Hidup Berfikir Berbuat Bermanfaat

Oleh: redaksi Opini | Senin, 24 Februari 2020 - 08:14:35 WIB

Hidup Berfikir Berbuat Bermanfaat

Teks foto : Drs H. Anwar Thaib (Wakil Ketua DPH LAMR Kec. Bengkalis)

Berharap akan judul ini ada fungsi berpikir yang diperlukan :

  1. Generasi dan tokoh masyarakat berbuat ini akan terjadi bila ada dalam hubungan sosial ekonomis yaitu generasi sadar, bersama membangun diri dan teman-teman untuk berhasil dengan menggunakan waktu, dan alam di lingkungannya.
  2. Generasi dan tokoh masyarakat memiliki potensi bahwa kehidupan ini adalah gerak laku dengan menggunakan akal pikiran, berbuat, beramal dengan sendiri, yaitu mereka yang kreatif tidak semata-mata terkait dari ketergantungan akan badan atau lembaga tertentu melainkan berhaluan dari moralitas sosial, persaudaraan dan keberadaan syariah.
  3. Generasi dan tokoh masyarakat adalah mereka yang dikenal sebagai sosok keteladanan. Melayu mengungkapkan mereka adalah terpandang, ramah, edukatif komunikatif, diterima dan senantiasa bersama, menghargai bahwa dirinya berharga atas penghargaan orang lain. Prinsip hidup bersaudara, dan tuntunan agama, berbuat berjamaah, bersama atau demokrasi sebagai aturan hukum. Bagi generasi yang dalam tugas dan kekuasaannya seharusnya ada pada karakter ini yaitu berpikir, berbuat dan bermanfaat.
  4. Generasi dan tokoh masyarakat tahu hari ini dan esok akan hilang tidak akan terulang malah terbuang, cuma akan bermanfaat bila disadari pertemuan dan pembahasan yang dilakukan benar dari hati ikhlas akan berpengaruh besar sebagaimana yang dilakukan tenaga pendidik dan pengajar. Interaksi dengan dasar kasih sayang membangun sifat kejiwaan dan manusiawi. dapat memotivasi berpartisipasi membantu dan tolong menolong untuk lebih terpercaya, kreatif dan berhasil.
  5. Kebanyakan generasi hari ini tahu bahwa pengawasan itu hanya dari orang lain sesungguhnya pengawasan itu ada pada diri sendiri. Apakah itu disiplin, jujur dan tau akan kemampuan diri dan kehormatan diri. Pendekatan agama menuntun kita bahwa sendi yang paling ampuh adalah Doa, awali dengan ucapan Basmallah. Doa lain “Kepada Mu lah kami memberikan pengabdian diri ini dan meminta pertolongan.” Artinya Ikhlaskanlah apa yang diperbuat mudah-mudahan tercapai kemanfaatannya.
  6. Berbuat dengan sendi hidup persuasif mengajak membawa orang lain menyenangkan hingga generasi menyadari berbuat mengaktualisasi diri. Seni pendekatan ini mutlak harus dilakukan karna “ Yang Maha Kuasa telah berbuat baik kepadamu”. Artinya generasi seharusnya bersyukur. Umpama hulu akan mewarnai hilir. Umpama tokoh dengan keteladanannya yang telah mengkristal tentu dari niat dan doa“Jauhkanlah kami dari kejelekan di masa tua. Berharap hari tua membawa keberhasilan, hidup bermanfaat lepas dari kelemahan-kelemahannya.

Akhirnya kepada teman-teman generasi negeri ini mari kita bersama menjadikan diri ini berbuat bermanfaat demikian juga orang lain dengan saling bertemu bersilaturahmi bertukar pikiran. Berfikir ini terjadi dari hubungan pengalaman satu dengan lainnya. Menjadikan itu tidak terlepas dari berpikir kita semua dan berpengaruh aktif diterima dalam kehidupan lingkungan ini. Agama menuntun bahwa hidup mati itu adalah ujian, tantangan yang harus dipikirkan diterobos dengan beraktivitas, kreativitas produktifitas dan juga persuasif.

Mencapai akan harapan berbuat bermanfaat ini mari kita bersama, jika benar ada niat baik boleh bergabung dengan kami dalam tinjauan berpikir tulisan-tulisan kami “Rampai Berpikir Majukan Negeri”. Tinjauan ini sebagaimana kehidupan beragama Ustad Abdul Somad mengungkapkan dengan sebutan “ Hidup Itu Ibadah”. Dari tinjauan ini mari lakukan kehidupan dengan berhijrah berbuat bermanfaat ada perubahan kehidupan yang lebih baik yaitu ada dalam program nyata yang dapat dibaca langsung dan juga dievaluasi kebenarannya.

Realisasi judul ini akan tampak umpama dari satu boleh jadi menjadi tiga, empat dan lima. Jika umpama air boleh jadi menjadi minyak. Itulah perkembangan pengetahuan dan kehidupan hari ini.

Rampai Berpikir Majukan Negeri Buku 5

Oleh : Drs H. Anwar Thaib (Melayu Bengkalis)

 HP. 08127626157

 

 

  Print Berita

Redaksi menerima kiriman berita dan foto. Bagi yang berminat silahkan kirim berita dan foto Anda ke email:[email protected]

Komentar

Komentar Facebook