Singgah di Sepahat, Gubri Bahas Restorasi Gambut dan Pesan Jaga Hutan

Oleh: redaksi Desa dan Kelurahan | Sabtu, 12 Oktober 2019 - 19:49:46 WIB

Singgah di Sepahat, Gubri Bahas Restorasi Gambut dan Pesan Jaga Hutan

Gubri Berfoto bersama Plt Camat Bandar Laksamana, Kades Sepahat dan MPA

SEPAHAT - Setelah melakukan kunjungan di Kawasan Wisata Arboratum Kampung Jawa Kelurahan Pakning, Makam Datuk Laksamana Sukajadi, Kawasan Restorasi Gambut Tanjung Leban, Kabupaten Bengkalis, Gubernur Riau Syamsuar beserta rombongan menyempatkan diri singgah di Desa Sepahat, jumat (10/19)

Mantan Bupati Siak Sri Indrapura ini disambut hangat oleh Kepala Desa Sepahat Muhammad Azlan,LC berserta kelompok Masyarakat Peduli Api (MPA) Desa Sepahat, dalam pertemuan singkat itu Gubri
berbincang-bincang terkait Restorasi Gambut (Pemanfaatan Lahan Gambut,red) di Desa dan antisipasi kebakaran hutan.

Sebagaimana Kades Sepahat menyampaikan ke Gubri bahwa sebanyak 15 Hektar wilayah gambut di Desa Sepahat telah ditanami tanaman hutan alam berupa 1650 pokok kayu alam terdiri dari Ramen, Geronggang, Meranti, Pulai serta termasuk jenis buah-buahan kampung diantaranya kopi, jambu kristal, matoa dan pinang. dimana tanaman tersebut ungkap Azlan semuanya dibantu oleh program WWF dalam rangka melakukan penghijauan hutan yang ada dan pencegahan kebakaran hutan dengan andil Masyarakat Peduli Api.

"Kita mengapresiasi kelompok MPA Desa Sepahat yang ikut andil dalam menjaga hutan dari kebakaran melalui program penanaman kembali tanaman kayu alam dan jenis buah-buahan," sambut Gubri.

Pertemuan yang berjalan dalam suasana yang hangat dan ramah, Gubri sempat berpesan agar hutan terus dirawat dan dijaga dari kebakaran. apabila ada pihak yang membuka lahan dengan cara membakar agar dilaporkan pada tim provinsi Riau yang telah dibentuknya dibawah Kapolda.

"Kalau kades, warga atau anggota kelompok MPA Desa Sepahat mendapati ada pihak yang membakar atau merambah hutan dengan cara membakar, laporkan dengan kita melalui penegak hukum akan kita tangkap," Pungkas Gubri. (Sn)

 

 

 

  Print Berita

Redaksi menerima kiriman berita dan foto. Bagi yang berminat silahkan kirim berita dan foto Anda ke email:prodesanews@gmail.com

Komentar

Komentar Facebook