Hmmmm, Harga Masker Lebih Mahal dari Ojol

Oleh: redaksi Ekonomi | Rabu, 25 Maret 2020 - 20:00:01 WIB

Hmmmm, Harga Masker Lebih Mahal dari Ojol

Ilustrasi

BENGKALIS- Sejak sepekan harga getah karet atau ojol di Pulau Bengkalis mengalami penurunan cukup drastis.

Sejak lima tahun, harga salah satu komoditi andalan ini tidak pernah tembus di harga Rp10 ribu perkilogram itu, sebelumnya dari harga eceran sebelumnya Rp7-8 ribu perkilogran, hari ini harganya anjlok dan hanya berkisar Rp4-5 ribu perkilogram.

Kondisi ini diduga petani karena dampak wabah penyebaran virus corona atau covid-19 memaksa seluruh kegiatan pabrik dan pengepul berhenti beroperasi.

Kondisi ini menjadi kekhawatiran bagi petani jika terus terpuruk dan harga getah karet semakin turun.

"Bang harga ojol sekarang turun untuk eceran Rp5 ribu. Katanya gara-gara pabrik tutup sementara dan belum beroperasi lagi," kata Seri (30), salah seorang penyadap karet asal Kecamatan Bantan, Rabu (25/3/2020) siang.

"Mudah-mudahan masalah di daerah kita segera selesai dan harganya naik lagi dan ekonomi tidak semakin sulit. Sekarang ni harga masker macam lebih mahal dari pada ojol bang," pintanya.

Meskipun harga hasil sadapan getah karet ini mengalami penurunan untuk dijual, sebagian petani memilih untuk menyimpan sementara hasil panennya di kolam penampungan menunggu harga lebih baik. Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, memakai barang dari kedai langganan dengan cara pinjaman.

  Print Berita

Redaksi menerima kiriman berita dan foto. Bagi yang berminat silahkan kirim berita dan foto Anda ke email:[email protected]

Komentar

Komentar Facebook