Petugas Rescu Profesional

BPBD Gelar Pendidikan Pelatihan Dasar Rescue Penanggulangan Bencana

Oleh: redaksi Pemerintahan Daerah | Senin, 18 November 2019 - 12:58:19 WIB

BPBD Gelar Pendidikan Pelatihan Dasar Rescue Penanggulangan Bencana

BENGKALIS -- Upaya meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan petugas rescue dalam melaksanakan tugas penanggulangan bencana di kabupaten Bengkalis, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bengkalis mengadakan kegiatan Pendidikan dan latihan dasar Rescue penanggulangan bencana Kabupaten Bengkalis 2019.

Pendidikan di ikuti oleh 45 orang tenaga rescue Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang berasal dari 9 kecamatan dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 18 hingga 22 mendatang.

Acara pembukaan berlangsung di Aula hotel panorama Bengkalis, Senin (18/11) dihadiri oleh Klaksa BPBD Bengkalis Ir.Tajul Mudarris ME, Kabid Kedaruratan BPBD Propinsi riau Jim Gofar Ap.Msi, Koordinator Posar Bengkalis Basarnas Tranpiranto.

Dalam sambutannya Kepala pelaksana BPBD Bengkalis Ir. H. Tajul mudaris ME Meminta agar peserta dapat mengikuti pelatihan dengan baik mengingat besarnya tanggung jawab pekerjaan dilapangan terkait tugas penanggulangan bencana.

"Segala bentuk bencana baik banjir, kebakaran hutan maupun gempa bumi BPBD adalah lending sektor terhadap penanggulangan bencana, sehingga diperlukan komitmen petugas rescue dalam melaksanakan tugas penanggulangan bencana," Katanya.

Ia juga mengatakan, "bahwa tujuan dalam pelasanaan pelatihan adalah sebagai upaya menjadikan petugas Rescue yang terdidik dan terlatih sehinga mewujudkan sistem kerja yang profesional dalam penanggulangan bencana," Ujar Klaksa H Tajul mudarris.

Selain itu Ia juga mengatakan, "Saya minta agar dapat mengikuti dengan baik karena ini ujung tombak dari tenaga resque yang berada di kecamatan sehingga peduli terhadap tugasnya, responsif terhadap penanggulangan bencana pada kecamatannya masing-masing," tegasnya.

Usai acara pembukaan, Kabid kedaruratan BPBDP propinsi riau dan juga pemateri dalam pelatihan Jim Gafur AP.Msi kepada prodesa mengatakan, pelatihan tersebut merupakan kesempatan bagi BPBD Propinsi untuk menyampaikan materi manajemen bencana serta hal penting lainnya terkait tugas rescue dilapangan.

"Merupakan suatu kesempatan bagi BPBD Propinsi riau untuk menyampaikan manajemen bencana karena para peserta adalah tenaga baru maka kita kenalkan apa itu bencana, undang-undang yang memayungi penanggulangan bencana," Ujar nya.

Selain itu Ia juga menambahkan,"Kita akan menerangkan karakteristik bencana yang ada di indonesia termasuk yang ada di provinsi riau, memang di riau tidak semasif seperti yang terjadi di daerah lain dan kita patut sukuri, tapi kita memiliki potensi bencana yang cukup besar yaitu terkait kebakan tanah lahan ini yang menjadi prioritas kita dalam penanggulangan bencana," jelasnya.

Ia juga mengatakan, dengan kegiatan pelatihan ini dan pembentukan timgas kecamatan, kami sangat berharap dengan adanya tim ini yang berada di kecamatan akan membantu melayani masyarakat terkait penanggulangan bencana.

Sementara dari Basarnas yang juga koordinator Posar bengkalis yang juga pemateri mengatakan untuk materi dari basarnas akan memberikan materi bagaimana penyelamatan di air dan praktikal sehingga kalau ada kejadian di air bisa dilakukan respon cepat tentunya dengan ilmu dasar tentang pertolongan di air.

"Dari Basarnas akan memberikan materi bagaimana penyelamatan di air, sehingga jika terjadi di air akan dapat dilakukan respon cepat," Ujar Tranpiranto. (Rafi/AT)

 

  Print Berita

Redaksi menerima kiriman berita dan foto. Bagi yang berminat silahkan kirim berita dan foto Anda ke email:prodesanews@gmail.com

Komentar

Komentar Facebook