Kadis Kesehatan Kab. Bengkalis Hadir Acara Deklarasi ODF/SBS Desa Putri Sembilan Kec. Rupat Utara

Oleh: redaksi Desa dan Kelurahan | Selasa, 15 Oktober 2019 - 09:11:23 WIB

Kadis Kesehatan Kab. Bengkalis Hadir Acara Deklarasi ODF/SBS Desa Putri Sembilan Kec. Rupat Utara

Kepala dinas kesehatan Kabupaten Bengkalis Dr Ersan saputra HT didampingi Pj Kades Faizal saat menyasikan penanda tangani Konmitmen Bersama BABS desa Putri sembilan.

RUPAT UTARA -- Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis melalui UPT Puskesmas Tanjung Medang Kecamatan Rupat Utara, mengadakan kegiatan Deklarasi ODF di Desa Puteri Sembilan, Senin 14/10/2019.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis, Dr. Ersan Saputra, TH beserta Kabid Kesling Dinkes Kabupaten Bengkalis Ibu Eli Marlija, Camat Rupat Utara diwakili Kasi Trantib beserta Kasi PMD, Kasi Umum, Korwilcam, Kepala UPT Kesehatan Dr. Ratna Sari Lina, UPT Pariwisata, UPT  Dispenda, Danposal, Babinkamtibmas, Kepala KUA, Kepala Desa Sekecamatan Rupat Utara beserta Perangkat Desa dan elemen masyarakat.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis, Dr. Ersan Saputra, TH mengatakan bahwa saat  ini hanya 34 % desa di Kabupaten Bengkalis yang dinyatakan sebagai Desa ODF, sehingga masih banyak tugas yang harus dilakukan oleh Dinas Kesehatan demi mewujudkan Kabupaten yang sehat.

Untuk mewujudkan Kabupaten yang sehat harus dimulai dari kecamatan yang sehat, Kecamatan yang sehat harus dimulai dari Desa yang sehat, Desa yang sehat harus dimulai dari rumah tangga yang sehat pula, ujarnya.

" Untuk mewujudka Kabupaten yang sehat dimulai dari Kecamatan yang sehat Kecamatan yang sehat harus dimulai desa yang sehat dan desa yang sehat harus dimulai dari rumah tangga yabg sehat " katanya

Lanjutnya beliau Salah satu program untuk mewujudkan masyarakat yang sehat adalah dengan dilakukannya Deklarasi ODF ini, yang merupakan suatu penanda bahwa masyarakat sudah bebas dari perilaku Buang Air Besar Sembarangan. Penandatangan komitmen berarti masyarakat sudah siap untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, sambungnya.

"Masyarakat yang sehat adalah masyarakat yang bebas dari prilaku buang air besar sembarangan" ujarnya

Kadis Kesehatan juga mengatakan  bahwa "Program ODF merupakan salah satu pilar dari 5 pilar STBM, yaitu : Stop BAB Sembarangan, Kebiasaan Cuci Tangan Pakai Sabun, Pengelolaan makanan & minuman dengan baik, Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Pengelolaan limbah cair rumah tangga dengan baik. Oleh karena itu perlu kerjasama dari seluruh elemen  masyarakat untuk membantu program kerja pemerintah khususnya di bidang kesehatan, agar dapat mempercepat proses terwujudnya harapan tersebut ungkapnya.

Selanjutnya Kadis Kesehatan mengucapkan rasa syukurnya, beliau sangat berbangga hati dan merasa tersanjung dengan apa yang telah disaksikannya di acara Kegiatan Deklarasi Desa Puteri Sembilan ini.

Kepala UPT Puskesmas Kecamatan Rupat Utara  Dr Ratna sari dalam sambutannya mengucapkan rasa syukurnya karena pada Deklarasi ODF Desa Puteri Sembilan ini Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis beserta rombongan berkenan menghadiri acara.

Lamjutnya Beliau juga memberi aplus pada Plt Kades Puteri Sembilan  Faizal, SE beserta perangkat desa dan seluruh elemen masyarakat atas dukungan yang diberikan demi suksesnya acara ini.

Pada kesempatan itu Dr. Ratna juga menyampaikan bahwa perilaku masyarakat dan kondisi lingkungan sangat berperan penting dalam menentukan derajat kesehatan, salah satunya adalah perilaku buang air besar sembarangan.

Jika tinja tidak diorganisir dengan baik, maka akan menjadi bagian dari mata rantai penularan penyakit, misalnya penyakit diare yang sering menjadi penyumbang tingginya angka kesakitan dan angka kematian, lanjutnya.

Kami sebagai tenaga kesehatan hanyalah sebagai motivator, kekuatan masyarakat itu sendirilah yang dapat merubah derajat kesehatannya.  

sebelum menutup sambutannya, Dr. Ratna berpesan kepada seluruh elemen masyarakat Desa Puteri Sembilan agar nantinya Deklarasi ODF ini tidak hanya menjadi suatu wacana saja, melainkan diterapkan di dalam kehidupan.

"Masyarakat Desa Puteri Sembilan  Deklarasi ODF ini tidak hanya menjadi suatu wacana saja, melainkan diterapkan di dalam kehidupan" Ungkapnya.

Ibu Dr. Ratna juga berharap, semoga dengan adanya Deklarasi ODF di Desa Puteri Sembilan ini akan memicu terjadi nya Deklarasi ODF di seluruh desa Sekecamatan Rupat utara, sehingga harapan Kecamatan Rupat Utara sebagai Kecamatan ODF dapat terwujud, " harapnya.

Dalam sambutannya, Pj Kepala Desa  putri sembilan, Faizal, mengatakan warga sudah sadar bahwa tidak boleh membuang air besar sembarangan. "Kami berharap dengan adanya acara Deklarasi ODF ini semoga ke depan bisa membantu Pemerintah Kabupaten dalam mewujudkan   Desa Putri sembilan bebas ODF," katanya.

Sementara itu, Camat Rupat utara diwakili Panut S.pd, menyampaikan rasa syukurnya acara ini berlangsung. Dia berharap acara ini mampu mendorong untuk menuju keluarga sehat dan lingkungan sehat. "Mudah-mudahan kita semua bisa mewujudkan keluarga sehat dan lingkungan sehat. Saya sangat berterima kasih, tanpa dukungan dari RW, RT tokoh masyarakat dan tokoh agama saya tidak bisa menjalankan Deklarasi Desa bebas ODF," ujarnya.(Budi/AT)

 
 
 

  Print Berita

Redaksi menerima kiriman berita dan foto. Bagi yang berminat silahkan kirim berita dan foto Anda ke email:prodesanews@gmail.com

Komentar

Komentar Facebook