Dinkes Bengkalis Lakukan Pertemuan Kelas Ibu Bagi Bidan Puskesmas dan Desa

Oleh: redaksi Kesehatan | Rabu, 18 Maret 2020 - 09:03:20 WIB

Dinkes Bengkalis Lakukan Pertemuan Kelas Ibu Bagi Bidan Puskesmas dan Desa

BENGKALIS -Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis menaja Pertemuan Kelas Ibu Bagi Bidan di Puskesmas dan Bidan di Desa sejak 16 sampai 18 Maret 2020 di Ballroom Wisma Kito, Bengkalis.

Pertemuan itu diselenggarakan dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah dalam menurunkan angka kematian ibu dan anak di Kabupaten Bengkalis. Puluhan bidan di Puskesmas dan Desa jadi peserta pada kegiatan itu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis dr Ersan Saputra mengatakan, salah satu program Kesehatan yang diharapkan dapat turut berperan aktif dalam menurun angka kesakitan dan kematian pada anak balita atau anak dibawah lima tahun adalah buku kesehatan ibu dan anak (KIA).

Menurutnya, buku KIA berisikan informasi, catatan tentang kesehatan ibu dan anak mulai kehamilan sampai anak berusia lima tahun.

"Namun tidak semua ibu dapat membaca KIA dengan berbagai macam alasan. Berdasarkan pertimbangan ini, dianggap perlu mengajari ibu ibu tentang isi buku KIA dan cara menggunakan, salah satu solusinya penyelenggaraan kelas ibu balita dan ibu hamil, " terangnya melalui Kabid Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Eki Marlina seperti disampaikan Kasi Kesga dan Gizi Masyarakat, Yessica Vebrina, SKM, Selasa (17/3/2020) kemarin.

Para peserta, ujar Yessica, diajak berdiskusi dan tukar pendapat atau pengalaman akan pemenuhan pelayanan kesehatan, gizi dan stimulasi pertumbuhan dan perkembangan yang dibimbing oleh Fasilitator buku KIA.

Ia berharap pasca pertemuan, bidan Puskesmas dan Desa mampu melakukan komunikasi efektif dan terampil menyelenggarakan kelas ibu secara efesien.

"Kita berharap pasca pertemuan tiga hari efektif ini, bidan Puskesmas dan Desa mampu menjelaskan pengertian buku KIA itu. Baik manfaat dan penggunaan, sehingga mampu mengintervensi kelainan atau penyakit pada ibu hamil sedini mungkin, "harapnya.

  Print Berita

Redaksi menerima kiriman berita dan foto. Bagi yang berminat silahkan kirim berita dan foto Anda ke email:prodesanews@gmail.com

Komentar

Komentar Facebook