Pelaksanaan Pilkades Gelombang III 2019, Desa Kesumbo Ampai Ditunda

Oleh: redaksi Pemerintahan Daerah | Selasa, 15 Oktober 2019 - 18:57:48 WIB

Pelaksanaan Pilkades Gelombang III 2019, Desa Kesumbo Ampai Ditunda

BENGKALIS -- Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) melaksanakan rapat lanjutan terkait pembahasan pemilihan Kepala Desa gelombang lll Tahun 2019 khusus Desa Kesumbo Ampai Kecamatan Bathin Solapan, bertempat di Ruang Dang Merdu Lantai lV Kantor Bupati Bengkalis, Selasa (15/10/2019).

Rapat tersebut dipimpin langsung Asisten I Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Bengkalis Hj. Umi Kalsum didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Yuhelmi.

Tampak hadir Dandim 0303 Bengkalis yang diwakili Pasiter Isnanu, Kepala Diskominfotik Johansyah Syafri, Ketua Umum MKA LAMR Kabupaten Bengkalis Datuk Seri H. Zainuddin Yusuf Ketua Umum DPH LAMR Datuk Seri H. Sofyan Said, DPH LAMR H. Aziar Asroy, Inspektorat diwakili Nur Alam Syah, Kepala Bagian Hukum diwakili Kasubbag Bantuan Hukum Fendro Arrasyid, Kepala Bagian Humas Setda Kabupaten Bengkalis diwakili Kasubbag Kehumasan Nurhadi serta beberapa pejabat lainnya dilingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Yuhelmi menyampaikan bahwa pelaksanaan pemilihan Kepala Desa serentak gelombang III untuk tahapan-tahapannya telah berjalan sesuai dengan scedul atau jadwal yang telah ditetapkan.

"Sesuai tahapan Pilkades pada tanggal 9 hingga 12 September 2019 yang lalu telah dilakukan pengumuman penetapan calon Kepala Desa dan penentuan nomor urut, sedangkan selama 3 hari dimulai tanggal 22 hingga 24 Oktober 2019 merupakan masa kampanye calon Kepala Desa dan pada tanggal 30 Oktober 2019 mendatang akan dilaksanakan pemungutan dan penghitungan suara pilkades sementara itu paling lambat pada tanggal 1 November merupakan batas akhir penetapan calon terpilih Pilkades di Kabupaten Bengkalis," Ucap Yuhelmi.

Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa adapun jumlah Desa yang akan melaksanakan Pilkades tahap III di Kabupaten Bengkalis tahun 2019 ini seharusnya sebanyak 10 Desa dari 7 Kecamatan se-Kabupaten Bengkalis, namun berkurang satu yakni Desa Kesumbo Ampai Kecamatan Bathin Solapan.

Adapun desa – desa dimasud terdiri dari Kecamatan Bengkalis Desa wonosari, Kecamatan Bukit Batu Desa Bukit Batu dan Desa Pangkalan Jambi, Kecamatan Rupat Desa Teluk Lecah dan Desa Sungai Cingam, Kecamatan Bandar Laksamana Desa Tenggayun dan Desa Bukit Kerikil, Kecamatan Mandau Desa Harapan Baru, Kecamatan Talang Muandau Desa Tasik Serai.

"Khusus Desa Kesumbo Ampai Kecamatan Bathin Solapan tidak ikut alias ditunda melaksanakan pemilihan Kepala Desa gelombang III Tahun 2019 pada tanggal 30 Oktober ini nantinya, mengingat panitia pilkades mengundurkan diri serta tidak dapat melaksanakan tugas sesuai dengan tenggang waktu yang telah ditetapkan," Jelas Yuhelmi.

Solusi terhadap permasalahan itu nantinya sambung Yuhelmi lagi kita akan carikan regulasi yang kiranya pelaksanaan pilkades khusus desa Kesumbo Ampai dapat dilaksanakan kembali dalam tenggang waktu dekat paska pelaksanaan pilkades serentak gelombang III 2019 ini.

"Terkait permasalahan Desa Kesumbo Ampai ini juga sudah kita laporkan sekaligus melaksanakan konsultasi dan koordinasi di Kementerian Dalam Negeri melalui Ditjen Bina Pemdes Jakarta pada Jumat, 11 Oktober 2019 yang lalu," Pungkas Yuhelmi.

Sementara itu Hj. Umi Kalsum dalam arahannya mengharapkan partisipasi dan dukungan semua pihak terhadap pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2019 di Kabupaten Bengkalis.

"Kita semua adalah satu tim kepanitiaan, untuk itu kami mengajak kita semua untuk bersama-sama memberikan solusi sembari mencari regulasi yang tepat agar pelaksanaan pilkades khusus Desa Kesumbo Ampai dapat kita laksanakan kembali pasca pelaksanaan pilkades gelombang III, dan kami juga mohon bantuan kita semua untuk membantu, melakukan pemantauan serta kelapangan bersama-sama agar pelaksanaan pilkades gelombang III tahun 2019 di Kabupaten Bengkalis dapat berjalan dengan aman, damai, baik, sukses dan lancar tanpa ada hambatan-hambatan berarti lagi nantinya," Pinta Umi.(rls/AT)

 


  Print Berita

Redaksi menerima kiriman berita dan foto. Bagi yang berminat silahkan kirim berita dan foto Anda ke email:prodesanews@gmail.com

Komentar

Komentar Facebook