Kades Senggoro, Minta Bimtek BUM Desa Lakukan Penguatan Pengelolaan dan Lapkeu

Oleh: redaksi Desa dan Kelurahan | Sabtu, 19 Oktober 2019 - 11:11:18 WIB

Kades Senggoro, Minta Bimtek BUM Desa Lakukan Penguatan Pengelolaan dan Lapkeu

Kades Senggoro, Basra Hamid

SENGGORO -- Kepala Desa Senggoro Basrah Hamid dalam pembukaan Bimbingan Teknis Pengelolaan BUM Desa menyebutkan pengelolaan BUM Desa perlu orang-orang yang memiliki sumber daya manusia (SDM) yang unggul, untuk itu pihaknya melakukan bimbingan teknis (Bimtek) sebagai salah satu cara dalam meningkat SDM tersebut, karna menurutnya beberapa tahun terakhir Bimtek tidak dapat dilaksanakan.

"Alhamdulillah, Ini kita lakukan perdana kepada pengelola BUM Desa, sejak tahun 2016, semoga kegiatan ini terlaksanakan dengan sebaik-baiknya dengan harapan agar pengelolaan BUM Desa kedepan semakin baik," ungkap Basrah

Dalam kegiatan tersebut Basrah menyinggung, bahwa pengelola BUM Desa harus belajar dari pengalaman, akibat beberapa hal dan kondisi alam yang kurang mendukung beberapa usaha kita tidak memberikan hasil yang baik, untuk itu langkah kedepan menurutnya perlu ada perbaikan dari segala sisi yang perlu diantisipasi.

Melalui pelatihan ini ditekankan Basrah perlu dilakukan penguatan dari sisi pengelolaan BUM Desa, Pengembangan usaha, dan pelaporan keuangan.

Pemerintah Desa sangat memberikan dukungan baik sekali terhadap BUM Desa Dara Sembilan, tahun ini akan ada bantuan khusus dari Provinsi Riau, pemerintah desa akan lakukan langkah-langkah secara matang agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti penguatan analisa uji kelayakan usaha.

"Bagaimana kegiatan BUM Desa bisa berkembang kedepan, penggunaan modalnya tetap sasaran, alur dan mekanismenya tepat serta sesuai regulasi yang ada," jelasnya.

Ia juga memberikan apresiasi kepada para Pendamping Desa yang bertugas di Desa senggoro baik dari Daerah pendamping bidang ekonomi maupun dari pendamping kemendes, bahwa pembinaan yang dilakukan secara perlahan memberikan dampak perbaikan BUM Desa Dara Sembilan.

"Sekarang Pendamping juga sedang fakus melakukan pendampingan hal-hal teknis di BUM Desa, harapan kita langkah ini menuju perbaikan dalam pengelolaan BUM Desa," pungkasnya.

Kemudian disisi lain Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Ibnu Salim dalam kesempatan itu berpesan agar momentum bimtek BUM Desa, menjadi bekal pengelola kedepan lebih baik.

Dalam Bimtek BUM Desa Dara Sembilan, Pemerintah Desa Senggoro menghadirkan narasumber pembinaan teknis dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bengkalis terdiri dari Advisor Marvin Samudra, Koordinator Kabupaten Pendamping Desa Ekonomi Fakhtiar Qadri dan Analis Keuangan Kelembagaan Ekonomi Desa Fitri Sumarni.

Sedangkan peserta terdiri dari Ketua BPD, Sekretaris Desa serta pengurus BUM Desa, Kegiatan dilaksanakan diaula Kantor Desa Senggoro, jalan panglima minal, sabtu (19/10). (Tr)

 

 

 


  Print Berita

Redaksi menerima kiriman berita dan foto. Bagi yang berminat silahkan kirim berita dan foto Anda ke email:prodesanews@gmail.com

Komentar

Komentar Facebook