Disdik Bengkalis Pastikan UN Ditiadakan, Tapi Diganti Ini

Oleh: redaksi Pendidikan | Senin, 30 Maret 2020 - 21:45:21 WIB

Disdik Bengkalis Pastikan UN Ditiadakan, Tapi Diganti Ini

Edi Sakura

BENGKALIS - Meskipun pemerintah pusat resmi meniadakan Ujian Nasional (UN)untuk kelulusan siswa tahun ajaran ini, Dinas Pendidikan Bengkalis saat ini berupaya mencarikan solusi untuk mekanisme ujian sekolah penentuan kelulusan siswa tahun ajaran ini. Hal ini diungkap oleh Kepala Dinas Pendidikan Bengkalis Edi Sakura kepada awak media, Senin (30/3) siang.

Menurut dia, sebenarnya sudah ada edaran dari pusat untuk penggantian UN dengan ujian sekolah untuk penentuan kelulusan siswa. Namun masih perlu kita pelajari lagi, saat ini pihaknya sedang mengadakan rapat membahas masalah ini.

"Nantinya kelulusan siswa akan diserahkan kepada pihak Sekolah atau satuan pendidikan masing masing. Tetapi tidak akan lari dari yang telah ditentukan oleh pusat pos UN yang ada," kata Edi Sakura.

Menurut dia, dengan pembatalan UN, satuan pendidikan dipastikan tidak akan melaksanakan UNBK seperti yang sudah disiapkan sejak jauh jauh hari Namun ada saran dari Kabid SD dan SMP Dinas Pendidikan Bengkalis, agar pelaksanaan ujian sekolah bisa menyerupai ujian berbasis komputer dengan aplikasi yang dimiliki Dinas Pendidikan.

"Kita kemarin mempunyai tryout dengan berbasis aplikasi. Kemungkinan aplikasi ini bisa kita berikan kepada masing masing satuan pendidikan, mereka bisa menggunakannya untuk ujian sekolah, dipastikan mereka yang akan mengelolanya sendiri ujian dengan aplikasi ini," terang Edi Sakura.

Menurut dia, penggunaan aplikasi ini nantinya tidak wajib, kalau sekolah memang mampu untuk menggunakan akan diberikan kepada pihak sekolah. Karena memang tidak semua sekolah yang mempunyai kemampuan menerapkannya karena beberapa kendala.

"Sistemnya online juga tapi aplikasi yang digunakan yang kita buat dan aka diserahkan kepada sekolah untuk mengelolanya sendiri. Aplikasi ini sudah kita ujicoba sebelumnya," tambah Edi Sakura.

Edi Sakura menegaskan, semua tergantung dari keputusan rapat hari ini. Bagaimana mekanisme ujian sekolah yang akan diterapkan akan diambil keputusannya nanti, yang jelas aplikasi yang sudah ada bisa jadi pilihan sekolah untuk melaksanakan ujian sekolah nantinya.

  Print Berita

Redaksi menerima kiriman berita dan foto. Bagi yang berminat silahkan kirim berita dan foto Anda ke email:[email protected]

Komentar

Komentar Facebook