Biaya Operasional Kemenristek Dikti Hanya Sampai 2019

Nasib AK Bengkalis Masih Belum Jelas

Oleh: redaksi Pendidikan | Jumat, 08 November 2019 - 10:07:31 WIB

Nasib AK Bengkalis Masih Belum Jelas

BENGKALIS -- Nasib Akademi Komunitas (AK) Bengkalis belum ada kejelasan pasca akan dihentikannya investasi dan bantuan penyelenggaraan operasional program studi Akademi Komunitas oleh Kementerian Riset  Teknologi dan Pendidikan Tinggi sampai 2019. Ketidakjelasan ini terkait dengan keberlanjutan perkuliahan hingga nasib para dosen dan karyawan.

Kemenristek sendiri sebenarnya sudah mengirimkan surat ke  Perguruan Tinggi Pembina untuk kemungkinan AK ini dijadikan program studi di luar kampus utama (PSDKU) atau pengembangan kampus. Untuk AK Bengkalis, Perguruan Tinggi Pembinanya adalah Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng).

Menyikapi hal itu, Direktur Polbeng, HM Milchan ketika dihubungi mengatakan pihaknya telah menggelar rapat senat. Dalam rapat senat diputuskan pada prinsipnya setuju pengembangan  kampus  dan program  studi yang  akan  dikembangkan meliputi Prodi D-III Akuntansi, Prodi D-III Teknologi Pengelasan Logam, dan Prodi Sarjana Terapan (D-IV) Teknologi Rekayasa Pembangkit Energi

Namun, pihaknya meminta komitmen Pemkab Bengkalis dalam hal penyediaan  dana operasional secara penuh untuk ke 3 prodi tersebut selama kurun waktu minimal 5 tahun berturut-turut sejak berdirinya pengembangan Prodi Polbeng tersebut dalam bentuk Peraturan Daerah (Perda).

Ketika  ditanya bahwa  untuk proses penyusunan hingga pengesahan Perda butuh waktu lama sementara nasib AK Bengkalis hanya tinggal Desember 2019 mendatang, Milchan mengatakan, setahu dirinya untuk operasional tahun 2020 masih ada bantuan dari Pemkab Bengkalis.

“Jadi kalaupun nanti pengembangan ini berjalan mulus, maka kita pun baru  bisa menerima mahasiswa baru pada tahun 2021 mendatang. Jadi masih ada waktu satu tahun lagi,” ujarnya.

Disamping itu persyaratan lain yang diminta oleh Polbeng adalah komitmen Pemkab dalam hal kelengkapan sarana dan prasarana, penyerahan aset, dan komitmen Pemkab dalam hal menggandeng industri di Kabupaten Bengkalis untuk pelaksanaan program career planning  and job placement dalam bentu MoU dan perjanjian kerja sama.

Saat disinggung adanya rasionalisasi dosen dan karyawan eks AK Bengkalis nantinya, Milchan secara diplomatis mengatakan kalau untuk kebutuhan SDM akan menyesuaikan. “Kalau sekarang kan AK punya administrasi tersendiri terpisah dari Politeknik. Nanti kalau AK itu sudah menjadi bagian dari pengembangan program studi, ya administrasinya hanya di Politeknik,” ujar Milchan.

Namun demikian, bagaimana tindak lanjut dari rencana pengembangan kampus ini, Milchan mengatakan pada Senin mendatang pihaknya mengundang Bupati dan jajarannya untuk menggelar  Forum Grup Diskusi (FGD) di Kampus Polbeng. “Dalam FGD nanti kita bahas lagi lebih detail rencana pengembangan kampus ini,” ujar Milchan (zul/AT)

 

 

 
 
 
 
 
 


  Print Berita

Redaksi menerima kiriman berita dan foto. Bagi yang berminat silahkan kirim berita dan foto Anda ke email:prodesanews@gmail.com

Komentar

Komentar Facebook