemimpinan, menurut politisi Partai Golongan Karya Kabupaten Bengkalis bisa dalam bentuk formal, sesuai dengan wewenang untuk membuat keputusan dan mengambil tanggung jawab, atau mereka mungkin menjadi peran informal dengan sedikit otoritas resmi.

Ia mencontohkan Misalnya, anggota dari tim yang mempengaruhi keterlibatan tim, tujuan dan arah rekan sejawat yang harus mendengarkan dan bernegosiasi melalui pengaruh yang dimiliki seorang leadership.

Syahrial juga menyinggung kepemimpinan jangan dilihat dari jabatan seseorang, ia mengutarakan "Tak ada hebatnya jabatan ini, hanya sekejap, titipan saja dan sementara, jadi kalian harus kompak bersinergi karena setiap yang ada disini tidak semua yang menjadi pemimpin, saya yakin tidak semua jadi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD, red), tidak semua jadi Bupati, pasti ada jadi dosen pasti jadi cikgu pasti jadi ASN dan lainnya," dan setiap jabatan yang ia peroleh maka tetap harus memiliki jiwa kepemimpinan,” ungkapnya Syahrial didepan perserta mahasiswa Latihan Kepemimpinan

Baginya, Kepemimpinan menjadi salah satu soft skill yang patut dimiliki oleh setiap mahasiswa. Jiwa kepemimpinan penting dalam pengambilan keputusan.

“Ternyata pemimpin tak cukup sekadar memimpin tetapi pemimpin haruslah penuh gagasan, ide-ide yang memotivasi mereka yang ada bersama di lingkungan untuk mencapai suatu tujuan yang ingin dicapai, pungkasnya

Dalam kesempatan itu Syahrial juga berharap agar kegiatan latihan kepemimpinan yang ditaja Badan Eksekutif Mahasiswa untuk terus dikembangkan dalam agenda yang lebih luas dalam rangka meningkatkan peran kepemimpinan masa yang akan dating, dikarnakan kemajuan sangat mempengeruhi kepemimpinan dan kedepan kepemimpinan yang akan datang semakin besar tantangannya.

Selain itu hal senada juga diutarakan narasumber Ketua DPRD Provinsi Riau Indra Gunawan Eet. Ia mengamini materi disampaikan Syahrial, ST, M.Si menurutnya latihan kepemimpinan adalah unsur penting dalam berorganisasi, misalnya Badan Eksekutif Mahasiswa Pertanian tentu berjalan waktu akan berganti puncak kepemimpinan.

Ketua DPRD Provinsi Riau ini menyebutkan Regenerasi pasti akan terjadi dari mahasiswa terutama dalam fakultas pertanian itu sendiri. Kriteria orangnya tentu adalah orang-orang yang mumpuni dan mampu. Dari latihan kepemimpinan ini bukan tidak mungkin calon pemimpin kedepan timbul di sini.

"Tujuan dari kegiatan ini untuk melatih kemampuan dan keahlian bagi penciptaan kader-kader mahasiswa profesional dalam organisasi. Membangun solidaritas bersama berdasarkan target dan strategi tersendiri, serta untuk menciptakan kepekaan dan sikap kritis terhadap berbagai problem internal dan eksternal," ungkap Indra Gunawan, Eet yang juga Ketua DPD Golongan Karya Kabupaten Bengkalis.

 

Berikan Apresiasi,

Dengan menghadirkan narasumber Ketua DPRD Provinsi Riau Indra Gunawan, Eet dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis, peserta Latihan Kepemimpinan mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Islam Riau memberikan apresiasi atas materi yang disampaikan oleh kedua narasumber tersebut.

Menurut Novi, mahasiswa Fakultas Pertanian, materi yang diterima dari Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis sangat jelas. Ia memberikan suport dan energi baru bagi mahasiswa.

"Alhamdulillah, bagus materinya dan mudah dimengerti. Terima kasih pak Syahrial sudah hadir di kampus kami dari jauh-jauh. Ilmu yang kami dapat hari, InsyaAllah bermanfaat untuk di implementasikan, " ujarnya.

Wanita berumur 23 Tahun ini menyatakan, secara tradisional, pelatihan kepemimpinan telah difokuskan pada pengembangan kemampuan kepemimpinan dan sikap individu.

Pribadi yang berbeda sifat dan karakteristik dapat membantu atau menghalangi efektivitas kepemimpinan seseorang dan memerlukan program formal untuk mengembangkan kompetensi kepemimpinan.

"Itu yang disampaikan pak Syahrial dan Ketua DPRD tadi. Saya rasa sangat terkesan, " imbuh Novi lagi.

Diantara penyampaiannya Syahrial, ST, “Tak ada hebatnya jabatan ini hanya sekejap, titipan saja dan sementara, jadi kalian harus kompak bersinergi karena setiap yang ada disini tidak semua yang menjadi pemimpin, saya yakin tidak semua jadi Anggota DPRD, tidak semua jadi Bupati, pasti ada jadi dosen pasti jadi cikgu pasti jadi ASN dan lainnya,” Ungkapnya Syahrial terhadap mahasiswa.

Sedangkan Ketua DPRD Provinsi Riau H. Indra Gunawan Eet mengatakan kegiatan ini selain untuk melatih kepemimpinan mahasiswa juga sebagai ajang mencari anggota pengurus yang baru. “Tujuan dari kegiatan ini untuk melatih kemampuan dan keahlian bagi penciptaan kader-kader mahasiswa profesional dalam organisasi, membangun solidaritas bersama berdasarkan target dan strategi tersendiri, serta untuk menciptakan kepekaan dan sikap kritis terhadap berbagai problem internal dan eksternal.

Kepemimpinan menjadi salah satu soft skill yang patut dimiliki oleh setiap mahasiswa. Jiwa kepemimpinan penting dalam pengambilan keputusan. Namun, ternyata pemimpin tak cukup sekadar memimpin tetapi pemimpin haruslah penuh gagasan, ide-ide yang memotivasi mereka yang ada bersama di lingkungan untuk mencapai suatu tujuan.

Usai kegiatan Latihan kepemimpinan Fakultas Pertanian Universitas Islam Riau Wakil Ketua DPRD Bengkalis Syahrial, ST.,M.Si bersama Ketua DPRD Provinsi Riau H. Indra Gunawan, Ph.D menerima kenangan kenangan dari Panitia Penyelenggara dari peserta LK mahasiswa tema “Membentuk Kader Berjiwa Kepemimpinan yang Aktif dan Berintelektual” dan moment itu juga dimemanfaatkan peserta mahasiswa LK untuk berfoto bersama dengan para narasumber. (tiar/advertorial dprd)

  Print Berita

Redaksi menerima kiriman berita dan foto. Bagi yang berminat silahkan kirim berita dan foto Anda ke email:[email protected]

Komentar

Komentar Facebook